Berpetualang di Dunia Fantasi Ancol

Posted on Updated on

Welcome to Dufan

Dunia Fantasi atau sering disingkat dengan Dufan merupakan sebuah arena bermain dengan berbagai macam wahana menarik untuk dicoba, terletak di daerah ibu kota Jakarta bagian Utara, siapa sih warga Jakarta yang tidak mengenal Dufan dan pastinya hampir seluruh warga ibukota pernah merasakan sensasi menaiki beberapa wahana di dufan. Kebetulan saja dufan sedang dalam rangka promo dengan judul bikers Day, dimana para pengunjung dapat menikmati aneka wahana permainan dengan harga tiket masuk setengah harga atau 50% saja, syaratnya cukup menunjukkan satu foto copy STNK dan dapat memperlihatkan STNK kendaraan roda dua yang aslinya. Setelah kita bisa menunjukan stnk aslinya maka fotocopy stnk akan di ambil oleh petugas kasir dan kita pun bisa menikmati tarif 50% tersebut namun perlu di ingat, tarif tersebut hanya berlaku untuk 2 orang dalam satu STNK.

narsis dulu ah

Saya bersama pasangan dan satu orang adik ipar berangkat menuju dufan dalam rangka liburan serta ingin menikmati tariff promonya, hmmmm… kapan lagi masuk dufan dihari libur hanya 125ribu sedangkan tariff normalnya adalah 250ribu untuk weekdays. Saya hanya membayar 250ribu untuk dua orang sedangkan untuk adik ipar saya hanya dikenakan tariff 50ribu saja, lho kok bisa? Bisa donk karena dia tingginya pas 125cm dan dufan memberikan harga khusus bagi anak-anak yang tingginya tidak lebih dari 125cm hanya membayar 50ribu. Sesampainya di parkiran dufan, kita akan di tawarkan oleh mas-mas ganteng penjaga parkiran “pak apakah sudah mendapatkan tiket promonya?” ya bagi pengunjung yang tidak mengetahui akan adanya promo tersebut atau tidak membawa fotocopy stnk motor bisa membeli fotocopyan dari mas-mas ganteng, harga jualnya sih saya sendiri tidak tahu tapi menurut feeling saya dia akan menjualnya seharga 50ribu rupiah.

Setelah membayar tiket masuk, kita menuju pintu masuk dufan yang sudah dihuni ratusan pengunjung. Ya memang saya datang kepagian yaitu pukul 9 pagi sedangkan gerbang pintu masuk baru bisa dibuka 10 siang, tidak apa-apa, sambil menunggu pintu masuk dibuka mari kita bernarsis ria.

di belakang tornado

Pintu gerbang arena wahana dibuka, kita wajib distempel tangannya sebagai bukti masuk ke permainan, ada beberapa wahana yang belum berjalan dan masih dalam pemeriksaan rutin. Untuk pemasanan permainan awal kita adalah kora-kora, saya biasanya menyebut wahana ini adalah ayunan perahu karena kita akan menaiki perahu bajak laut dan perahu tersebut akan maju mundur mengayun hingga hampir berputar 90 derajat heuheuheuheu, nyawa kita seperti di tarik ulur. Sensasi permainan ini sebenarnya tidak begitu menakutkan hanya saja saat perahu mengayun turun rasanya ngilu dan geli apalagi tubuh kita seakan ketarik keatas. Makanya tidak disarankan buat pengunjung yang memiliki penyakit jantung lemah, ayan, epilepsy ataupun gangguan jiwa. Saya sarankan jika menaiki wahana ini tidak dalam kondisi kebelet pipis karena kantung kemih kita akan segera terlepas dan air seni akan dengan bebas meluncur membasahi celana.

Kora-kora
Sensasi asik banget….

Karena gerak perahu monoton, membuat saya sedikit mual karena baru saja sarapan nasi uduk, berharap si nasi uduk tidak segera berontak keluar dari kerongkongan karena saya hanya membawa stok makan siang saja.  Selama setengah jam saya bertahan dengan kondisi mual, sambil menunggu mual kelar menerjang jiwa dan raga saya, akhirnya saya memutuskan beristirahat sedangkan kekasih saya yang paling cantik beserta adiknya bermain-main dengan wahana ontang anting atau biasa saya sebut dengan ayunan terbang.

Lihat paha paha melayang

Permainan ini sangat ringan sebenarnya, kursi yang menggantung kita duduki dan dengan perlahan akan terangkat serta melayang layang berputar selama 10 menit. Andai saja saya menaiki wahana itu, dijamin saya akan gumoh karena pusing melihatnya diputar-putar. Sambil beristirahat dideket wahana saya bisa melihat paha-paha gadis putih sedang terbang tanpa adanya penghalang, hehehehe…. Entah kenapa banyak pengunjung yang memakai celana pendek tipis bahkan ada yang lebih mirip kancut dibandingkan celana. Kalau itu pacar saya, sudah saya suruh pakai sarung karena saya malu paha putihnya diumbar begitu saja dilihat oleh cowok bermata keranjang seperti saya ini.

Permainan berikutnya adalah bombomcar, selama hidup saya ke dufan belum pernah naik wahana ini, mungkin pada waktu dulu wahana ini sangat menjadi trend atau banyak yang menggemarinya sehingga antrian pengunjung bisa lebih padat dari antrian menonton konser super junior secara gratis. tapi pada hari ini saya ke dufan, wahana ini mulai agak sepi dan hanya mengantri selama 15 menit saja kita sudah bisa bermain-main. permainan ini tidak perlu memutar otak hanya melatih keterampilan kita mengemudi saja dan bermain pedal gas. sebagai catatan disini kita tidak ada pedal rem hanya ada gas buat maju dan mundur, nah kalau kita mau mundurkan mobil, kita cukup mentokin stirnya dan nanti transmisi akan otomatis mundur begitu juga sebaliknya. kita gak boleh marah kalau mobilnya ditabrak-tabrakin karena memang tujuannya untuk di tabrakin bukan buat menghindari tabrakan, lagian juga tidak akan bisa menghindar karena area mobilnya cukup sempit.

Setelah fisik agak mendingan, mari kita bermain mainan yang agak ringan, yaitu Bianglala atau biasa disebut dengan kincir raksasa. Naik ini sih sepertinya tidak ada rasa mual-mualnya kecuali buat teman-teman yang paranoid dengan ketinggian, dijamin akan ngilu melihat ketinggiannya.  Dengan wahana Bianglala inilah kita bisa melihat sebagian bentuk dufan dari atas dan kita pun bisa melihat pelabuhan tanjung priok beserta laut ancolnya yang dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan serta perahu wisata, kalau beruntung kita bisa melihat elang dan naga angling dharma melintas dilangit Indonesia.

ini namanya bianglala

Sebenarnya cewek saya ada rasa takut terhadap ketinggian namun setelah saya yakinkan jika saya akan menikahinya tahun depan maka ada rasa keberanian yang muncul begitu saja tanpa diundang dan sangat ingin naik wahana hysteria, wow… wahana tersebut merupakan wahana yang paling saya hindari selain tornado karena saya tidak ingin menjadi superman secara mendadak.

Setelah main bianglala, saatnya memenuhi hasrat pacar saya bermain hysteria. dia sangat penasaran dengan permainan ini karena terlihat sangat menantang dan menguji andrenalinnya sehingga urat takutnya terhadap ketinggian harus diputuskan sekarang juga. sebelumnya saya sudah memperingatkan jika bermain histeria akan membuat tubuh seperti ditarik-tarik namun dia tidak percaya jika belum mencobanya dan ingin mencoba sensasinya, sedangkan saya? asyik menikmati cemilan coklat sambil melihat para pengunjung histeria berteriak teriak ketakutan. andai saja saya tidak membawa mobil atau menyetir, niscaya saya akan ikut menemani dirinya menikmati permainan histeria. antrian histeria sangat panjang, bahkan buat menaiki permainan yang tidak lebih dari 5 menit ini saja sudah memakan waktu skitar 2 jam ngantri, fyuuuuuh… mendingan ngantri panjang di arum jeram.

dadaaaaah bundaaaaa

kata dia sih naik ini rasanya benar-benar seperti dibawa terbang malaikat isroil, hanya sbentar tapi rasa dag dig dug nya sampai kita pulang juga masih berasa. spertinya sih mengasyikan kita bisa terbang mendadak keatas lalu turun dengan perlahan-lahan, gak kebayang deh kalau pas naik keatas pengamanannya lepas dan permainan berakhir dengan tragis, semoga tidak akan pernah terjadi. puas bermain Histeria kita lanjut ke alap-alap, saya lupa fotoin alap-alapnya. bagi saya alap-alap ini sperti pemanasan kita naik halilintar atau roller coaster karena walaupun kecepatan melajunya hampir sama, alap-alap tidak ada track yg berputar terbalik atau tinggi, ya rendah-rendah saja tapi bikin kita bisa merasakan sensasi melaju cepat ala suparman.

Lanjut dengan permainan balon air, khusus yang ini hanya buat anak kecil saja dan kebetulan adik ipar saya merengek-rengek minta main balon air yang katanya seru dan menakjubkan. rasanya seperti berjalan diatas air tanpa ada ketakutan akan basah, pokoknya anak kecil pasti seneng banget main ini karena kita bisa melihat mereka seperti hamster di roda gilanya. untuk memainkan permainan ini kita harus membeli koinnya seharga 15ribu untuk 10 menit saja..

permainan gak jelas

lanjut kita naik gajah-gajahan, saya lupa nama permainan ini apa, kalau gak salah gajah mungkur apa ya, pastinya bukan gajah duduk (sarung). permainan ini sih lumayan asik juga kalau dilihat-lihat, kita dengan tenang duduk manis ditengah gajah lalu sang gajah terbang dan kita bisa menaikturunkan sigajah tanpa rasa malu. entah apa sensasi menaiki wahana tersebut tapi melihat raut wajah kedua orang yang saya cintai, sepertinya sangat bahagia sekali heuheuhuehue… ingin sekali menaikinya namun urung karena wahana tersebut pergerakannya terlalu monoton dan tidak mainstream.

Halilintar.....

Belum lengkap jika ke dufan tanpa menikmati wahana halilintar, wahana ini sangat populer dimata masyarakat Indonesia Karena (waktu dulu) baru dufan saja yang memiliki wahana roller coaster walaupun bisa dibilang roller coasternya tidak sepanjang yang ada di disney land atau di neverland. Sayangnya saat itu antrian begitu ramai sehingga kami mengurungkan untuk memainkan wahana ini karena masalah waktu dan nafsu yang sangat besar mencoba bermain arung jeram. Saya sudah 2 kali bermain wahana halilintar, rasanya sih memang cukup unik ya, perlahan-lahan kereta roller coaster berjalan menuju puncak rel, setelah itu kereta bergerak meliuk-liuk dengan dorongan gravitasi bumi. ya rasanya memang mengasyikan, belum lagi saat kita melewati lingkaran jalur yang bikin terasa hidup ini begitu singkat.

102_8122
Saatnya arung jeram, wahana terakhir diliburan kita didufan. saya benci wahana ini karena antriannya yang panjang hingga hampir satu jam namun permainannya hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja dan itupun kita pasti akan kebasahan akibat diguncang-guncang oleh perahu jeram nya. seru banget, disarankan membungkus handphone atau perangkat elektroniknya dengan plastik karena kita tidak akan bisa memprediksikan perahu akan menghantam tebing yang mana dan kita juga tidak akan tahu air akan muncul darimana. Jangan lupa juga melepaskan sepatu apabila sepatu kita terasa mahal terkena air hehehehe karena sudah pasti kaki-kaki akan basah.

102_8127

Sialnya saya lupa menyimpan sepatu kedalam tas sehingga sepatu menjadi basah terkena cipratan air, beruntung tas saya tidak kuyup karena isinya lebih penting daripada permainan yang lama menunggu tapi hanya bermain selama 5 menit saja. berjam-jam mengantri hanya menghasilkan pakaian basah, sepertinya para pengunjung berada dititik keramaian arung jeram ya karena permainan ini sangat seru dan sangat cocok buat udara jakarta yang panas begini. Setelah menikmati arum jeram, saatnya kami pulang kerumah masing-masing… lelah tapi Alhamdulillah jalanan jakarta dari Ancol menuju bekasi cukup lancar dan tidak ada kemacetan berarti. mungkin lebih banyak yang berada dipameran otomotif ya dibandingkan ke dufan heuheuheuheu….

4 thoughts on “Berpetualang di Dunia Fantasi Ancol

    gemi said:
    26 Juni 2014 pukul 5:48 pm

    Bagus nih blog nya😀 makasihh buat pengalamannya😀 saya ga pernah ke dufan, mau ke dufan abis lebaran sama pacar😀 sukses terus bang Taufiq.

      Tawvic responded:
      3 Juli 2014 pukul 2:35 am

      aamiin, selamat berdufan ya…

    Burhan boenk said:
    11 Agustus 2014 pukul 10:27 am

    mau tanya bos, ente dateng jam brapa pulang jm brapa? ane dari cikarang.
    rencananya ahir agustus bini gw paling unyu ngajakin ke duffan..!!
    thanx before

      Tawvic responded:
      13 Agustus 2014 pukul 2:38 am

      jam 8 udah sampai sana, biar gak rugi bayar nya bisa seharian nikmati wahana hahahahha

Tinggalkan Balasan

