Bikers, Cerita Singkat, Komputer, Unique

Pameran Otomotif, Komputer dan Education di JCC

Hari minggu tgl 6 November 2010 Senayan menjadi daerah termacet di jakarta raya, bukan karena banjir atau sedang perbaikan jalan, namun karena sedang ada pameran 3 tema, yaitu pendidikan, Motor dan komputer. Gw, Ranu dan Rama menuju Senayan di siang-siang nan panas dan terik. Belum lagi kemacetan parah di gerbang tol Pondok gede dan Halim yang masing-masing memakan waktu 15 menit, lalu pintu tol keluar semanggi yang memakan waktu 20 menit untuk keluar dari sana, set dah bisa tua di jalan kalau selama sebulan menikmati kemacetan seperti ini. Sesampainya disenayan pun kita bertiga harus pusing kepanasan muter-muter cari tempat parkiran, setengah jam kemudian barulah dapat parkiran di gedung gelanggang olah raga renang. Itu pun jarak antara lokasi pameran kurang lebih 500 meter, aih jauhnya gw markir mobil.

macet bo.. setengah jam ga gerak

Sesampainya di lokasi pameran, tepatnya di JCC, gw harus membeli tiket masuk. Kali ini tiket masuknya di bagi menjadi tiga loket, pertama loket education centre, loket kedua pameran teknologi komputer atau indocomtech dan ketiga pameran otomotif roda dua bernama JMS (Jakarta Motor Show). Walaupun loket tiket di bagi tiga namun para pengunjung berhak memasuki 3 daerah berbeda dalam satu tiket, secara pintu-pintu tiap pameran terbuka lebar tanpa adanya penjagaan security pemeriksa karcis. Harga tiket hari biasa 10ribu sedangkan sabtu dan minggu 15ribu, cukup murah dibandingkan 2 tahun yang lalu gw hadirin pameran JMS.

didalam padat dan ramai

Tujuan pertama gw adalah melihat pameran Roda Dua di Jakarta Motor Show, sempet kebingungan juga mencari dimana stand-stand pabrikan motor jepang, ternyata antara both asesoris kendaraan motor dan stand pabrikan motor dipisah ruangan, bagus sih tapi jadi keliatan sempit di lokasi both asesoris bermotornya. Di Both Asesoris, tersedia berbagai macam aneka asesoris kendaraan bermotor seperti helm, knalpot, SPG, hingga jaket-jaket touring bahkan box motor yang harganya bisa sampai 1 motor bebek bekas. Ada juga peragaan sebuah produk oli yang bisa dilihat secara langsung kehebatan produk tersebut, para penonton dibuat takjub oleh kehebatan oli tersebut namun rasa takjub penonton tidak di imbangi dengan keinginan para penonton membeli produk tersebut, penonton hanya melihat, memperhatikan dan langsung pergi melihat-lihat both yang lainnya.

Continue reading “Pameran Otomotif, Komputer dan Education di JCC”

Iklan
Catatan Kecil, Komputer

Friendster… Nasib mu kini…..

Masih ingat friendster?, mungkin teman-teman yang sering menggunakan jaringan internet baik dirumah maupun diwarnet bahkan numpang online di kantor atau kampus pasti pernah melihat situs jaringan sosial bernama Friendster. Gw juga punya lho, kemaren malam coba-coba mengingat website apa yang dulu sering gw buka bahkan bela-belain ke warnet, akhirnya gw sadar kalau salah satu website yang gw buka adalah Friendster. Mencoba eksis kembali ke tempat itu, ternyata tampilannya sudah berubah banget dan tidak lagi didominasi warna biru melainkan sekarang berubah menjadi dominasi warna hijau muda. Mungkin pemilik friendster ingin mengkampanyekan Go Green, atau memang mereka sadari kalau warna hijau itu menyehatkan mata.

Format dari Friendster juga sudah berubah banget, lebih mirip facebook karena bisa update status dan teman-teman yang lainnya bisa berkomentar layaknya FB, namun yang membedakan adalah kita masih bisa kirim komentar di dinding profil teman kita dan tidak terpublish di halaman umum seperti kita menulis dinding di fesbuk orang lain. Seru juga sih melihat format terbaru dari Friendster, namun sayang para pengunjungnya sudah mulai sepi dan beralih ke fesbuk. Sepertinya friendster kalah telak, padahal FS (Friendster) sempat booming ditahun 2005 hingga 2008, saking boomingnya warnet-warnet sempat menuliskan kata Friendster di dinding dan pintu masuk warnet sebagai ajang promosi.

Gw ingat waktu jaman-jaman gw kuliah di kampus biru, sambil belajar kita sambil FS-an, kayaknya kalau sehari gak buka FS rasanya seperti memakai celana dalam yang sudah berbulan-bulan tidak diganti. Dosen lenggang, maka muridpun tenang bermain FS tanpa tegang. Kalau kita chatting dengan MIRC pasti lawan chatting kita sering nanyain FS kita “hi, FS qmu Apa?” dengan begitu kita bisa melihat wajah si lawan chatting kita ya terkadang lebih sering bohongin kita ketika menampilkan profile di FS lewat MIRC yang ternyata itu punya orang lain. Kalau kita sedang berkenalan dengan teman baru juga kita sering ditanya FS kita apa, andai tidak punya FS rasanya kita seperti manusia yang bertahun-tahun tinggal di Hutan bahkan orang IT tidak bakal dikenal sebagai orang IT kalau tidak mempunyai FS. Satu kelebihan FS adalah kita bisa merubah tampilan profile kita dengan beberapa bahasa web serta php, dengan begitu sedikit-sedikit atau sadar dan tidak sadar para pengguna FS jadi mengenal yang namanya bahasa pemograman website.

Gw sendiri sudah beberapa kali bereksplorasi menggunakan coding-coding php dari FS untuk merubah tampilan, lambat laun gw jadi memahami dengan pemograman serta koding-koding bahasa website. Sungguh sangat positif kan, andai saja FB mempunyai fitur seperti itu ya memang sih FB bisa merubah tatanan halaman profil kita tetapi caranya tidak mudah seperti FS. Gw jadi teringat waktu dosen php marah-marah sama gw ketika gw ketahuan buka FS untuk balesin komentar, ternyata si dosen juga punya tuh friendster dan mau gak mau gw harus add friends si dosen biar gak di omelin lagi. Belum lagi temen sebangku gw yang bernama kosim sangat keranjingan buka FS sampai bela-belain nyari nomor IP yang kagak kepake karena IP addressnya dia diblock oleh server kampus akibat ketahuan sering buka FS.

FS sebenarnya sudah bangkrut namun dibeli oleh salah seorang pengusaha disingapura, ehm itu berita sih menyebutkan seperti itu, mohon maaf kalau salah. Akibat dari pembelian tersebut, tampilan FS jadi berubah drastis dan siap menyaingi FB namun sayangnya orang-orang sudah tidak tertarik untuk melongok FS. Terbukti dengan sepinya pengunjung yang mengunjungi web ini bahkan gw akan dicap jadul kalau masih memberikan alamat FS gw ke orang-orang padahal FS itu tidak ada sangkut pautnya dengan zaman. Sekarang saja yang main MIRC masih banyak kok, padahal itu kan zadul… malah terkenal dengan aplikasi yang sering mengirimkan virus via online. Biarpun FS sudah sepi pengunjung tetapi masih eksis dan tetap asik dimainkan kok, mungkin kalau FB benar-benar akan menjadi situs yang berbayar, ya siap-siap saja FS kebanjiran pengunjung lagi seperti dahulu kala. Kalaupun FB gratis selamanya, siap-siap akan ada tandingan baru yang lebih fenomenal dari FB….

Komputer

Alay Generator

kali ini gw mau membantu para alayers untuk mengetik cepat tulisan berformat alay, walaupun di dunia maya sudah ada aplikasi alay generator secara online namun menurut gw gak peraktis karena mesti mengcopy paste tulisan tersebut. cara hebat yang gw kasih tahu ini merupakan cara terpraktis buat alayers untuk menulis, ketika aplikasi itu di klik maka secara otomatis tulisan yg kita ketik akan menjadi alay (besar kecil besar kecil).

tidak perlu menjadi seorang programmer untuk membuat aplikasi ini, orang yang baru mengenal komputer saja bisa membuatnya kok, yuk mari kita membuat, oh iya… kalian mesti mengikuti langkah-langkah dari gw kalau tidak aplikasi alay generator ini akan gagal dibuat bahkan bisa merusak komputer anda. perhatikan dan baca baik-baik :

1. buka aplikasi Notepad, buat yang gak tahu cara manggil si notepad bisa dengan cara, Klik Start lalu pilih All Programs dan pilih folder Accessoris, nah disitu ada aplikasi notepad.

2. setelah kebuka, isi lembaran kosong notepad tersebut dengan coding yang udah gw siapkan, tinggal kopi paste aja dari sini :

Set wshShell =wscript.CreateObject(“WScript.Shell”)
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys “{CAPSLOCK}”
wshshell.sendkeys “{NUMLOCK}”
wshshell.sendkeys “{SCROLLLOCK}”
loop

copy semua coding yang diatas, hanya dicopy yang diblock saja bukan semua tulisan ini ya.

3.  setelah itu save dan beri nama AlayGenerator (sebenarnya sih nama apa aja juga bisa, ini hanya sebagai contoh), setelah di save, carilah file AlayGenerator.txt di dalam folder dokumen anda.

4. setelah ketemu, klik kanan file tersebut lalu pilih rename, ubahlah nama file AlayGenerator.txt menjadi AlayGenerator.vbs lalu pilih yes bila ada peringatan. maka bentuk file akan berubah menjadi berwarna biru muda dan berbentuk beda dari sebelumnya, itu menandakan aplikasi berhasil dibuat.

5. Untuk menjalankannya, hanya tinggal klik kiri 2 kali aplikasinya. lihat lah pada keyboard anda?, apakah lampunya kerlap-kerlip?, kalau iya?, selamat deh… aplikasinya sudah berjalan dan anda bisa menulis bergaya alay lebih cepat.

untuk menghentikan aplikasi ini berjalan, tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard anda, maka akan muncul windows task manager, setelah itu pilih Processes, carilah bacaan wscript.exe dan pilih End Process. semoga aplikasi ini bisa membantu para alayers untuk menjadi alay sejati dalam menulis.

Cerita Singkat, Komputer, Tulisan Iseng

Beginikah Hasil Kuliah IT mu kawan ?

Burning File donk

Awalnya gw pamerin file-file 3gp gw, wakakakka film-film pendidikan yang udah gw donlot sampai 4 giga. Sebut saja temen gw bernama Erman, nah dia ini sangat antusias buat ngopi file-file gw buat waktu jam senang dia pada malam hari. dia sbenarnya adalah teman satu kuliah gw di jurusan Teknik Informatika Komputer, kalau soal pelajaran dia cukup yahud buat mainan koding programmer. Karena hasratnya tidak karuan maka dia kerumah gw dengan membawa tiga keping CD tanpa label apa-apa, dia membawa CD kosong. Langsung aja gw masukin tuh CD pertama buat ngeburning file-file 3gp gw, namun sayang aplikasi Nero gw nolak terus dengan alasan file di CD tersebut sudah penuh, gw curiga nih, apa jangan2 CD nya yang rusak atau Nero gw error. Gw coba buka CD tersebut di my computer dan ternyata CD pertama adalah album yahud dari Gigi, Cd kedua berisi Album kompilasi Dewa dan CD ketiga merupakan Album best of the best Radja. Gw pun ngakak selebar-lebarnya karena CD-CD tersebut bukanlah CD kosong melainkan CD yang terdapat lagunya. Setelah gw jelasin kenapa CD tersebut tidak bisa diburning, dan ia menyarankan gw “lu cari diantara CD tersebut yang masih ada sisa sizenya”…. tolong para pakar IT bantu gw nyari sisa size di CD MP3 bekas buat burning file nih.

Flesdis Butut

Usaha dia buat ngecopy file-file 3gp gw gak Cuma sampai di CD kosong, dia balik lagi kerumah gw sambil bawa sebuah benda yang diyakini dirinya adalah flesdis. Sampai dirumah gw dia cerita gini….

Manto : kie, ni gw ada flesdis butut tapi di komputer gw gak kebaca
gw : mungkin perlu drivernya kali gan, tapi kompi lu kan pentium 4, pasti bisa lah
manto : kaga bisa gw dah coba gak kedetect di my computer
gw : lagian flesdis butut dibawa, udah rusak kali, mang merknya apa?
manto : gak tahu punya kaka gw, nih gw bawa lu cek dewek ya, jangan lupa klo bisa lu isiin yg banyak tuh film…
gw ambil tuh flesdis butut dari tangan dia, dan gw ketawa sekenceng-kencengnya, ternyata yg ia bawa itu bukan Flesdis, melainkan Bluetooth, ane dengernya juga bukan blutut tapi butut (bekas). yaelah, mpe setahun dicolokin juga gak bakalan bisa nyimpen data neng… wong benda ini bluetooth device bukan flesdis… ni orang kemana aja selama kuliah yak hahahahaha……

Kirim lagu via sms

Gw punya personil di band yang megang bass, dia kuliah ngambil jurusan IT di salah satu kampus terkenal yang iklannya dipajang di taksi-taksi kosti. rencana semalam emang kita mau ngulik tapi sayangnya lagu yang ingin kita mainkan tidak ia kopi diflesdis dia, ketinggalan dirumah gw tuh lagu. Besok siang saat gw berada dikantor dirinya sms gw dengan isi “bro, tolong kirim mp3 nya donk”, gw pun bertanya email dia apa, lalu dia bales “jangan di email, gw lagi gak diwarnet, kirim pake sms aja”. Eh….. kirim mp3 dengan cara sms, baru denger trik ini. Kira-kira bagaimana caranya ya, gw cari digugel gak nemu. Apakah nanti format mp3nya bakal berubah jadi tulisan ataupun teks unik ketika sampai di hendponnya dia?

Continue reading “Beginikah Hasil Kuliah IT mu kawan ?”

Komputer

Merawat mata didepan computer

Merawat mata didepan computer
Mata merupakan indera kita paling vital lebih vital dari organ vital kita yang itu, bahkan ada istilah jikalau tiada ada mata, cahaya secerah apapun tak akan bisa dirasakan hingga ke lubuk hati. Ah… itu sih istilah dari saya saja. Banyak pengguna computer yang acuh terhadap matanya sendiri, banyak yang mengkaitkan jika seorang hamba manusia yang menggunakan kacamata berarti dia orang pinter dalam computer, loh tukang las karbit saja pakai kacamata, kacamata hitam sih bukan kacamata baca. Saya tidak akan membahas betapa kacamata bisa merubah dunia tapi saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat mata dan menghindari penggunaan kacamata.
Tips ini ditunjukan buat para pekerja yang seharinya didepan computer, karena tanpa disadari 8 dari 10 orang pengguna computer, matanya dalam masalah. Entah itu silinder atau pun ke rabun. Saya akan memberikan tips mudah dan bisa dilakukan di kantor tanpa harus membuka pakaian anda, cukup setengah jam saja untuk memberikan kemanjaan terhadap mata anda agar mata anda tetap segar hingga ajal menjemput, duh seereeemmmnya.

1. Hindari pemakaian obat tetes mata berlebih
Kita boleh saja menggunakan obat tetes mata, ada pengalaman saya waktu berada dikantor saya yang lama, bos saya dulu sering menggunakan obat tetes mata tiap dua jam sekali. Katanya sih suka gak nyaman sama matanya kalau gak dilumasi dengan obat tetes mata. Gw selidiki manfaat tetes mata, tahunya obat tetes mata Cuma berfungsi sebagai penghilang mata merah dan memberikan efek sejuk terhadap mata. Efek sampingnya sangat berbahaya, bila dipakai sering maka dapat menimbulkan rabun dekat hingga membuat mata kita karatak, katarak maksud saya. Efek bahaya dari keseringan menggunakan obat tetes mata adalah kurangnya uang jajan kita karena seminggu bisa menghabiskan satu botol obat tetes mata. Konon, pada jaman saya smp, obat tetes mata disalah gunakan sebagai obat sange dan obat tidur. Caranya dengan mencampuri nya dengan minum, korban yang meminumnya bisa sange dan mengantuk.

2. Melihat yang hijau dan segar
Ternyata mata juga suka dengan yang hijau-hijau lho, mungkin bila dikantor anda memiliki halaman rumput atau taman yang hijau bisa gunakan waktu sekitar sepuluh menit untuk melihat taman sembari merelaks kan pikiran anda. Apabila dikantor anda tidak terdapat taman atau sesuatu yang segar bisa segera kepasar atau supermarket terdekat dan kunjungi bagian buah dan sayur maka anda akan menemukan hal yang segar, kalau punya duit lebih dan waktu lebih bisa main ke kampus terdekat mencari yang segar dan sekaligus mencoba yang segar. Untuk saran terakhir tidak saya sarankan karena mata bukannya segar melainkan seluruh tubuh menjadi lelah. Efek warna hijau dapat membuat mata menjadi netral sehingga otot mata menjadi merenggang dan membuat mata kita segar.

3. Mendinginkan mata
Maksud kalimat diatas bukan mengeluarkan bola mata anda lalu dimasukkan ke kulkas tetapi ada cara khusus untuk membuat mata anda sejuk. Ambil air yang cukup dingin tetapi bukan air es, celupkan air tersebut dengan ujung kedua telapak tangan anda, lalu tempelkan ujung telapak tangan anda yang basah ke kelopak mata anda, perlu diingatkan agar anda memejamkan mata dan kepala anda merunduk. Kalau mau lebih asik lagi, bisa sambil menempelkan jidat di meja, jangan buat pikiran anda menjadi berat, tenangkan pikiran anda. Saran saya anda cukupkan melakukan hal ini sepuluh menit saja karena bila lebih dari sepuluh menit niscaya anda akan ke bablasan hingga berjam-jam dan bangun-bangun ketika jam kerja telah usai. Jangan lakukan hal ini ketika anda mennyetir mobil.
4. Banyak konsumsi vitamin
Agar semakin terjaga, seharusnya mata kita diberikan asupan gizi yang cukup, perbanyaklah makan-makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, Apel hingga sayuran cerah seperti bayam atau daun selada. Selain itu, diapotik terdapat vitamin untuk mata, cukup minum dua kali sehari agar mata anda bisa mendapatkan asupan gizi, jika mata kita disayang maka penglihatan kita pun makin tajam. Hindari makan-makanan yang membuat diri kita mengantuk karena bila mengantuk mata pun akan semakin lelah dan cepat perih.

5. Jangan memaksa
Bila mata anda sudah berair dan terasa kering lebih baik hentikan segera pekerjaan anda dan jangan lah memaksa karena pernah kejadian pada tetangga saya, matanya menjadi menciut karena terlalu dipaksa melihat padahal matanya telah berair bahkan penglihatannya sudah hampir buta. Istirahatlah selama setengah jam, usahakan selama istirahat anda memejamkan mata sehingga otak dan mata anda bisa rileks. Dengarkan music-musik yang tenang sehingga anda terbawa dalam suasana yang harmonis pada pasangan anda. Mulai tidak serius nih. Perlu anda ketahui jika mata manusia membutuhkan istirahat minimal 5 jam untuk memulihkan tenaganya, satu hal yang perlu dicatat adalah jangan pernah menatap sinar yang menyilaukan lebih dari 30 detik karena dapat memutuskan jaringan retina dalam bola mata anda.

Cukup info dari saya dan semoga bermanfaat bagi khalayak banyak, berikan hal yang terbaik bagi Negara dan jagalah segalanya yang menurut anda berharga.

“keep your eyes from Pornography”

Komputer

Mereset Printer

merestart Printer

A. Pendahuluan
Pada Printer Canon , Epson , Hp Inkjet semua type, jumlah pencetakannya akan selalu diakumulasikan hingga batas tertentu. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka akan Overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING. Jika hal ini terjadi, maka Mau tidak mau printer harus dI service. Hal ini tidak masalah jika rumah kita dekat Lalu bagaimana jika Rumah Kita Di Luar Kota atau bahkan di Luar Pulau. Solusinya kita harus menservice sendiri printer kita, syaratnya harus punya software RESETTER dan trik bagaimana meresetnya.

B. Permasalahan
masalahan ini mungkin memang telah banyak terjadi dan sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa printer memang usia pemakaiannya dibatasi, biasanya dengan perhitungan print out. perhitungan tersebut terekam dan diatur dalam sebuah chip EEPROM pada mainboard printer. Hal ini dilakukan oleh pihak vendor dengan alasan untuk menjaga kelebihan tinta diluar daya tampung bak tinta (biasanya untuk printer model sekarang menggunakan sejenis bahan dari busa khusus pada bagian bawah printer) sehingga tinta tidak meluber keluar printer atau bahkan dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting) terhadap komponen-komponen yang ada di dalam printer tersebut. Tapi permasalahannya sekarang adalah apakah cara tersebut efektif dilakukan melihat kenyataan peringatan bak tinta yang penuh tersebut tidak sesuai dengan kenyataan bahwa bak tinta memang telah benar-benar penuh? atau mengapa tidak memprogram untuk menampilkan peringatan tersebut bila seandainya print out memang telah mencapai bilangan tertentu tapi konsumen tetap dapat menggunakan printernya dengan resiko yang ditanggung oleh mereka setelah diberitahukan bahwa kemungkinan resiko apa saja yang akan mereka hadapi bila seandainya printer tersebut dipaksa untuk tetap melakukan print out? Atau mungkin cara terbaik (yang kemungkinan mustahil) adalah dengan mendesain printer dengan suatu bagian yang dapat dibuka/ditutup untuk mengeluarkan dan membersihkan bak penampungan tinta sehingga konsumen dapat membersihkan/membuang tinta sendiri? Diluar pertanyaan dan permasalahan tersebut diatas, ada banyak faktor dan alasan yang mungkin akan muncul ke permukaan. Dari sisi produsen, konsumen dan toko-toko/tempat reparasi printer yang mungkin akan saling tumpang-tindih kepentingan. Bagaimana cara terbaik yang harus dilakukan bagi konsumen sekarang? itu adalah hal penting yang harus dipikirkan. Beberapa situs telah menawarkan cara untuk menanggulangi hal ini. Mulai dari cara manual hingga menawarkan software untuk me-reset ulang chip EEPROM hingga menjadi Nol lagi.

C. Mereset Printer
Satu hal yang perlu anda ketahui adalah ongkos untuk mereset printer lumayan mahal dan jika anda tahu bagaimana mudahnya mereset printer tentu anda akan bertanya kenapa begitu mahal.padahal software yang digunakan untuk mereset merupakan software gratis yang dapat diunduh dari internet tanpa mengeluarkan biaya (keculai anda di warnet tentu harus bayar) Cara manual 1. Cabut kabel power printer (kabel yang menghubungkan printer dengan listrik) 2. Tekan tombol “Power On”dan tahan jangan dilepas langsung pasang kembali kabel power printer 3. Setelah kabel terpasang, tombol “Power On” masih belum dilepas (tertekan) lalu tekan tombol Resume 2 kali 4. Lepas semua (tombol Power dan Resume). 5. Anda bisa menggunakan printer anda sekarang. Kelemahan cara manual ini adalah bila kabel power dicabut/dilepas atau padam listrik, maka anda harus mengulangi prosedur di atas untuk dapat menggunakan printer anda kembali. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan menggunakan Software Reset sesuai dengan jenis Printer yang akan di Reset

MENGGUNAKAN SOFTWARE RESET PRINTER ( RESET PERMANEN )
Untuk Reset permanen adalah dengan menggunakan Software Resetter, dan software reset tersebut harus sudah ter install di dalam komputer. sehingga cara reset ini dengan menggunkan komputer sebagai alat untuk menjalani progam Reset tersebut. Sebelum mereset sebaiknya ganti dulu absorbernya / busa, atau untuk menghemat biaya bisa juga dengan cara membersihkan dulu absorbernya/busa yang berada di dasar printer, dengan cara membuka printer. Lalu, bagaimana cara melakukan pembersihan bak tinta secara manual? Jawabnya, bisa saja…tapi hal-hal yg perlu anda pertimbangkan adalah: coba anda celupkan kapas/kain ke dalam tinta. kemudian apa yang terjadi bila anda coba membersihkan dengan air? air akan menjadi sangat kotor, begitu pula dengan tangan anda. Sangat sulit membersihkan kain/kapas yang terkena tinta. Apalagi kapas yang bila setelah terkena air akan sulit untuk kembali pada bentuk aslinya. Begitu pula dengan busa penampung tinta pada printer. Bila anda mencoba untuk membersihkannya, selain sangat merepotkan juga sedikit banyak akan mempengaruhi daya serap busa tersebut (karena pada awalnya busa tersebut merupakan bahan yang memiliki daya serap tinggi). Tetapi walaupun demikian busa yang telah di bersihkan tetap bisa digunakan dengan cara setelah di cuci dan di keringkan, dengan cara menjemur busa di tempat panas. Setelah di nyatakan kering busa siap dipasangkan pada printer seperti semula. Langkah selanjutnya printer sudah siap untuk di reset dengan menggunakan Software Reset sesuai dengan printer yang akan di reset. Langkah-langka mereset printer 1. Pastikan anda tahu merk printer anda dan serinya misalnya Canon Pixma IP 1600 atau Epson C38 2. Download software resetter sesuai dengan printer anda cara mudah untuk mendapatkanya adalah dengan mesin pencari Google. Masukkan kata kunci berikut untuk memudahkan pencarian “Software Resetter+Canon IP1600 +Download” untuk printer Canon IP1600 ganti kata Canon IP1600 dengan merk printer anda. Khusus untuk printrer Epson gunakan software SSC Service Utility yang dapat diunduh di http://www.ssclg.com/epsone.shtml software ini mendukung banyak seri sehingga anda tidak perlu mencari yang sesuai dengan seri Epson anda. Ketika mendownload software hindari mendownload dari Rapidshare karena biasanya link yang diberikan telah mati untuk seri canon biasanya berupa file Zip atau Rar kadangkala ada beberapa link yang menyertakan password pada filenya,jadi bacalah sebelum mendownload 3. Pastikan printer anda dalam keadaan ON ketika melakukan Reset,proses reset mungkin memakan waktu jadi besabarlah,jika tidak berhasil ulangi lagi sampai berhasil Cukup dengan begitu saja sudah dapat membuat printer anda menjadi segar kembali, biaya mereset printer cukup mahal bila dilakukan pada tukang service, selamat mencoba kawan. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan.

Komputer

Mempercepat Koneksi Internet

Mempercepat Koneksi Internet

Saat anda menjelajah dan membuka-buka website di internet, entah dari warung internet ataupun dari rumah, barangkali anda pernah mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan setiap halamannya. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal.

Sebenarnya ada cara-cara yang mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Cara tersebut diantaranya adalah dengan mengatur web browser, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.

Penerapan ketiga cara di atas sangatlah mudah. Untuk cara pertama, mengatur web browser, dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer, Anda dapat memilih menu Tools, kemudian klik Internet Option.

Selanjutnya pilih tab General dan pada kolom “Temporary Internet files” klik Settings dan geser posisi slider-nya pada kolom Temporary Internet files folder. Hal ini akan memperbesar cache atau lokasi penyimpanan situs-situs yang anda pernah buka. Sebaliknya isilah dengan nilai minimal 5 person dari kapasitas harddisk Anda.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar, setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.Sedangkan untuk cara kedua, anda terlebih dahulu harus mendaftar di http://www.openDNS.com.

Setelah itu masuklah ke Control Panel dari Start Menu dan pilih Network Connections. Kemudian pilih koneksi yang digunakan dan klik tombol Properties. Pada bagian Internet protokol, pilihlah TCP/IP dan klik properties.

Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.Setelah melakukan dua cara di atas, seharusnya anda sudah mendapatkan kecepatan akses yang lebih dari sebelumnya. Namun bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan cara yang ketiga yaitu menggunakan Google Web Accelerator.