Catatan Kecil, Cerita Singkat, My Word

Buku Ceritaku

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya pada blog ini kalau saya memang suka sekali menulis novel dengan cara tradisional yaitu dengan cara menulis dengan pulpen diatas kertas buku tulis tebal. kebiasaan ini saya lakukan sejak dari umum 9 Tahun yang pada awalnya menulis cerita ringan horor yang tidak terlalu panjang kisahnya. mungkin karena jaman dahulu kala, ibu saya sering mengajak saya nonton film horor yang waktu tahun 96-99 memang lagi tinggi nya sinetron horor pada jam siang seperti Perkawinan Berdarah, Si Manis jembatan ancol, Misteri dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada rasa takut setelah menonton film hantu tersebut tapi dari situ saya mulai bereksperimen membuat sebuah cerita horor yang ditulis oleh anak-anak. beberapa judul masih saya ingat dan ceritanya sendiri pun masih membekas didalam ingatan saya namun tidak semua cerita yang saya tulis merupakan film horor saja, ada beberapa cerita yang saya tulis ber-genre Cinta, petualangan persahabatan dan fabel. sekedar ingin mengenang tulisan-tulisan yang pernah saya buat, saya akan mengelist cerita apa saja yang pernah saya buat selama ini.

1. Hantu Kamar Mandi
ini adalah cerita karangan saya untuk pertama kalinya, bercerita tentang anak kecil yang ketakutan menuju kamar mandi setelah menonton film horor sendirian. cerita ini diangkat dari ketakutan saya melihat handuk yang tergantung di dalam kamar mandi walaupun sebenarnya tidak ada sosok hantu yang tergambar pada cerita ini karena hantu tersebut hanya sebagai gambaran dari ketakutan seorang manusia. sampai sekarang saya percaya kalau sosok perwujudan hantu merupakan gambaran ketakutan kita akan sesuatu hal yang gaib. kalau selama ini kita tahu setan itu berwujud mickey mouse, pastinya kita akan digentayangi oleh mickey mouse sepanjang masa bukan pocong ataupun kunti.

2. Hantu Danau Cibubur
ceritanya saya tulis setelah saya mengikuti pelantikan pramuka sekolah dasar di Cibubur. ceritanya sendiri mengenai sosok gadis Pramuka SMP yang diperkosa (waktu jaman SD aja udah ngerti perkosa itu apa) oleh beberapa remaja yang tak lain adalah 3 kakak  pembinanya (pikiran saya saat itu sangat liar sekali) walaupun tidak ditulis detail adegan pemerkosaannya tapi saya mengalami kejadian aneh, pulpen yang saya punya mengalami macet sebanyak 3 pulpen padahal pulpen tersebut masih baru dan berbeda merk. gadis tersebut membalas dendam terhadap kakak kelasnya, satu persatu kakak kelasnya diteror dan dibunuh saat akan ada acara pelantikan pramuka pada bulan-bulan berikutnya. setelah ketiganya mati, si gadis yang gentayangan ini merasa puas tapi akan selalu menjadi penghuni danau nan angker tersebut.

3. Rumah Kosong
3 Orang kakak beradik menemukan sebuah rumah besar kosong saat berjalan-jalan di kampung halaman orang tuanya, tanpa berpikir panjang mereka masuk kedalam rumah tersebut karena melihat seekor kucing lucu yang meloncat-loncat didalam rumah. ketika ingin ditangkap, sikucing berlari masuk kedalam rumah tersebut dan akhirnya ketika kakak beradik ini terjebak kedalam rumah kosong tersebut. teror yang menakutkan menjadi imbalan mereka yang telah berani masuk kedalam rumah tersebut dan akhirnya bisa keluar dengan selamat setelah paman dari si ketiga anak ini melihat mereka sedang berputar-putar sendiri ditanah yang terdapat kuburan nenek tua mantan dukun santet. cerita ini sebagai bentuk inspirasi saya waktu menonton film jadul anak ajaib, di film tersebut ada adegan dimana duku beranak ditarik2 tangan atau kepala (saya agak lupa) disebuah tanah kosong bekas kuburan.

4. Dendam sang Kakak
The last horor story yang pernah saya buat, cerita pendek ini bercerita tentang seorang anak muda yang memiliki adik tewas mengenaskan ditabrak oleh sebuah mobil. sang adik yang memang sayang dengan kakak lelakinya itu berusaha membangkitkan arwah sang kakak untuk membalas dendam dan mencari tahu siapa yg menabrak dirinya hingga tewas, ternyata sang pelaku merupakan ayah kandungnya sendiri dan dari situ rentetan misteri pun terungkap seperti ayah kandungnya memiliki istri 2 dan pencurian mobil yang menjadi alat pembunuh anak kandungnya tersebut. cerita ini tidak saya dapat dari inspirasi manapun, tiba-tiba saja ingin menulis cerita aneh seperti itu.

5. Rabies
dari judul ceritanya lucu ya, rabies merupakan sebuah cerita yang mengambil tema tahun 1930an dimana saat itu teknologi belum terlalu maju namun ada seorang ilmuwan yang membuat senjata kimia dan nantinya akan disuntikan kepada binatang bertaring seperti anjing, beruang dan harimau. binatang yang disuntikan cairan kimia tersebut akan berubah menjadi sangat ganas dan beracun (rabies), seorang manusia yang pernah digigit oleh binatang tersebut akan merasa pusing dan akhirnya menjadi gila, stress bahkan membunuh siapapun yang ada disekitarnya. sebenarnya senjata kimia ini digunakan untuk mengusir penjajah namun sang ilmuwan terlalu berlebihan memberikan cairannya sehingga binatang-binatang lain tertular cairan tanpa kendali dan akhirnya seluruh penduduk sebuah pulau pakis panik karena binatang2 buas mengamuk serta memberikan teror. cerita ini saya tulis setelah saya memainkan game resident evil 3 nemesis.

6. Tony dan Friska
cerita ini saya tulis waktu SMA hehehehe, cerita nakal yang tidak layak dibaca oleh anak yang belum pernah mimpi basah, bercerita tentang sepasang manusia yang menjalin cinta saat SMP namun percintaan mereka terlalu berlebihan karena Friska terlalu mencintai Tony dan tony mendapatkan pencerahan yang salah oleh seorang pemuda mesum. Tony diajarkan untuk melakukan hubungan intim bersama Friska namun mereka harus mengabadikannya lewat foto dan nanti foto tersebut sebagai bukti kalau Tony mengikuti ajaran pemuda mesum tersebut, siapa pemuda itu?, pemuda itu hanya penjaga warnet yang biasa Tony bermain internet. akibat salah bertanya serta pergaulan akhirnya mereka berdua mendapatkan ujian bertubi-tubi hingga akhirnya Friska hamil dan melanjutkan kehidupan mereka dengan cibiran serta terror. ini salah satu efek saya membaca cerita stensilan di sebuah website dewasa yang saat itu sangat terkenal sekali dengan istilah [DS]. setelah menulis cerita dewasa seperti ini, perasaan saya jadi tidak tenang dan saya membakar buku yang menjadi kisah asmara ala penulis Freddy S.

7. Sunrave
Cerita Fabel yang bercerita tentang dua kubu binatang yaitu karnivora dan herbivora, kedua kubu ini sering saling serang demi memperebutkan wilayah serta kekuasaan dan pastinya kubu karnivora yang memang memakan kaum herbivora. Sunrave sendiri merupakan nama seorang rusa jantan berusia remaja yang jatuh cinta kepada anak serigala bernama Sarah, Sarah adalah serigala betina yang memakan tumbuh-tumbuhan. Sunrave jatuh cinta kepada Sarah karena dia satu-satunya hewan herbivora yang tidak menyukai daging, namun hubungan mereka diketahui oleh orang tua Sunrave dan kubu karnivora. belum lagi ditambah fitnah yang dilakukan oleh kerajaan monyet yang memang ingin kedua kubu tersebut berperang hingga akhirnya hutan tidak terlalu dihuni oleh banyak makhluk hidup dan kerajaan monyet siap menjadi penghuni yang paling berkuasa diantara lainnya. cerita ini terinspirasi pada kedua kubu kelompok forum sosial di Indonesia yang saling adu hantam dan mudah di fitnah oleh kelompok yang memang menginginkan dunia tidak tenang dan damai.

8. UnderGround
Dulu sering banget main game Warcraft sampai-sampai ingin membuat sebuah cerita tentang seorang anak remaja yang menemukan sebuah buku ajaib yang didalamnya terdapat 4 buah kartu, ada petunjuk cara penggunaan kartu tersebut yaitu dengan cara menempelkannya di kening ketika ingin tidur malam dan anak kecil tersebut akan berada di dunia warcraft terlibat perang antar suku elf, human, night elf dan orc. masing-masing kartu merupakan episode game warcraft hingga sampai episode frozen thorne walaupun sebenarnya cerita tersebut tidak sampai mirip dengan kisah asli world of warcraft malah tidak ada nyambung-nyambungnya tapi ya namanya juga waktu jaman SMP sering membuat cerita berdasarkan games. sayangnya cerita ini tidak saya lanjutkan karena cukup pusing menghapal banyak karakter hingga ketika saya baca ulang ternyata banyak karakter yang tertukar hehehehehe….

9. Hingga Akhir Hayat
Seorang wanita memiliki kekasih pria yang teramat dia cintai hingga akhirnya si pria meninggal akibat serangan jantung tapi si pria bukannya di makamkan melainkan di awetkan oleh si wanita. mayat sang pria dia curi dari rumah duka dan membawanya ke suatu desa ke desa lainnya selain itu dia juga tidur bersama-sama hingga memandikan sang pria yang telah menjadi bangkai. saya saat menulis cerita ini muntah sendiri saat membayangkan mayat pria yang telah dingin dan hampir busuk dipeluk-peluk oleh si wanita itu. apalagi saya harus menggambarkan ketika mayat pria sudah mulai membusuk dan mengeluarkan belatung namun si wanita terus berusaha merawat si mayat agar tidak membusuk secara alami. dia menjahit robekan-robekan kulit si pria, menambalnya dengan kulit binatang agar tidak ada kerusakan akibat termakan bakteri. kisah percintaan yang dikemas secara tidak biasa ini, akhirnya selesai ketika si wanita meninggal namun sebelum meninggal, dia dirampok dan diperkosa didepan mata mayat sang pria.

10. Love with You
Inilah buku cerita yang saya buat dan saya berikan kepada ria_cemus, waktu itu dia pengen banget melihat serta membaca cerita novel karangan saya, selama 3 bulan saya membuat nya lewat tulisan tangan hingga akhirnya rampung dan langsung saya kirim via kantor pos (jaman itu belum ada tiki). cerita nya mengenai seorang wanita bernama agnes yang mencintai benjamin namun cintanya ditolak benjamin karena lebih memilih anggun akan tetapi anggun sendiri memanfaatkan benjamin yang memiliki banyak harta dan secara perlahan benjamin sadar akan kelakuan anggun yang tak lain wanita bayar para kaum eksekutif. ini pertama kalinya saya membuat cerita dengan twist ending, ada kisah Rafik dan Mirna, dan seorang Gay bernama Surya yang kesemuanya berakhir pada satu titik cerita. namun endingnya sendiri saya lupa bagaimana berhubung sudah bertahun-tahun lamanya serta panjangnya cerita itu.

kira-kira seperti itu lah beberapa cerita yang pernah saya buat, sayangnya untuk saat ini saya belum sempat membuat cerita lagi, belum lagi beberapa buku hilang dan file di microsoft word juga hilang akibat virus worm. ada banyak cerita yang pernah saya buat secara singkat seperti Water yang bercerita tentang kekeringan dunia hingga seorang milyuner rela menukar mobil mewahnya dengan segelas air minum. Jeruji, kehidupan dibalik penjara dari sudut pandang seorang pembunuh yang akan menikmati eksekusi hukuman tembak mati secara mendalam, cerita ini saya rasa dibuat lebih ngarang karena saya sendiri belum pernah kepenjara buat mengetahui bagaimana kehidupan disana.

Masih pengen sih nulis cerita tapi sudah banyak cerita tapi rasanya hanya menjadi sebuah cerita yang menuh-menuhin harddisk laptop tanpa ada yang mau membantu membuatkannya menjadi film tapi mungkin saja cerita yang saya buat tidak semenarik naskah film-film porno semi horor nan fantastis itu.  pernah juga ikut kompetisi penulisan naskah film tapi tidak dapat apa-apa karena kalah keren dengan kontestan lainnya. ya walaupun tidak pernah menang dalam lomba bergengsi, tapi saya malah sering dapat hadiah dari beberapa website atas artikel saya menuliskan review kuliner Indonesia. saya tetap teguh, sadari tulisan saya tidak menghasilkan uang tapi saya tidak akan berhenti menulis dan sudah merasa cukup jika tulisan saya di copas sama orang lain baik dengan izin maupun tidak meminta izin walaupun tetap keinginan saya membuat film bersama teman-teman perfilman Indonesia.

Tuhan dengarkan doa saya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s