Catatan Kecil, Cerita Singkat, Love's, My Word

Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Judul tulisan gw kali ini diambil dari sebuah lagu Sheila On 7 yang berjudul sama pada album ke dua mereka, Sheila On 7 atau yang biasa gw singkat dengan SO7 merupakan satu-satunya band yang album-album nya selalu gw beli dalam bentuk original baik kaset ataupun CD. Gw paling suka sama band ini karena ada beberapa hal yang membuat band ini terlihat beda dengan band lainnya, pertama dari sisi suara vokalisnya bernama Akdhiyat Duta Modjo alias Duta yang unik dan sampai sekarang gw belum pernah dengar ada suara vokal lain mirip dengan suara om Duta. Lalu yang kedua adalah lirik atau lagu yang diciptakan mas eross selalu mewakili perasaan hati gw selama ini, pandai sekali memainkan sebuah kalimat serta kata sehingga tidak mudah dihapal begitu saja dengan mendengarkannya sekali.

Justru gw paling suka dengan lagu-lagu yang susah dihapal karena gw bakal dengerin ulang-ulang terus sampai gw bisa menyanyikan lagu tersebut, apalagi kalau memang musiknya asik dan bermutu. SO7, pertama kali gw suka sama band ini karena lagu DAN. Waktu itu gw masih SD, tapi biarpun masih tergolong anak baru melek, gw sudah bisa merasakan apa yang namanya cinta, bukan c.i.n.t.a ya. waktu itu gw gak punya duit buat beli kasetnya yang saat itu seharga 7000 perak, akhirnya patungan sama temen-temen buat beli kasetnya lalu didengarkan ramai-ramai di kamar gw karena Cuma gw yang punya tape polytron (jaman itu tape polytron paling digandrungi). Sayangnya gw gak berhak memiliki itu kaset karena gw patungannya paling kecil Cuma Rp. 1000 perak sedangkan yang lainnya Rp. 2000 perak. Namun akhirnya gw bisa beli kaset sendiri dengan bekerja keras seperti mencabuti uban nyokap, mijitin bokap, sampai ngelap sepatu abang-abang gw, selama 2 minggu bekerja keras akhirnya gw bisa beli kasetnya dengan uang sendiri.

Album kedua dari Sheila On 7 Muncul, waktu itu jaman-jamannya gw SMP dan masih tergolong polos banget sampai-sampai gw niup kondom dirumah sodara yang gw kira itu balon tiup. Gw suka sama album yang kedua ini karena banyak kenangannya, terutama lagu “Sahabat Sejati”, waktu gw smp gw punya gerombolan temen-temen yang kesemuanya bekas temen SD gw, kemana-mana naik sepeda dan asal kita mau main keluar, kita semua dengerin lagu SO7 sambil nyanyi2 lagu sahabat sejati. Lagu tersebut benar-benar mencerminkan suasana kehangatan persahabatan yang benar-benar sejati, tak mengenal rupa ataupun hartanya para sahabat kita. Ya sayangnya persahabatan gw dengan teman-teman waktu itu cepat berlalu seperti sebuah lagu yang tidak akan terus-terusan berputar dalam satu waktu dan akan berganti dengan lagu yang lain menceritakan kisah berbeda.

Tunggu aku dijakarta juga merupakan sebuah lagu yang mengena, waktu itu gw punya pacar, dia pacar pertama gw dan 2 bulan pacaran terpaksa gw harus ninggalin dia seminggu ke jogja. Jaman itu gw gak punya handphone, mau kangen2an kaya gimana ya harus dirasakan dihati saja tanpa bisa memberikan sinyal kerinduan melalui short messages service. Album sheila gw bawa ke jogja dan gw bersenandung menyanyikan lagu “Tunggu Aku di Jakarta” sambil memandang foto hitam putih untuk pembuatan kartu pelajar milik dirinya. Sayang, cinta pertama itu hanya berjalan 4 bulan, alasannya bukan karena gw punya “Sephia” melainkan memang kita harus berpisah (sebenarnya hanya faktor umur dia yg berbeda 2 tahun dan ortunya gak setuju masih kecil dah pacaran).

Waktu acara perpisahan SMP, gw pernah mengidekan untuk membawakan lagu “Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan” namun urung dibawakan ke panggung perpisahan karena kami-kami ini band amatir dengan skill pas-pasan sehingga gak mau ambil resiko gagal membuat penonton bersedih, akhirnya band gw waktu smp membawakan lagunya Blink 128 Anthem Part 2, kenapa giliran lagu barat yang cukup rumit seperti itu kita bisa bawakan ya?. walaupun tidak jadi dibawakan oleh band gw, tapi kita menyanyikan lagu SKKUMDP di belakang gedung perpisahan sambil bersalaman dan kita pun benar-benar berpisah.

07 Des...

Sheila On 7 pun menelurkan Album Ost 30 Mencari cincha, pertama kalinya menonton bareng pacar ya pas film tersebut, pulangnya beli kaset SO7 dengan judul yang sama. Sebelumnya sih album 07 Desember sudah keluar lebih dahulu, waktu jaman akhir SMP gw usai, kalau boleh jujur album 07 Desember adalah Album yang paling gw suka diantara album-album yang SO7 lainnya, alasannya karena instrumen biola serta peracikan kalimatnya cukup asik. Sangat pas kalau konsernya dibawakan langsung oleh Om Erwin Gutawa bersama teman-temannya, walaupun banyak temen-temen gw agak kecewa dengan album 07 Desember karena jalur musiknya agak berubah dari album sebelumnya, kalau gw sendiri justru senang dengan perubahan karena gw bakal bosan mendengar sebuah band dengan nada-nada yg begitu saja

Berlanjut ke pejantan Tangguh, album selanjutnya milik SO7 ini memang kurang begitu boom tapi justru dengan sebuah lagu “Pejantan Tangguh”, menjadikan band SO7 Fenomenal di malaysia karena lisriknya terlalu seronok buat masyarakat sana sehingga dirubah menjadi “Pria Terhebat” ahahahaha aya aya wae dah. Sayang, album yang ini entah kemana keberadaannya di laci kaset gw, entah siapa yang pinjam dan tidak mengembalikannya, padahal menurut gw di album ini merupakan album yang benar-benar menonjolkan skill para masing-masing pemain, terutama mas Anton dan bagi mas Anton, ini adalah album terakhir dia ikut dalam band SO7, sungguh disayangkan Mas Anton harus keluar dari band tersebut padahal gw suka banget sama permainannya yang menyelipkan nada-nada drum unik, bahkan dari gayangnya yang hobi memakai ikat kepala mengingatkan gw pada drummer larc en ciel bernama yukihiro, sepintas permainannya memang terinffluence dengan yukihiro. Selain mas anton yang hengkang, Kak Sakti pun juga turut keluar dari band tersebut dengan alasan mencari jalan kebenaran lewat agama, gw suka dengan keputusan kak Sakti semoga saja memberikan kebaikan bagi umat manusia di bumi.

507, album yang memiliki kenangan, gw jadi ingat waktu perpisahan SMA ke puncak, ni album gw puter-puter terus di walkman dari berangkat ke puncak sampai pulang kepuncak, hingga cewek gw ngedumel karena dengerin lagu yang itu-itu aja. Album ini mewakili perasaan hati gw ke dia, hingga akhirnya sebuah lagu “Last Pretence” merupakan lagu dimana gw mengetahui kalau cewek gw udah gak cinta lagi sama gw dan gw harus ngeyakinin dirinya untuk selalu berpura-pura masih mencintai gw karena gw masih sayang sama dia.  Sampai akhirnya kepura-puraan itu gak bisa di lakukan olehnya dengan baik dan berakhir sebuah pernodaan atas nama cinta, ah lebay sangat.

Album The Very Best akhirnya muncul juga dipermukaan tanah musik indonesia, isinya 3 lagu baru dan lagu-lagu single terbaik yang pernah ada, sayang nya tidak semua single ada di album tersebut seperti tunggu aku dijakarta atau perhatikan rani, padahal lagu tersebut sering muncul di televisi, mungkin faktor kapasitas menjadi masalah jika semua lagu single terbaiknya dimasukan dalam satu album.

Menentukan Arah

And finally, album menentukan arah keluar juga disaat gw benar-benar dalam keadaan jatuh. Mendengarkan lagu-lagu dari album menentukan arah membuat hati gw tambah tersayat-sayat setelah kejadian gw ditinggal bunting sama tunangan gw, seperti lagu “Mudah Saja” yang benar-benar menceritakan rasa sakit oleh sang kekasih dan kekasih itu dengan mudah menenangkan seseorang yg terluka perih tanpa melihat kesakitan luar biasa yg dirasakan. Lalu lagu “Jalan Keluar” merupakan soundtrack akhir drama percintaan gw dengan sang tunangan, karena dilagu tersebut menceritakan tentang pasangan hidup yang tidak cocok dan segera diakhiri agar tidak terus menerus disakiti, mungkin alasan tidak cocok karena ada orang ketiga. Lagu “Betapa” menjadikan gw mengerti kalau wanita itu bisa mudah berpaling dan melupakan bahwa ada seorang pria yang mempertahankan cinta tersebut walaupun pria itu jauh dari hadapannya.

Harapan gw, semoga mas-mas Sheila On 7 terus berkarya tanpa henti dan tetap solid dengan personil yang sekarang. Buat mas Anton dan Kak Sakti, semoga kalian menjadi orang sukses dijalan masing-masing ya, jangan pernah melupakan persahabatan yang kalian buat sedari susah dulu, SO7 gak bakal sukses seperti saat ini tanpa kalian, bukan sukses karena duta, eross, atau adam melainkan sukses karena kebersamaan kalian.

Tinggalkan Balasan

