Cerita Singkat, Mistis

Kismis at office

Setiap tempat dimana kita berada, pastinya akan ada penghuni yang tidak kasat mata. Mereka itu ada berada di satu ruang dengan kita namun berbeda dimensi waktu yang berbeda, namanya juga mahkluk halus, saking halusnya tidak terlihat. Makanya Agama kita mengajarkan kita untuk selalu berdoa jika kita akan berbuat sesuatu seperti salah satunya adalah bekerja. Mereka ini sangat menyukai menggoda manusia agar manusia merasa takut, energi mereka untuk bisa berinteraksi dengan manusia adalah rasa takut dan hormat kepada mereka. Semakin kita merasa ketakutan maka mereka akan dengan iklas nongol menakut-nakuti kita, jangan bayangkan hantu-hantu tersebut selucu dalam film horno indonesia (horor porno) yang hantunya bisa menabrak tembok atau sange melihat cewek telanjang.

Dulu ditempat dahulu saya bekerja (perusahaan otomotip jepang) pernah sekali saya di ganggu dengan hal gaib seperti hantu. Jangan bayangkan hantu itu akan nongol dari balik layar LCD laptop kantor saya, namun bayangkan sebuah drama percintaan antara bos dan anak buah. Saya ingat waktu itu menjelang bulan ramadhan, saya disuruh lembur setengah hari (setengah hati karena tidak dibayar) pada hari sabtu. Sendirian diruangan IT bersama bunyi-bunyi mesin server yang tidak berhenti mengganggu telinga saya, apalagi ruangan IT di perusahaan tersebut berada di pojokkan nan gelap. Banyak yang bilang lokasi ini adalah gudang, isinya orang-orang terbuang. Walaupun siang hari tapi suasananya seperti berada di malam hari, tiada orang yang lewat dan cukup membosankan.

Ketika asik dengan mendengarkan alunan musik Sheila on 7, tiba-tiba muncul atasan saya. Kaget?, sudah pasti, lah ini tumben-tumbenan bos saya yang notabene nya paling anti masuk dihari sabtu bisa hadir bersama saya dengan cara mengejutkan. “lho.. belum pulang fik”, saya dengan wajah tampan menjawab “belum pak, dikit lagi, lah bapak kok masuk”, dia sambil membuka lemari berkas menjawab “iya ada barang yang ketinggalan disini”. Tidak lama dia menyisir berkas dilemari, dia pun pamit pulang. Sekitar 10 menit bos saya pamit, saya melihat dimeja nya terdapat sebuah hand phone yang merupakan miliknya. Handphone tersebut sudah lowbat dan saya tidak mempunyai charger handphone dengan tipe serupa. Akhirnya saya buru-buru ketempat parkir tempat biasa dia memarkirkan mobilnya namun sayangnya disana hanya ada tukang sapu yang asik menyapu parkiran. Pikir saya jika dia sudah meninggalkan kantor dan mungkin hari senin saya kasih handphonenya ke beliau. Karena takut kalau saya bawa bawa akan menimbulkan masalah, maka saya taroh saja dilemari meja saya dan kuncinya saya bawa demi keamanan umat manusia diseluruh dunia.

Hari seninnya ketika beliau datang, saya langsung memberinya tanpa pamrih dan ketika saya memberikan handphone tersebut dirinya langsung pasang muka kaget layaknya melihat godzilla didepan mata. “lho kok handphone ada sama kamu?”, “lah pan bapak hari sabtu dateng dan handphone bapak ketinggalan, makanya saya simpan biar tidak diambil makhluk lain”. Sempat termenung selama beberapa detik, “aku hari sabtu ke bandung lho fik tidak kekantor”. Wah selera humornya tinggi ni bapak tua, “ah becanda bapak, saya lihat sendiri bapak dateng keruangan ini ambil berkas terus pamit pulang tapi handphone bapak ketinggalan”. Pembicaraan ini menjadi serius, “serius fik, saya itu kemarin kebandung dan saya tahu hape saya ketinggalan tapi ketinggalannya pun di lemari berkas, kan kamu tidak megang lemari itu kan?”. “iya pak memang tidak saya pegang kunci itu, tapi bapak sendiri yang buka lemari itu pada hari sabtu”, “tapi saya tidak ke kantor hari sabtu toppppp piiiikkkk….”. karena perdebatan ini tiada ujungnya, maka kita datengin pos satpam karena pak satpam ini yang mencatat keluar masuk mobil. Setelah kita lihat rekapitulasi catatan harian pak satpam, ternyata memang benar si bos tidak kekantor sama sekali dan tukang sapu kantor juga bilang tidak ada mobil yang terparkir saat itu. Ya saya iklaskan jika yang saya temui saat itu sejenis demit, untunglah bos saya percaya akan hal seperti itu sehingga saya tidak dituduh membuka lemari berkas nya dan mengambil handphone tersebut.

Terlepas dari perusahaan jejepangan, saya mulai merintis menjadi karyawan diperusahaan eropa. Ditempat ini pun tidak bisa dilepas dari kisah-kisah misteri dan saya pun sering jadi tempat curhat teman-teman yang mengalami kejadian mistis. Mungkin hanya orang-orang baru saja yang mengalaminya ya, saya sendiri juga pernah mengalaminya 2 kali tapi Alhamdulillah tidak membuat saya gentar melainkan penasaran.

Kisah pertama seperti ini, waktu itu tidak biasanya saya pulang malam, sengaja pulang malam walaupun bukan lembur karena saya tidak punya kendaraan untuk pulang. Akhirnya saya menunggu pak Yudi menyelesaikan tugas menghitung pajak diruangannya, pak yudi ini orangnya baik hati dan tidak sombong karena suka memberikan tumpangan bagi teman-teman yg malang (ketinggalan jemputan). Tiba-tiba perut mules menyerang, mules ini terjadi akibat saat saya sedang menonton jack ass di youtube, entah kenapa jadi mules. Saya bermukim didalam toilet sambil sedikit termenung menikmati ampas sisa makanan keluar, sesekali saya bersiul untuk memecah keheningan, andai ada dian sastro maka saya akan memecahkan gelas bersamanya agar suasana menjadi ramai dan ramai, ah… dian sastro… ngapain mikirin dian sastro berada di toilet cowok dan ngapain Cuma mecahin gelas kalau ada dian sastro, gak penting.

Sayup-sayup saya mendengar teriak-teriak kecil seorang anak kecil berjenis kelamin wanita, bukan seperti teriak tapi tertawa kecil sambil berlari-lari. Saya melihat jam di handphone, ternyata sudah pukul 11 malam, anak siapa pula yang jam segini main dikantor?. Suara yang terdengar jauh lama-kelamaan menjadi terdengar jelas, ya saya mendengar seorang anak cewek berusia sekitar 5 tahunan tertawa-tawa sambil berlari-lari kesana kemari dan suara lari-larian kecilnya itu seperti didepan bilik tempat saya bertapa. Saya mendengar suara langkah dan tawa kecilnya itu melewati bilik toilet lalu terdengar dari luar toilet, dalam bayangan saya anak kecil tersebut melewati bilik dimana saya bertelur lalu menembus tembok toilet karena saya bisa mendengar tawa kecilnya dibalik tembok toilet secara sayup-sayup. Saya Cuma bisa bilang “siaaalll digangguin”, walaupun itu benar manusia, mana ada anak kecil di kantor jam segini dan kenapa itu anak bisa masuk kedalam toilet tanpa ada suara pintu toilet terbuka.

Kejadian toilet ini pun bukan saya saja yang mengalaminya, seorang rekan kerja berinisial ‘M’ pada pukul 9 malam melakukan aktifitas buang air kecil di toilet. Sebelumnya saya pernah bercerita soal fenomena ini tapi si miss M ini tidak terlalu percaya akan hal seperti itu, mungkin karena belum pernah mengalami kejadian itu sendirian, kalau saya sih Alhamdulillah beberapa kali berhadapan pada situasi yang diluar jangkauan akal manusia. Akhirnya dia menjadi percaya akan hal tersebut setelah apa yang dia alami ketika itu, ketika dia berada di kubikal toilet tiba-tiba saja ada seorang pria memanggil namanya dengan suara berat dan asal suara itu persis dibalik pintu kubikal toiletnya. Tanpa basa basi dia langsung menyelesaikan kewajiban hajatnya dan beruntunglah ketika dia membuka pintu bilik toilet tidak ada penampakan apa-apa. Sejak saat itu saya jarang melihat dia pulang malam hahahaha, mungkin kapok namanya dipanggil-panggil orang yang gak keliatan.

Bagi orang-orang IT sendiri hal seperti itu sudah biasa, waktu ruangan mereka masih memiliki pintu dan belum terbuka seperti sekarang, sering sekali ada penampakan kakek-kakek tua sedang asik duduk diruangan server. Apalagi jaman itu masih banyak kursi-kursi tamu didalam ruangan server, makanya sekarang sudah tidak ada bangku diruangan server tapi saya jadi kasihan kalau itu kakek-kakek duduk dilantai nan dingin. Saya juga pernah mencium samar-samar bau asap rokok dji sam soe waktu sedang lembur malam, apalagi ruangan saya berada persis dibelakang ruang IT, ketika saya berjalan menuju ruang IT aromanya semakin terasa. Asap rokok itu juga pernah dicium sama Pak Yudi yang hobi mengendarai mobilnya tidak melebihi 40KPJ dijalan tol dan berada dibelakang truck kontainer. Paling seram memang penampakan kakek-kakek tua nakal yang hobi duduk-duduk dipojokkan ruang, sepertinya alam sana terasa sangat panas sehingga memilih bermunculan diruangan IT nan dingin membeku, atau jangan-jangan dia sejenis cyborg hologram yg dapat menghilang tapi tidak boleh terkena panas sama sekali. Hidup ini memang penuh misteri.

Saya juga pernah mendengar cerita dari seorang wanita bernama Griyan, hm.m…. kalau menulis nama ini bisa membuat seorang sahabat saya menjadi prustasi dan merasa wajah nan eksotiknya tidak lagi bersahabat dengan nya. Tenang sohib, jodoh sudah ada yang ngatur, biarlah dia berlalu meninggalkanmu karena disana ada yang menunggumu untuk dijemput dengan kuda bengekmu, yihaaaa ketepak ketepak ketepak… back to story. Dia memang hobi sekali pulang kantor larut malam karena memang sudah resiko pekerjaannya menjadi wanita malam (pulang malam). lagi-lagi kejadiannya saat dia selesai kencing, sepertinya penunggu disini sangat suka aroma bau pipis sehingga dia akan muncul dan menuju lokasi dimana pipis kita berada. Dideket toilet kantor, ada ruang gudang minuman serta cairan untuk bersih-bersih, pintu itu selalu tertutup kecuali ada yang mengambil akua gelas, tiada penerangan didalam ruangan tersebut dan cukup lembab. Setelah griyan menutup pintu toilet dan berjalan melewati ruang gudang tersebut, tiba-tiba pintu gudang terbuka sedikit demi sedikit, tak ayal griyan pun terkejut bukan main dan tidak ingin melihat siapa dibalik pintu tersebut karena griyan yakin jika semua OB sudah pulang kerumah mereka masing-masing. Langkah gontai nya berlari cepat dan segera mengambil tas miliknya dimeja lalu lanjut pulang meninggalkan kantor. Benar-benar sebuah kejadian yang cukup cepat namun cukup menyeramkan, agak penasaran juga siapa yang membuka pintu gudang secara tiba-tiba, mungkinkah dirmon? Atau si Rohman.

Kita tidak perlu takut hal itu, karena setiap ruangan pasti memiliki penunggu yang memang mereka sudah tinggal lebih lama dari kita. Umur mereka sudah ratusan tahun bahkan sampai ribuan masa iya kita tega mengusirnya selama mereka tidak terlalu menggangu. Di tempat kerja manapun akan menemukan sebuah kisah misteri yang tidak masuk kedalam logika umat manusia yang kurang percaya akan alam lain tapi buat yang percaya hal itu akan menjadi sesuatu kisah yang biasa. Tidur dulu ah, capek juga nulis di blackberry…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s