Catatan Kecil, My Word

Lebih Capek Pas Manggung

Buat beberapa Drummer pasti pernah ngerasain hal seperti ini, pas latihan 2 jam rasa capeknya ya biasa-biasa saja tapi pas mulai manggung, cuma 3 lagu saja rasanya otot sudah dirasakan pegal-pegal. Yesss itu yang gw rasakan selama ini, beberapa kali manggung gw merasakan badan lebih terasa capek, padahal cuma bawain 3 sampai 5 lagu, beda banget saat latihan yang bisa bawain lebih dari 10 lagu.

21752540_10208720686369137_5169423213540540913_o

apa yang gw rasakan kemungkinan karena kecampur sama pikiran yang harus fokus, mood yang cukup tegang apalagi yang nonton banyak dan rasa was-was takut-takut salah ketukan hehehehe… Pikiran gw saat duduk dibangku Drum dan musik sudah mulai dimainkan, benar-benar harus fokus, telinga kiri dengerin para musisi band gw main pada bagian kiri sedangkan yang kanan mendengar personil yang ada di kanan. Kendala yang sering gw jumpa saat manggung adalah salah satu alat gak kedengeran, bisa karena soundman nya gak naikin volume salah satu pemain band gw atau memang sound speakernya kagak bagus. Apalagi kalau mainnya outdoor yang suara bisa ngambang kemana-mana…

Kendala selanjutnya adalah Drum yang gw pakai diluar ekspektasi, misalnya suara masing-masing ketukan seperti snare, tom, ataupun cymbal gak sekencang suara alat musik lainnya sehingga gw harus mukul sekuat tenaga. pengalaman waktu itu dapet drum yang cymbalnya jelek, kalau dipukul biasa, dia kagak bunyi, apalagi pas cymbal ketiup angin dan goyang-goyang sehingga gw harus memukulnya dengan tenaga yang mirip lagi nyambit maling pake golok. Apalagi kalau pas dapet drum jelek, suara sember, gak nyetem, gak sesuai postur tubuh, aaah mood ilang. Maka dari itu, band terkenal pasti bawa alat drumnya sendiri, gak mau dia minjem sama drummer lain atau sewa ke studio yang gak pernah dia pakai alatnya.

Rasa pegel dan capek bisa disebabkan gw kurang pemanasan, biasanya gw pemanasan dengan ngetuk-ngetuk stik dipaha (bukan pangkal paha, itu biji) atau ngulet-nguletin lengan biar tangan agak luwes. kurang pemanasan terjadi akibat, panitia atau dewan eo yang terhormat sudah manggil band gw dan gw pribadi baru sampai, kita disuruh buru-buru jadi jarak antara pemanasan lalu istirahat dan main drum gak seimbang. abis pemanasan sambil nungguin personil lain siap, lalu langsung main, bisa bikin kram otot.bahaya banget sebenarnya karena bisa bikin tenaga kita down, mau ga mau harus bertahan walaupun tangan mau copot.

21551711_1869829203034812_2918252753513747233_o

Biasanya gw merasa sakit ditenggorokan, walaupun gw bukan vokalis tapi saat manggung gw biasa sambil nyanyi menggunakan ketukan, misalnya sebuah nada duk tak tak duk duk tak, gw ngapalinnya pake mulut seperti orang nyanyi. hal tersebut sering dilakukan beberapa drummer terkenal, salah satunya Yukihiro, drummernya Larc en Ciel yang sering komat-kamit menghapal ketukan, cara tersebut bisa bikin kita lebih fokus main drum dibandingkan main serong, lho?. Biasanya setelah manggung, tenggorokan gw sakit kering, untuk menghindari hal tersebut gw selalu bawa air minum dibotol, gak pernah bawa air galon ke panggung karena berat dan gak praktis apalagi bawa airnya di plastik es, bisa tumpah pas ditaro.

Sebagai drummer amatiran yang gak pernah ikut kursus, gw mau bagi tips buat yang baru belajar main drum dan ingin manggung. jangan remehkan tips gw karena ini sangat berguna banget kok.

Latihan yang cukup
mau manggung di sekolah atau event ecek-ecek dengan mood males-malesan, tetap harus latihan, jangan korbanin harga diri band kalian dengan main musik asal-asalan. pilih lagu yang sesuai eventnya, jangan perpisahan sekolah dikasih lagu punk atau underground. ya tergantung genre kalian sih.. minimal latihan 2x sebelum manggung, 1x latihan 2 jam sehingga lebih maksimal.

Konsisten
Jangan terlalu banyak variasi atau eksplorasi ketukan jika memang ragu, pakai aja yang standar sesuai lagunya atau mengurangi variasi dilagu demi menyamakan skill. gw pribadi suka kurangin beberapa variasi ketukan drum dari lagu aslinya, jika gw gak pedeh, misal lagu Superman IS dead yang Kuta Rock City, disana banyak ngerol nyelip dan cepat, gw kurangin, karena skill gw sama bli Jerinx gak sama. Dalam permainan drum yang penting konsisten, jangan tiba-tiba pop tapi memainkan ketukannya adalah Rock.

Bukan Masalah Skill
Gak usah malu punya skill pas-pasan, jika kalian sering latihan dan bisa memilih lagu yang tepat untuk menambah skill, hal itu akan tumbuh dengan sendirinya. Travis Baker bukan drummer yang tiba-tiba bisa drum langsung jago ngeroll sana sini, dia latihan terus dan sering mainin lagu dengan tempo cepat. dipanggung, para pendengar lebih suka band yang kompak dan ketukan drumnya gak kemana-mana, kecuali kalian mau lomba band, adapun beberapa lomba band, panitia lebih suka sama band yang bersih mainnya walaupun skill mereka standar, dibandingkan skillnya jago tapi gak kompak, tempo naik turun dan gak selaras.

Pemanasan
nah ini penting, 2 jam sebelum manggung, sudah melakukan pemanasan, bisa ngerol-ngerol santai atau ngetok-ngetok sesuatu dengan stik drum. kalau gw biasanya pemanasan dengan cara ngayun-ngayunin stik, lalu ngerol-ngerol selama 10 menit lalu ketuk-ketuk benda dengan nada sesuai lagu yang ingin dimainin dan terakhir kedua kaki berlari ditempat seperti gw mainin double pedal.

Makan minum secukupnya
Makan gak boleh kekenyangan, minum juga jangan kelebihan, perut harus pas gak boleh kembung karena bisa kram. Lebih baik membawa botol air keatas panggung walaupun cuma main 3 lagu karena keringat lebih mudah ngucur saat manggung apalagi di outdoor yang gak mungkin ngasih kipas angin, kecuali kalian artis ataupun musisi yang dibayar. yang pasti jangan kebanyakan minum soda ataupun minum alkohol, normal-normal aja biar hasil mainnya memuaskan.

Melihat Panggung
Jangan merasa ngartis  dengan ogah melihat panggung atau area event sebelum naik keatas panggung. minimal 5 jam sebelum manggung harus melihat situasi panggung, kalian bisa membayangkan harus pakai style apa saat main, bahkan band terkenal pun selalu melihat gigs nya atau panggung sebelum pentas, syukur-syukur ada check sound sebelum naik. gw beberapa kali dapat jam check sound saat manggung, padahal mainnya 10 jam setelah check sound, yang bagus sih begitu, bukan pas manggung baru check sound, kelamaan durasi dan terkesan amatiran banget.

Tetaplah Sederhana
Percaya diri boleh banget tapi jangan sombong, jangan meremehkan band lain apalagi yang kebetulan mainnya jelek, jadikan mereka pelajaran, karena karma buat para musisi itu cepat datangnya. gw punya pengalaman ketika band gw dicengin sama band lain (satu management padahal), band dia bisa manggung di PRJ dan band gw nonton mereka, lalu mereka dengan santai teriak-teriak “woi… udah pernah nginjek sini belum (panggung PRJ) sambil ketawa-tawa” gw pun cuma tersenyum dan alhasil, gak lama hujan deras dan angin kencang, band mereka batal tampil dikarenakan hujan gak berhenti-henti sampai jam PRJ mau tutup. Jangan pernah puas sama skill kalian, tetap latian terus hingga tua menghampiri…

Bawa perlengkapan yang tepat dan cukup
bawa stik yang banyak lalu taruh didekat kalian main, siapa tahu stick drumnya mental saat main atau patah. gunakan stick drum yang tepat, jangan yang berat, pakai yang ringan aja atau sesuai selera. Jangan minjem stik, duh… stik murah bro, malu donk minjem, kecuali dadakan kalian disuruh manggung pas lagi nonton band.

Nah… begitu aja sih, semoga tips sederhana ini berguna walaupun kurang bermanfaat bagi yang sudah handal main drum hehehe… Tetaplah sederhana, sejago-jagonya kalian main drum, akan terlihat buruk kalau sombong.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s