Catatan Kecil, Cerita Singkat, My Word

Laporan Kehidupan selama di Tahun 2011

Tidak terasa sebentar lagi penggantian Tahun, saya harus mempunyai resolusi dan biasanya saya menyukai resolusi 1024×768 karena gambarnya terlihat halus dan icon di desktopnya tidak keliatan besar. Kali ini saya harus punya resolusi untuk tahun 2012 mendatang, apa yang sudah saya capai selama di tahun 2011 harus bisa lebih baik ditahun mendatang namun kenyataannya?, sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Berarti saya termasuk orang yang gagal di tahun ini dan apakah saya harus menjadi orang yang terasa gagal ditahun depan?, membingungkan sekali, apalagi saya harus menebak-nebak masa depan saya nantinya.

3 tahun bekerja di perusahaan Cat, masih tetap bergelut dengan konsumen sedangkan orang lain sudah menanjak kariernya, apalagi ada teman sekantor berusia muda tapi prestasinya semakin meningkat bagaikan Irvan Bachdim. Mungkin kalau masalah karier bekerja saya tidak memiliki hal yang dapat dibanggakan, terbukti dengan berusahanya saya mencari prestasi namun terhalang oleh apa yang saya kerjakan dan ketidak percayaan orang-orang melihat saya bagaikan karyawan yang Cuma bisa ngemil serta ngaskus di jam kerja. Saya sendiri juga bingung bagaimana caranya saya meningkatkan karier kalau tidak pernah ada yang mendukung, ya mungkin rejeki saya di dalam pekerjaan hanya sebatas seperti ini. Saya bersyukur masih bisa mendapatkan hasil atas apa yang saya kerjakan, punya teman-teman kerja yang baik walaupun lebih bersahabatan kepada teman-teman diluar divisi saya. Dari situ saya belajar tentang sebuah divisi yang orang-orang didalamnya saling mendukung atau malah saling menjatuhkan. Dunia kerja memang layaknya sebuah perang, penuh strategi dan intrik, kalau memang tidak mau berperang ya cari aman saja seperti saya namun hasilnya Cuma jalan ditempat.

Diluar karier, Alhamdulillah saya bisa berbisnis kaos sablonan yang dimana usaha tersebut adalah hasil join bersama teman SMP. Walaupun bisnis tersebut tidak sehebat pengusaha distro Black Id atau lainnya, saya merasa bangga bisa menghidupkan teman saya dan sekarang sudah mempunyai anak satu, padahal usianya masih tua-an saya tapi ya itu sudah rejekinya dia untuk menikah. Bisnis kaos memang gak ada matinya, semua menyukai kaos-kaos lucu apalagi kalau gambarnya bisa desain sendiri tapi lebih berharap kalau ada orang yang mesen kaos sablon tanpa gambar. Keuntungan yang saya peroleh dari bisnis ini yaitu bisa jajan aneka makanan yang memang ingin saya makan, selain itu bisa beli spare part mobil kesayangan saya Cuma belum cukup untuk beli cincin kawin. Awalnya saya sempat dilarang berbisnis kaos karena takut mengganggu karier saya dikantor, apalagi saat itu penjualan masih minim tetapi setelah melihat penjualan makin meningkat, ibu saya menjadi percaya kalau saya memang bisa menjadi seorang pembisnis amatiran yang cukup mumpuni. Saya mau berbisnis apapun tidak akan dilarang oleh bunda, termasuk bisnis spare part Timor, bisnis sampah IT kantor dan bisnis kendaraan yg penjualnya gak ngerti internet.

Diluar Bisnis, saya tetap masih mengajar blog untuk para blogger pemula, selain itu juga secara jarang mengajar desain gambar menggunakan photosop atau corel draw namun hanya untuk pemula, kalau mau yang profesional sih mendingan belajar ditempat kursus karena bisa dapet sertifikat ISO 9002, kalau belajar sama saya sih Cuma dapet teh manis atau sirup. Saya memang paling suka mengajar apapun yang bisa saya ajarkan, apalagi kalau apa yang saya ajarkan bisa membuahkan kesuksesan kepada orang yang saya ajarkan. Tidak ada bayaran yang saya dapat dari semua kegiatan mengajar saya, hanya ucapan Terima kasih yang menurut saya rasanya lebih nikmat dari mie siram kesukaan saya. Jarang-jarang ada orang yang mudah berucap Terima kasih dibandingkan pergi berlalu tanpa kesan dan pesan.

Niat saya membuat sebuah website tentang mobil Timor sudah terlaksana dan cukup membantu teman-teman yang memiliki mobil berbody kaleng khong guan ini. Awal-awalnya sih menemui kesulitan, seiring belajar mengenal yang namanya hosting dan domain serta aplikasi website berbayar akhirnya menjadi pribadi yang cukup mahir mengatur website tersebut. Pada bulan pertama para pengunjung hanya sekitar 3 orang perhari namun bulan-bulan berikutnya bisa menjadi 50 orang perhari, cukup membanggakan dan website tersebut sudah setahun berjalan. Akibat website tersebut, saya sering dipanggil oleh orang-orang pemilik timor untuk diajarkan merawat serta menservice part-part timor yang sedang mengalami masalah. Saya pun menjadi seperti bengkel panggilan dengan mekanik yang seperti jijik kalau sedang memegang obeng. Senang bisa membantu orang banyak lewat tulisan, apalagi saya sebenarnya tidak pernah tahu masalah kendaraan roda empat, namun dengan belajar dan terus belajar akhirnya saya bisa sanggup menjawab pertanyaan orang-orang yang membutuhkan jawaban.

Soal percintaan memang tidak saya pikirkan, yang penting saya bisa menghasilkan sesuatu dan bisa bertahan hidup di negara yang makin lama makin menguruskan kantong saya. Palingan menjelang akhir-akhir tahun, ibu saya sering memberikan pesan berantai dengan bunyi pesan “sudah punya calon belum?” atau “jangan main sama laki terus, kapan punya calonnya”. Benar-benar sebuah pertanyaan yang sulit dijawab, memang saya menjalani cinta dengan teman SMA tapi saya belum punya keyakinan untuk menjajaki kehubungan yang serius. Belum lagi masalah intrik kisah cinta masa lalu dengan seorang wanita yang ingin saya jadikan istri tapi masih tanda tanya.

Hidup di akhir tahun secara mandiri tanpa ditemani orang tua lagi karena sudah masa nya mereka menikmati masa hidup lepas tanpa bertugas sebagai pendamping anaknya. Berhubung ayah saya sudah pensiun dan merasa kalau menikmati pensiun di Bekasi merupakan keputusan yang teramat salah, maka orang tua saya memutuskan untuk meninggalkan saya sendiri di Bekasi dan menugaskan saya untuk merawat rumahnya. Memang rasanya berat banget, sudah tidak bisa berboros ria, secara gak sadar saya kelimpungan juga menikmati kehidupan sendirian tapi dari situ saya bisa belajar berhemat dan membeli sesuatu yang benar-benar bermanfaat. Jadi bisa hidup sederhana dengan seringnya makan telor goreng dan nasi putih tapi Alhamdulillah gak pernah sakit apalagi meriang Cuma jadi bingung aja kalau lagi lapar malam-malam tau-tau makanan lagi abis, mau gak mau ke alfamart 24 jam buat beli mie instant aneka rasa. Yang penting dalam sehari harus mengkonsumsi nasi biar gak kena tipes seperti waktu smp dulu, makan mie doank seminggu akibat bosan dengan rasa nasi.

Kehidupan berkomunitas hobi saya dalam hal otomotif, sudah berubah drastis. Sudah hampir setahun tidak menginjakkan kaki ke kopdaran anak-anak motor, bukan karena sudah tidak cinta lagi tapi karena sesuatu hal yang membuat saya berpikir “saya tidak dibutuhkan berada disana” dan beberapa anak-anak motor yang dulunya sangat bersahabat ketika bertemu dijalan, kini seperti merasa tidak mengenal saya. Lagi-lagi sebuah pertemanan hanya dikenal lewat roda dua. Akhirnya saya lebih respek dan nyaman di komunitas Timor-er, apalagi di tahun ini saya mendapatkan mandat sebagai divisi pengembangan dan promosi club sekaligus ketua korwil wilayah Bekasi. Keluarga besar Timor-er selalu memberikan saya motivasi, persahabatan yg seperti kekeluargaan dan tidak ada saling memandang jabatan karena semua sama dimata Tuhan. Alhamdulillah disini saya jadi gak punya musuh dijalan, gak ada lagi saling ejek2 stiker karena komunitas ini gak menilai segalanya dari stiker dan pengalaman turing. Saya pun jadi bisa lebih dewasa menanggapi sesuatu hal, apalagi rata-rata mereka adalah orang-orang dewasa yang sudah sangat sukses di bidangnya namun tetap menggunakan kendaraan mobil kaleng khong guan. Atas mandat yang diberikan oleh teman-teman Timor-er berarti saya diberikan kepercayaan atas keberadaan ditengah-tengah mereka, apalagi saya satu-satunya pejabat Timor-er yang masih muda dan belum menikah.

Semoga ditahun 2012 mendatang beberapa keinginan saya bisa terpenuhi, dapet karier diperusahaan cat ini, mempunyai sebuah album di band kamikaze (rencananya mau ganti nama band) dan melamar sang gadis pujaan. Inti dari kehidupan selama setahun adalah belajar, bersabar dan berusaha. Konon katanya 2012 adalah tahun Naga, dimana orang-orang yang bershio naga akan mengalami kesuksessan besar tapi saya tidak percaya akan hal itu, saya lebih percaya jika Allah punya rencana besar terhadap saya sehingga saya selalu diberikan kesabaran dalam menjalani apa yang sedang saya jalankan.

Tinggalkan Balasan

