Cerita Singkat, Roda Empat

Perhitungan dulu sebelum beli Mobil

Kemarin belum lama ini gw ketemu sohib masa SMA, sekarang udah kerja padahal dulunya dia anti banget kerja, orang-orang sudah pada asik kerja dia baru niat kuliah. Orang-orang sudah merintis karier dia baru niat nyari kerja, ego nya tinggi dan bilangnya sih lebih asik jaga warung kelontong dibandingkan kerja sama orang, ya iya kalau warungnya itu seperti minimarket, kalau cuma warung tradisional sih enggak akan bisa jamin apalagi warungnya dia disinggahi 3 sodaranya yang memang ga mau kerja diperusahaan orang. Dia lagi seneng-senengnya kerja dan punya penghasilan sendiri, Alhamdulillah banget dan nemuin gw saat itu karena pengen membeli mobil karena dia tahu gw ngerti banget soal mobil.

Dia pengen kredit mobil sehingga minta syarat dan ketentuannya apa aja, yaa dikira gw sales mobil kali ya. Akhirnya kita berbincang soal mobil apa yang cucok sama temen gw ini, sebut aja indra. Dia kepengen banget punya mobil Alya karena posturnya kecil dan katanya gampang nyetirnya,padahal ga ngaruh antara size mobil dan gampang nyetirnya, mobil mungil paling gampang masuk comberan. Obrolan selama satu jam akhirnya terhenti saat gw tanya secara personal “gaji lu emang berapa ndra? Biar gw itungin cicilannya” dengan nada yakin dia berkata “ya cukuplah, lumayan gede fik, gaji gw sebulan Rp. 2.700.000” gw langsung merasa ada angin berhembus ke wajah, fyuuuuuuh…. Kalau gaji dia segitu sih ga bakal bisa nyicil kendaraan. Berhubung gw ga mau bikin dia tersinggung, akhirnya gw rinciin biaya perawatan mobil yang kemungkinan bakal minus kalau dia punya gaji segitu.

Banyak orang yang menyicil kendaraan sebatas bisa menyicil kredit kendaraannya saja dan tidak berpikiran soal kedepannya. Seperti :

Bensin
Ini yang sering banget gw temuin, lu bisa nyicil ninja 250 buat keren-kerenan tapi bensinnya pake premium. Ibaratnya memelihara kucing anggora tapi dikasih ikan kembung setiap harinya, hidup sih tapi bulunya rontok dan lama lama rusak deh kucingnya. Setahun pertama sih gapapa tapi nanti ditahun kedua bakal banyak masalah dimotornya, atau beli mobil baru tapi bensinnya selalu di isi setengah hati (tanki) ga pernah full tank bahkan ngisinya pas bener-bener jarum di titik rest (merah) padahal kebiasaan seperti ini bisa membuat kendaraan cepat rusak khususnya di bagian pompa bensin karena pompa bensin harus selalu direndam bensin dan tidak boleh dibiarkan lama kering ditanki. Adapula bisa beli mobil tapi ga bisa beli bensinnya sehingga mobil baru lebih sering digarasi dan sekedar dipanasin aja, laaah buat apa donk, emang mobil itu taneman hias??

Oli
Kalau merasa tune up atau service rutin dirasa memberatkan, minimal harus rajin ganti oli. Oli bagi kendaraan ibarat darah pada manusia, darah kotor bisa merusak organ tubuh dan mobil butuh oli yang selalu segar. Oli mobil memang seliternya cuma 70ribuan, tapi mobil itu butuh rata2 oli sekitar 4 liter. Bahkan ada juga yang nahan nahan ganti oli karena sayang banget duit cuma buat ganti oli,mending buat beli bensin. Padahal bahaya banget kalau mobil sampai setahun gak ganti oli,bisa rusak deh jeroannya dan mobil juga harus ganti filter oli juga. Di mobil sendiri terdapat beragam macam oli yg harus rutin diganti, ada oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli rem dan oli kopling. Total-total budget oli setahun bisa 2 juta lebih.

Pajak kendaraan
Faktor yang dilupain pemilik kendaraan adalah pajak, apalagi pajak mobil baru paling murah 1 jutaan, walaupun judulnya setahun tapi kalau tidak disiapkan akan jadi beban, telat bayar akan nambah biaya bayarnya karena dikenakan denda.

Pergantian sparepart
Sparepart mobil ga ada yang abadi, semua pasti aus pada waktunya. Busi, filter udara, filter bensin dan filter oli merupakan sparepart yang harus rajin diganti demi kesehatan kendaraan. Setahun itu bisa 2-3x ganti sparepart fast moving, budgetnya bisa 3 jutaan kecuali pemilik bisa ganti sendiri karena kalau gantinya di bengkel resmi harga jasanya lumayan 😀

Ban
Nah ini juga harus dipikirin, emang sih umur ban itu 2-4 tahunan tapi kita juga harus jaga-jaga ban robek atau sering bocor sehingga butuh persiapan untuk penggantian. Harga ban paling murah biasanya 500ribuan/ban

TOL
Jalan jalan emang enak lewat Tol tapi tol itu ga gratis lho,kudu bayar. Lewat jalur biasa tidak secepat lewat tol (kalau tol nya lancar)

Asuransi
Pemilik kendaraan yg memilih pembayaran lewat kredit diwajibkan mengasuransikan kendaraannya. Pihak sales biasanya memisahkan pembiayaan kredit dengan asuransi karena dibayarnya pertahun (ada juga yg bulanan sih) asuransi mobil ga murah cuy, mobil bokap gw aja 2.5jt setahun. Berhubung mobil gw berlevel mobil bekas jadi ga ada asuransinya.

Resiko dijalan
Spion ilang, keserempet, nabrak atau ditabrak adalah resiko dijalan dan ujung ujungnya duit. Gak akan bisa memaksakan bawa mobil dengan spion cuma satu, bisa aja sih tapi nanti ditilang dan gak safety. Apa betah mobil penyok-penyok dibawa kejalan, atau saat apes kita nabrak mobil orang, UUD deh hasilnya.

Kalau dana kita ngepas buat nyicil mobil, alhadil lambat laun mobil akan keliatan jorok lho,males dicuci,males dipanasin hingga yg parahnya dijual atau diuber debt collector akibat telat bayar cicilan. Gaji yang diperlukan untuk menyicil mobil pada zaman sekarang ini :
– minimal gaji 5.000.000
– jomblo alias belum nikah
– main di uang muka, semakin besar Dp nya semakin ringan cicilannya
– tidak ada cicilan lagi selain cicilan mobil

Lebih aman itu memang pekerja swasta atau punya penghasilan tetap,untuk pengusaha sih ane saranin beli cash aja kalaupun kredit harus spare uang lebih jauh karena takut kena kredit macet. Apalagi mobil mobil baru saat ini diwajibkan servis di bengkel resmi kalau ga pengen garansi kendaraannya angus. U know lah service di bengkel resmi ibarat diperkosa rame rame, mobil main masuk service rutin tau-tau ganti ini itu hingga abis sejuta dua juta. Beberapa kali gw nemenin bokap service mobilnya, ga ada mekanik yg lapor dulu apakah mau diganti sparepartnya atau tidak, rata-rata main ganti aja baru deh diomongin.

Tulisan gw ini bisa direlungin buat yg mau kredit motor mahal lho, niat mau keliatan keren sama gebetan tapi akhirnya puasa makan dan dikejar collector karena telat bayar cicilan. Gak sedikit yang mengutamakan gengsi daripada nasi atau kebutuhan pribadinya, sekedar ingin terlihat keren malah jadi keliatan kere.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s