Tips Berwisata dan Berlibur

Posted on Updated on

Berlibur memang menyenangkan, apalagi kalau keluar kota sama sahabat, pacar (eits jangan berduaan pergi sama pacar), pasangan atau dengan keluarga, rasanya amboooi nikmatnyoo, rasanya penat tugas sekolah hingga pekerjaan terlupakan sudah tapi akan tetap ingat dompet disaku celana akan banyak berkurang bobot duitnya. Gw mau bagi-bagi pengalaman tentang tips bagaimana menikmati liburan menyenangkan tanpa harus merasa gagal, gw sendiri punya pengalaman dari teman yang menyesal liburan ke Jogja karena kurang persiapan dan akhirnya lebih banyak menetap di hotel daripada jalan-jalannya karena jauh dari tempat wisata serta tak ada kawan yang dikenal. Berdasarkan dari kegagalan liburan teman gw ini, akhirnya gw memutuskan untuk menuliskan beberapa tips persiapan kita liburan. Tips ini khusus buat traveler yang sekiranya hanya memiliki budget maksimal 5 juta untuk dihabiskan selama liburan.

 

  1. Tentukan destinasi perjalan

Ini yang sangat penting untuk mewujudkan perjalanan liburan, jangan sampai kita mau jalan-jalan tapi gak tahu arah yang akan dituju. Pemilihan tempat sangat perlu kita teliti, kalau sampai salah kota tujuan bisa-bisa kita bete dan gak tahu harus ngapain. Pilihlah tempat tujuan yang memang sudah familiar dan sesuaikan dengan budget. Pilihan yang mainstream biasanya berlibur ke Bali, Jogja, Bandung, Bromo atau Solo.

 

  1. Budget

Hal ini juga penting, mengingat akan banyak mengeluarkan biaya banyak selama perjalanan liburan nanti. Gw sendiri ada beberapa tips untuk mengetahui budget yang kita butuhkan nanti, bagian ke beberapa kelompok seperti budget akomodasi, budget kuliner, budget tempat wisata, budget belanja dan budget hotel. Memilih perencanaan waktu liburan secara jauh-jauh hari adalah pilihan yang bijak, harga tiket pesawat akan lebih murah jika dibooking jauh hari misalnnya 3 bulan sebelum keberangkatan. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, hindari di waktu-waktu liburan sekolah atau mudik begitu juga dengan menggunakan bis atau kereta. Untuk Hotel, kita harus sadari tujuan kita berlibur keluar kota bukan banyakin tidur, sehingga gak perlu hotel mewah dengan tv 40inc atau kamar kelas raja, cukup hotel yang memiliki tempat tidur, kamar mandi didalam dan AC, biasanya harga hotel seperti ini dibawah 500ribu / malam. Untuk budget kuliner, kita memang harus kenal daerah yang kita kunjungi, semisal kota Jogja yang dikenal dengan gudegnya jangan sampai kita makan gudeg direstoran mahal, cukup menikmati di lesehan ala kaki lima, budget kuliner biasanya gak lebih dari 500ribu. Kalau kamu ingin berlibur ke bali siapkan dana untuk sewa kendaraan (motor/mobil), jangan harap ada angkutan umum seperti angkot atau kopaja, yang ada hanya taksi dengan tarif berwarna warni. Untuk menyewa kendaraan disana tidak lah sulit, cukup siapin duit 50ribu untuk sewa motor dan 350ribu untuk sewa mobil kecil. Budget tempat wisata biasanya gak lebih dari 300ribu kok selama yang kita tuju memang wisata yang murah meriah bukan destinasi yang paling dikunjungi expatriat ya kalaupun ada dananya monggo mas. Budget belanja, ini kita maksimalkan 500ribu saja, jangan kebanyakan belanja, selain akan membuat bingung kita membawanya, resiko rusak atau hilang bisa saja terjadi.

 

  1. Lokasi

Banyaklah mencari informasi tempat yang akan kita tuju, jangan sampai kita sok-sok’an lets go tapi sampai dilokasi jadi orang bego Cuma cengo mau kemenong. Sekarang sudah era nya internet, kita bisa lihat peta lokasi yang kita tuju nanti, usahakan dekat dengan hotel, tempat tongkrong ajib dan gak jauh dari lokasi-lokasi wisata yang akan kita tuju. Jangan liburan ke jogja tapi hotelnya di magelang, naik pesawat pula hadeeeh salah besar. Biasanya harga hotel di tengah kota akan mahal, cari yang agak kepinggir tapi masih terjangkau dan kalaupun kita ingin jalan kaki masih bisa sampai dilokasi tempat wisata atau tempat hangout. Kasus temen gw adalah dia nginep di hotel yang disana sini jauh, ke tempat wisata pun jauh kemana-mana, mau sewa mobil ya susah, angkot juga jarang. Pengalaman gw sih kalau nginep di Bandung pilih hotel yang deket jalan braga atau lembang, kalau ke Jogja pilih hotel yang agak masuk ke gang-gang tapi dekat jalan raya karena Jogja dan solo sudah ada transportasi pariwisatanya. Kalau ke Bali, cari yang agak dekat ke pantai dan banyak taksi yang hilir mudik agar kita gak bingung mau ke bandara. Intinya lihat peta lokasi wisata dan cari hotel-hotel disekitar situ, bisa cek tarif hotel lewat yogyes.com atau klikhotel.com

 

Kalau ketiga tips tersebut dipahami, niscaya liburan kita gak akan sia-sia dan orang yang bersama kita juga akan puas lemas. Nah setelah gw kasih 3 tips diatas, berikut gw kasih perlengkapan wajib yang akan kita bawa, perlu di ingat kalau kita berlibur menggunakan transportasi umum kita gak perlu bawa barang sebanyak layaknya sedang pindahan kontrakan, bawa seperlunya saja tapi penting namun tips yang akan gw kasih kayaknya gak berlaku buat wanita.

 

  1. Pakaian

Pakaian itu penting, hitung dahulu jumlah hari yang akan kita lewati selama liburan, gak perlu berfikir kita akan ganti baju sehari dua kali. Lebih hemat kita pisahkan baju yang khusus untuk tidur, sehingga bisa kita pakai baju tersebut hanya ketika kita ingin tidur saja dan lebih hemat. Misal kita akan berlibur selama 3 hari, maka cukup bawa baju 3, celana pendek 2, celana dalam 3. Untuk mengemasinya kita gulung semua pakaian yang akan kita gunakan didalam tas atau koper, dengan menggulungnya seperti bolu gulung akan membuat ruang didalam tas atau koper lebih banyak tersisa dibandingkan tidak digulung, ga usah mikirin baju lecek toh kita bukan mau kondangan. Kalau didalam jadwal wisata kita terdapat adegan main dipantai, kita wajib bawa pakaian cadangan untuk berwisata pantai tapi kalau kamu adalah orang yang cuek, gak perlu dibawa, berenanglah pada pagi hari maka saat siang hari baju yang dikenakan sudah kering lagi. Jorok? Ah ini joroknya Cuma pas liburan, lagian orang bule aja kaya gitu dan gak mati dimakan kuman. Jangan lupa bawa kantong plastik sebagai pembungkus pakaian yang sudah kita pakai, untuk baju tidur jangan dimasukan ke koper setelah dipakai tidur, tapi di gantung saja biar rontok kutu kasurnya ke lantai.

 

  1. Gadget

Nah gadget ini sangat penting kecuali memang kamu gak suka mengenang masa lalu, lebih hemat kita bisa membeli Handphone android yang memiliki kamera minimal 5 megapixel, sudah cukup untuk kita berfoto ria lalu edit lalu upload ke social media. Gak perlu bawa hape, kamera DSLR, dan Laptop bersama modemnya kecuali memang kamu seorang fotografi kayaknya udah wajib bawa DSLR namun tetap aware dengan yang kamu bawa ya, jangan sampai pindah tangan. Siapkan juga power bank atau charger untuk di kendaraan karena perjalanan wisata gak sesingkat kamu menghabiskan segelas kopi malah lebih banyak diluar daripada dihotel.

 

  1. Obat-obatan

Kalau ini yang punya penyakit khusus seperti ayan, kencing manis, gagal jantung dan lainnya. Untuk obat-obatan yang biasa gw bawa meliputi obat gangguan pencernaan seperti entronstop, ini penting banget karena gak akan nyaman kalau tau-tau kita berak-berak saat perjalanan liburan. Kalau kamu mau nyiapin obat-obatan khusus liburan bisa siapkan obat maag, obat pusing, sama obat nyamuk bakar atau oles (kadang hotel murah suka terdapat nyamuk).

 

  1. Identitas

Penting banget, jangan lupa dompet dicek apakah masih punya KTP, SIM A atau C (malu kalau ketilang didaerah orang), ID Card kantor atau ID Card Sekolah. Untuk yang sudah menikah atau pasangan yang baru menikah, wajib dibawa buku nikahnya karena kadang-kadang kalau lagi apes kena razia (kalau nginepnya di hotel melati class).

 

  1. Makanan / Minuman

Nah ini buat yang menggunakan kendaraan pribadi, kita wajib siapin amunisi seperti air bening, air yang mengandung gula atau vitamin C, hindari menenggak sering minuman berenergi karena membuat kamu akan merasa lelah tiba-tiba. Cemilan juga perlu ditaro di mobil biar gak ngantuk dan gak banyak ngomong ngalor ngidul karena mulut udah capek buat ngunyah.

 

Sekian deh tips-tips ajib nan sederhana dari gw yang santun ini, mohon maaf kalau ada kekurangan tips karena tips diatas sudah biasa gw jalanin setiap kali gw mau berlibur keluar kota dan gak akan merasa bingung apa lagi yang kurang. Pesan dari gw yang penyuka hemat wisata, hindari berkunjung ke tempat hiburan semacam diskotik, pub atau salon plus-plus di tempat kita wisata karena akan membuat budget kita cepat habis dalam satu malam selain itu hindari berkenalan terlalu dekat dengan orang asing (bukan makhluk asing) kita gak akan tahu niat orang luar itu seperti apa.

  • Tetap ramah kepada siapapun
  • Tolak lah tawaran pedagang makanan atau jasa dengan halus lembut
  • Selalu ucapkan permisi saat melewati tongkrongan penduduk setempat
  • Hindari keluar larut malam ketempat sepi sendirian, lho mau ngapain.
  • Naiklah taksi yang sudah memiliki nama seperti blue bird (kalau ada)
  • Tampillah dengan pakaian simpel jangan banyak asesoris apalagi kantong
  • Kabari orang terdekat dirumah kemanapun kita akan pergi
  • Jangan lupa berdoa dan beribadah ya
  • Selalu jaga dompet anda.

 

Selamat berlibur dan berwisata………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s