BBM Broadcast

Posted on

Mungkin karena mudahnya para pemilik blacberry mengirimkan pesan tanpa harus memikirkan pulsa, membuat fenomena BBM Broadcast menjadi marak dan tidak sedikit membuat kesal para pemilik BB yang menerima pesan-pesan broadcast tersebut. Begitu juga dengan saya, hampir setiap hari dikirimkan pesan broadcast yang berisi beraneka pesan mulai dari politik, isu bencana alam, Joke, agama dan penjualan. Pesan-pesan broadcast yang masuk hampir 80% mengandung unsur HOAX dan menurut saya tidak penting serta mengganggu sekali.

Ada 4 kontak di Blackberry saya yang terpaksa saya hapus walaupun sebenarnya saya mengenal baik 4 orang tersebut, mereka teman kuliah saya dan teman waktu saya SMA namun perilaku mereka yang suka mengirimkan broadcast gak penting sudah keterlaluan. Mungkin ke 4 orang ini mewakili karakter-karakter orang yang suka mengirimkan pesan broadcast karena ke empat orang ini memiliki perbedaan dalam hal mengirimkan broadcast.

Si E, salah satu teman masa SMA saya, semenjak menjadi kontak BB saya sering banget mengirimkan berita Hoax, ya berita hoax yang ia dapat dan ia sebar ke kontak lainnya tanpa mencari dulu faktanya di mbah gugel. Tema hoax yang di kirim kebanyakan adalah berita orang meninggal, baik artis, pejabat ataupun orang terkenal lainnya. Ini sama saja membohongi publik dan memang dia langsung meminta maaf secara broadcast pula jika tahu pesan yang ia kirim adalah HOAX, tolol ya, kenapa gak dia liat dulu berita sebenarnya baru dikirim ke orang lain. Lagian mau artis atau pejabat yang bener-bener meninggal, tak perlu di info ke saya, saya bisa lihat di televisi atau website berita yang setiap harinya saya simak.

Si D, Salah satu temen kuliah saya waktu dulu. Ini lebih sadis lagi dan sempat membuat BB saya hang karena sering kali mengirimkan pesan broadcast Joke atau lucu-lucuan secara bertubi-tubi. Jika di jumlahin, dia bisa mengirimkan pesan tersebut sebanyak 20x dalam sehari, gila dan dasyat… bahkan pernah sekali kirim berisi 15 pesan joke tanpa henti dan sukses membuat BB nya hang tidak bisa diapa-apain. Tanpa basa basi langsung saya hapus kontaknya, supaya tidak ada lagi pesan-pesan Joke yang gak lucu itu…

Si A, bisnis lewat blackberry sih boleh-boleh saja tapi kalau setiap hari mengirimkan broadcast dagangannya sebanyak 10 kali, ya sama saja seperti sales door to door tiada henti menawarkan dagangannya dibalik pagar rumah. Belum lagi pesan ajakan gabung di grup yg ia buat dan isinya hanya dagangan dia, sudah terlalu banyak BBG yg isinya dagangan dan itupun saya berhenti mengikutinya karena tidak ada manfaatnya sama sekali. Bahkan dia berdagang di BBG alumni kampus, tanpa basa basi ia kirimkan Foto2 dagangannya di picture BBG dan obrolan BBG kebanyakan dagangan miliknya. Ya terpaksa saya keluar dari BBG alumni kampus karena BB saya sering hang dan malas membuka BBG yg ga ada berita pentingnya.

Si C, saya suka banget dapet pesan banyak tentang penjelasan ayat Qur’an, hadits dan lainnya atau soal agama yang saya anut namun saya tidak suka pesan-pesan yang menurut saya aneh, seperti mengirimkan pesan tanda-tanda kiamat tetapi diakhir pesan itu terdapat tulisan “jika tidak mengirimkan ke kontak teman kamu maka kamu akan sial”, weeeeh… kok maksa, memang nya di agama saya ada unsur pemaksaan. Pesan pertama bagus tapi ujung2nya bernada ancaman serta sumpah-sumpahan segala, saya pernah bertanya pada guru ngaji saya kalau pesan tersebut bukan hal yang patut di turuti. Tidak ada ancaman atau kebenaran jika tidak mengirimkan kembali pesan tersebut, Agama tidak memaksa orang tersebut harus berbuat ini itu dan jika memang ingin dikirimkan silahkan, jika tidak juga tak ada dosa besar. Teman saya ini bisa mengirimkan pesan berantai layaknya sms premium sebanyak 5x dengan isi yang hampir sama dan sepertinya orang tersebut phobia akan kesialan.

Setelah menghapus 4 kontak tersebut, BB saya sudah lebih tenang dari sebelumnya yang setiap jam berbunyi penanda pesan bbm. Ya walaupun masih ada pesan broadcast tapi eksistensinya tidak sebanyak masa-masa suram waktu itu, hanya ada 1 broadcast dalam seminggu. Andai blackberry menarifkan pesan-pesan tersebut mungkin tidak ada yg mau melakukan broadcast, mungkin karena tarifnya bulanan sehingga orang-orang gak ngerti manfaat BB dan keadaan seseorang, main langsung broadcast sembarangan. Terbukti masih banyak orang Indonesia mengenal BB hanya sebagai alat pengirim pesan bukan alat penunjang aktifitas nan bermanfaat.

Buat ke empat kontak yang saya hapus, saya pribadi mohon maaf jika tahu-tahu kalian tidak bisa mengkontak saya. Di FB dan twitter sudah saya sindir namun kalian tidak mengindahkan bahkan sudah saya kirim pesan lewat status saya tetapi sepertinya memang kalian terlalu banyak punya waktu kosong sehingga kerajinan ngebroadcastkan pesan-pesan gak mutu untuk orang lain. Saya pribadi tidak berani mengirimkan pesan berantai kalau isinya gak bermanfaat dan bukan info nyata yang sudah saya cek kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s