Kuliner

Nikmatnya Makan malam di Waroeng Pecel Solo

saya sebenarnya termasuk manusia yang tidak begitu menyukai sayuran, apapun jenisnya tidak begitu saya sukai kecuali jamur dan wortel. saya sering memaksakan diri memakan sayur, lebih tepatnya dipaksa si bumbum makan sayur namun hasil akhirnya adalah gumoh-gumoh atau muntah-muntah gak jelas tapi gak ngeluarin muntahan.  seperti akting muntah sajo atau muntahnya orang yang sedang hamil muda. ah jadi ngomongin hal yang jorok sih, kita balik membahas menu pecel yang membuat saya makan sayuran.

Waroeng Pecel Solo, nama tempat makan yang khusus menjual aneka sayuran pecel dengan bumbu pecel yang sangat hmmmm… ajib banget deh pokoknya, kenapa saya sampai bilang ajib banget?, karena baru pertama kali saya makan pecel dengan bumbu yang pas dilidah saya, tidak terlalu manis namun gurih dari kacangnya sangat nikmat sekali, apalagi pedesnya pas tidak terlalu pedas. saya berkunjung ke tempat ini pada malam hari tepatnya saat dinner bareng teman-teman kantor, letaknya di Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 52 Ngaglik Sleman Yogyakarta ( Next To Hyatt Hotel ) dan memang agak jauh dari Hotel Ambarrukmo tempat saya menginap.

ruang tengah warung solo

lagi-lagi saya berada ditempat yang gelap-gelap gimana gitu, memang disini masih sangat original karena hampir 90% ruangan restoran ini menggunakan kayu-kayu tua, bahkan ada meja makan yang umurnya lebih tua dari kakek buyut saya, sekitar 100 tahunan lebih. walaupun minim dengan kipas angin tapi suasana di tempat ini tidak gerah malahan saya betah ditempat ini karena terasa desa sekali. ketika saya makan bersama teman-teman disini, sedang ada press confrence artis sekaligus pesulap bernama Joe Sandi dengan salah seorang artis lagi yang terkenal tapi tidak saya kenal namanya.

saya memesan sop sapinya dengan pecel tak komplit karena saya memesan tidak memakai daung pepaya (daun ini rasanya seperti ingin membunuhku) dengan minum Gulas “Gula Asam” rasa asamnya membuat mata ini lebih semangat lagi melotot. saya haru mengancungi 2 jempol buat sop sapinya, dengan alasan kuah sopnya sangat-sangat gurih dan enak namun untuk dagingnya masih tergolong standar sop sapi pinggiran karena agak kurang empuk dan beberapa daging susah di lepas dari tulangnya. kuah gurihnya sangat cocok dimakan dengan nasi merah yang rasanya netral dan dipadukan dengan dedaunan pecel plus bumbu kacangnya yang benar-benar aduhai.

menu-menu makanan yang ada di warung makan ini memang sederhana tidak ada bistik, spageti bahkan tidak ada yang namanya kentang goreng karena disini menunya 100% khas jawa.  untuk harga saya juga kurang begitu tahu karena semua menu yang kami santap di bayar oleh perusahaan hehehehehe asssoooooy…. selain dapet makanan yang enak, kita juga bisa menikmati alunan musik keroncong Cokekan mendayu-dayu yang dimainkan langsung oleh para pengkeroncong diatas panggung kecil. salut sama penyanyi wanitanya, wajahnya ayu dan nyanyi keroncongnya merdu sekali seperti ada mic di tenggorokannya, saya sempet terkecoh karena menyangka suara tersebut adalah suara kaset dan ternyata sumbernya ada dipanggung tersebut.

Iklan

2 thoughts on “Nikmatnya Makan malam di Waroeng Pecel Solo”

  1. Mas harusnya jgn bersedih walaupun ga berkarir ria dg dpt perusahaan yg menyenangkan pegawai dg berlibur tuh udah oke bgt. Di serang utk diterima harus bayar 2,5juta jadi buruh pabrik nikmat, pas udah masuk dikerjain, disiksa, dikata katai dg kasar oleh supervisor, agar dia ga betah dan keluar, alhasil dpt pegawai baru yg bayar lg…….

    1. iya sih mbak, saya sih tetep bersyukur dengan yg saya kerjai sekarang….
      sambil berkarir disini, sambil tetep jadi penulis 🙂 saya suka kegiatan ketik mengetik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s