Mereka butuh kita yang hampir sempurna

Posted on

Cacat fisik bukan berarti sebuah halangan, masih banyak mimpi yang bisa diraih dengan keadaan tidak sempurna. Bagaimana dengan cacat mental atau tuna ganda?, begitu banyak orang berfikir jika orang-orang yang mengalami gangguan mental diartikan gila atau tidak waras, namun bagi orang-orang yang memiliki perasaan mendalam tentang arti kehidupan, mereka mereka yang mengalami gangguan kejiwaan merupakan orang-orang yang sangat membutuhkan perhatian secara lebih dari orang-orang berjiwa normal.  Hati bersedih, begitulah keadaan saya pada pagi itu….

Acara baksos yang diadakan oleh komunitas mlancong.com pada hari minggu tanggal 17 April 2011, bertujuan membantu para penghuni panti tuna ganda palsigunung didaerah cimanggis, atau lebih tepatnya di jalan rayabogor. Pemilihan lokasi baksos kali ini mempunyai  alasan yaitu kita patut bersyukur atas fisik, pikirian dan jiwa kita yang diberikan secara normal tanpa kekurangan apapun, namun banyak manusia diluar sana tida banyak bersyukur, banyak mengeluh dan terus menghujat kehidupannya sendiri karena merasa tidak puas, lalu bagaimana perasaan mereka yang berada di panti tuna ganda tersebut? Apakah mereka terlahir dengan keinginan mereka?, tidak. Mereka ingin normal seperti kita, namun Tuhan sudah menentukan takdir mereka dibawah janji surga karena jiwa mereka tidak akan sadar dengan keadaan dunia yang fana ini.

Baju Bekas dan perlengkapan mandi

Alhamdulillah, dana baksos sudah terkumpul 9juta lebih dengan beberapa dus baju bekas yang berhasil dikumpulkan dari berbagai tempat. Rasanya senang sekali karena masih banyak yang peduli terhadap sesama dan mau membantu beban mereka yang selama ini dipikul hanya beberapa orang saja. Panti Tuna Ganda Palsigunung merupakan sebuah tempat (berbentuk rumah jadoel) penitipan anak-anak cacat, baik cacat fisik maupun mental, para pasiennya berumur antara 7 tahun hingga 40 tahun dengan perawatan yang 85% wanita atau ibu-ibu. Mereka (pasien) ada dirumah penitipan tersebut bukan tanpa kisah, kebanyakan adalah anak-anak dari orang tua yg tidak mampu lalu menitipkan anak mereka ke tempat tersebut namun ada juga orang tua yang memang merasa malu memiliki anak kekurangan dalam kesempurnaan, tanpa merasa dosa orang tua tersebut pergi meninggalkan anak-anak mereka, padahal anak-anak itu butuh kasih sayang orang tua asli bukan kasih sayang seorang perawat.

Salah satu pengurus rumah panti tuna ganda palsigunung menuturkan jika tidak semua anak-anak disini adalah hasil buangan, ada juga dari orang yang mampu menitipkan anaknya, namun seminggu sekali mereka datang menjenguk anaknya sekaligus memberikan donasi biaya perawatan anak mereka.  Saya melihat beberapa foto dan tanda kenang-kenangan dari donator berjejer rapih di dinding maupun meja-meja kayu berusia puluhan tahun, ah… bangunan klasik ini memang di pertahankan bentuk maupun suasananya dari tahun ke tahun. Dari sekian banyak foto yang menempel di dinding, ternyata ada beberapa foto dari masa lampau, betapa salutnya saya karena penghuni panti palsigunung ini masih mempertahankan jiwa sosialnya hingga lebih dari 20 tahun lamanya, semoga para ibu-ibu disini nantinya mendapatkan surge terindah dari sang maha kuasa, amien.

Dani and me...

Ada peristiwa lucu di tempat ini, ada seorang penghuni bernama Dani, ketika saya dekatkan dia langsung tertawa behagia seperti didekati oleh seorang artis pujaannya. Dia pun minta saya untuk difoto bersama, saya pun dengan bahagianya menuruti kemauan sang anak ini, dia pun meminta saya untuk membangunkannya, wah berat juga anak ini padahal usianya sekitar 15 tahun hehehe. Dimana lucunya?, saya baru tahu kalau Dani adalah seorang wanita ketika saya hendak pulang, pantas saja dia agak genit sama saya yang tak lain adalah seorang pria (apakah saya pria?), ternyata dia dalam masa puber ya, walaupun memiliki kekurangan namun dia memiliki perasaan cinta terhadap lawan jenis dan yang membuat saya malu ketika dia mengucapkan ‘ganteng’ (ahaay…) kepada saya. Thanks dani, semoga cepet sembuh ya biar bisa ketemu cowok-cowok yang lebih ganteng dari saya.

Bukan hanya dani saja yang mengalami masa puber, ada salah satu pasien kalau tidak salah bernama Yunas yang berumur 20 tahun dan tidak henti-hentinya memegang tangan mbak diah, sepertinya yunas menyukai mbak diah padahal mbak diah adalah istri dari Om Hery (anggota mlancong.com). lucu juga, mereka semua sangat senang dengan kehadiran kami, saya melihat wajah tuan putriku terlihat ada pancaran bahagia, mungkin baru ini dia melihat ada beberapa sahabat yg berbeda dari yang biasa ia lihat, makasih ya sayang sudah mau nemenin mas ke acara ini, I luv u…

Mbak Esthie mencoba komunikasi

Anak-anak seperti mereka sangat beruntung berada di rumah tersebut, mereka dirawat dengan kasih sayang dan mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitar walaupun mereka tidak pernah merasakan kenikmatan holiday bersama keluarga asli mereka, tidak dapat bersekolah secara normal atau menikmati jajanan anak-anak namun mereka sangat bersyukur mendapatkan apa yang sudah diberikan oleh sang kuasa, mereka terlindungi dalam genggaman tangan kasih sayang tanpa pamrih. Saya pun jadi bisa melihat perbedaan, saya jadi terus menerus berucap syukur kepada sang illahi atas apa yg ia berikan kepada saya, hidup akan sia-sia jika hanya di isi dengan berkeluh kesah tanpa perjuangan untu mendapati apa yg kita inginkan.

Semoga para penghuni panti tuna ganda palsigunung bisa cepet sembuh ya walaupun tidak dapat sembuh total, minimal membantu temannya untuk bisa maju menghadapi dunia. Salam bahagia untuk para penghuni panti tuna ganda palsigunung, jangan pernah menyerah buat ibuibu perawat, teruslah memberikan perhatian untuk mereka dengan tanpa pamrih, Tuhan maha melihat dan tidak akan melupakan kebaikan kalian serta keihklasan kalian. Special thanks buat anggota mlancong.com yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena saya berada dalam tahap menghapal para anggota hehehe…

Penyerahan Donasi Ke pihak Panti
beberapa kenang2an dari para donatur
salah satu dari mereka yg kurang beruntung

6 thoughts on “Mereka butuh kita yang hampir sempurna

    noped said:
    9 Mei 2011 pukul 6:49 am

    Mantab Om….. Jadikan aja Agenda rutin, karena dengan berbagi Insya Allah rezeki kita akan di lancarkan oleh ALLAH Swt. Amin…

    Sayang sekali saya blm ada teman dr mlancong yang dr bali.

    shella said:
    6 Februari 2012 pukul 2:15 pm

    saya minta alamat yayasan ini berikut no telponnya..ini no hp saya 087881883983

    Drs.Slamet Riyadi said:
    24 Oktober 2012 pukul 4:24 am

    Mohon informasi alamat & Nomer Telepon yayasan ini, saya sangat membutuhkannya.

    Terima kasih

    Drs.Slamet Riyadi

      Tawvic responded:
      24 Oktober 2012 pukul 6:27 am

      Jl. Raya Bogor Km 28,5 Cimanggis Depok
      untuk no telp 021-8710063 , 9225184 mudah2an bener ya pak…

    aultrisna said:
    16 Oktober 2014 pukul 5:06 am

    biasanya kalo di panti asuhan khusus cacat ganda itu acaranya ngapain aja ya om?

      Tawvic responded:
      22 Oktober 2014 pukul 3:18 am

      pengenaalan lingkungan dan sejarah panti, sama saling interaksi antara pengunjung dan penghuni

Tinggalkan Balasan

