Kisah Baru Manusia Laba-laba

Posted on

Tobey Maguire boleh berbangga diri ketika dia melihat dirinya berada di 3 Film Spiderman buatan sam raimi namun mungkin akan menjadi kesedihan mendalam ketika dirinya sudah tidak terpakai lagi untuk mengulang kesuksessan film manusia laba-laba di tangan marc webb. awalnya saya sangat tidak percaya jika reboot film spider man akan menjadi tontonan yang mengasyikan, apalagi pada trailer pertamanya hanya menampilkan sisi kelam dari spider-man baru ini tapi perkiraan saya salah ketika saya menonton film ini sampai benar-benar habis. kenapa?

Menurut saya ini merupakan ramuan terbaik sebuah film superhero, cerita yang tidak mengikuti alur film sebelumnya namun terlihat segar dan juga cukup dramatis bagi saya. memang menjadi pendebatan diantara penggemar ksatria laba-laba ini, ada yang bilang film terbaru spider-man kurang layak dan tidak sedikit yang mengancungi jempol nya karena film ini sangat layak ditonton.

bagi saya sendiri film ini lebih manusiawi, seorang peter parker masih tetap tergigit oleh laba-laba sehingga dia memiliki naluri seperti seekor laba-laba namun minus jaring alami yang keluar dari tangan, perbedaan mendasar dari seri spiderman sebelumnya. tidak ada jaring alami yang keluar dari tangan melainkan ia buat sendiri dengan mencontek ramuan jaring laba-laba milik perusahaan oscorp. jaring tersebut terdapat pada alat yang dia (peter parker) buat dan jaring tersebut sangat kuat hingga dapat menarik sebuah pesawat boeing 707, wow amazing.

sejujurnya saya menyukai Spider-man yang sekarang karena sisi humanisnya dapat, dia hanyalah seorang pelajar culun tapi tidak culun-culun banget dengan daya pikir cerdas. di film ini kita bisa tahu kenapa mas parker tinggal dirumah paman Ben, benar-benar kisah yang original sekali. hubungan percintaan si peter parker dengan gwen tidaklah berlebihan, standar tapi romantis karena di episode ini si parker membuka rahasianya sebagai jagoan newyork yang suka nyampah jaring laba-laba. ada kesedihannya juga yaitu saat paman Ben mencari-cari peter yang ngambek tapi akhirnya menjadi kematian ketika ditembak (tak sengaja?) oleh seorang penjahat. Bagian cerita ini hampir sama dengan spiderman 1 milik sam raimi, hanya bedanya si paman Ben lebih terlihat energik dan konyol.

Musuhnya adalah si kadal hijau bernama Lizard, dia aslinya seorang doktor profesor yang mempunyai tangan kanan buntung dan terobsesi dengan perubahan genetika dimana nantinya manusia dapat menumbuhkan bagian tubuhnya yang sudah hilang. musuh kali ini tidak terlihat sangat kuat karena masih bisa dikerjai oleh si spiderman dengan mudahnya. saya akan memberikan perbedaan film ini dengan 3 seri spiderman sebelumnya dan perbedaan inilah yang membuat film Amazing Spider-man terasa fresh :

1. Cerita tidak monoton
saya belum bisa membandingkan dengan ketiga seri spiderman sebelumnya tapi kalau kita perhatikan, spiderman 1 sampai 3 memiliki alur cerita yang sama. Spiderman kalah, MJ diculik, Spiderman muncul dan menang. apakah kalian tidak bosan?, saya pun bosan dan harus mengantuk saat menonton film spiderman 3 dibioskop karena alurnya sudah bisa ditebak, apalagi disetiap filmnya MJ tidak konsisten ingin bercinta dengan siapa?

2. Kekuatan cerita
disini kita bisa melihat asal muasal peter parker, siapa orang tuanya dan kenapa doi tinggal seumur hidupnya sama si paman Ben serta istrinya?. selain itu cerita ini juga mengisi kekosongan asal muasal spiderman dan pastinya lebih manusiawi.

3. Special Effect CGI
Aksi lompat-lompatan serta ayunan manusia laba-laba ni menjadi titik ampuh untuk memanjakan mata penonton agar tidak mengantuk. saya melihat pergerakan spiderman saat berayun-ayun sangat mempesona dan tidak kaku layaknya animasi CGI.

Sebenarnya ada pertanyaan yang mengganjal ya, ketika jaring laba-laba muncrat dari alat ditangannya, kenapa sangat mudah di putus oleh spiderman dan musuhnya padahal kekuatannya bisa mengangkat sebuah mobil dan menarik pesawat terbang, pastinya hal ini masih menjadi misteri oleh saya. Saat menangkap pencurian mobil dan ditembak oleh seorang polisi, si spidey berhasil menghindari peluru polisi padahal jaraknya sangat dekat, adegan ini seperti film the matrix ketika neo menghindari peluru secara bertubi-tubi tapi kenapa si spidey dapat tertembak peluru dengan mudah ketika dia hendak menghentikan langkah si lizard. ya walaupun banyak beberapa hal yang ganjil tapi semua itu menjadikan kita tahu bahwa tiada film yang sempurna dan saya pun puas menonton reboot spidermannya.

Score : 7.5/10 (Saya suka melihat Gwen daripada MJ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s