Gak tahu, bodoh atau…..??

Posted on

cantik atau ganteng tiba-tiba akan menjadi hal yg sia-sia jika tiba-tiba melakukan hal bodoh ataupun ucapan yg tidak masuk akal, apalagi buat orang yang memiliki keahlian luar biasa namun ternyata ada sebuah masalah yang bisa membuat orang tersebut terlihat bodoh. kebodohan orang yang kita temuin bisa jadi hal yang lucu tapi lebih sering menjadi buah kekesalan akibat ketidaktahuan seseorang pada sesuatu yang dia bahas (nyolot pula). tulisan berikut ini gw tulis atas dasar kejadian nyata dan tidak bermaksud menghina orang itu bodoh tapi anda para pembaca yang akan menilainya apakah orang ini termasuk bodoh atau memang sok tahu hehehehehe, nama pelaku dan korban gw samarkan agar tidak ada pihak yang tersinggung.

“Cowok gw hacker lho…”
disebuah ruangan kantor pada jam istirahat, biasanya kita semua pada ngopi-ngopi sambil gosip satpam sbelah. namun ada seorang karyawan cewek yg mengajukan topik bahasan tentang cowoknya yang jago hacker. sebut saja namanya Anggie.

anggie : “eh tau gak?, cowok gw ternyata hacker lho”
gw : “ah masa?, cowok lo kan kuliah akunting masa bisa jadi hacker”
bambang : “cracker kali”
gw : “renyah donk, krauk krauk krauk…”
anggie : “yeee serius, dia bisa otak atik YM gw, buktinya list cowok2 di YM gw pada dihapusin sama dia, terus dia marah2 gitu deh, padahal tuh cowok2 temen kampus gw doank”
gw : “lu ngasih tahu password sama username ym ke cowok lu ya wajar dia bisa buka ym lu”
anggie : “enggak lah, ngapain juga, itu kan privasi gw”
gw : “kok bisa tahu sih, hebat donk cowok lu, ga percuma ganteng kaya bang kodir”

anggie : “ya mana gw tahu, satu2nya password yg gw kasih tahu ke dia ya cuma email yahoo gw doank, biar dia bisa cek email2 gw”
gw : “sama aja maliiihh…., YM apa bedanya dengan yahoo mail, duduls”
anggie : “tapi dia juga bisa hack fesbuk gw, padahal gw gak ngasih tahu passwordnya sama sekali”
gw : “fesbuk lu pas daftar pake email apa?”
anggie : “yahoo gw lah”

ya cukup sudah pembahasannya, karena dia tetep berserikeras kalau YM dan Fesbuknya tidak ada hubungannya dengan yahoo mailnya. tetap memberikan gelar hacker kepada cowoknya, salut gw (dalam hati ketawa terbahak-bahak).

PERMEN KELINCI

di sebuah kelas yang saat itu baru mau masuk jam belajar, kebetulan gw bawa banyak permen kelinci oleh-oleh dari pacar abang gw. dikelas cuma ada gw, asep dan irwan, kita bertiga memang suka datang kepagian ke kelas sehingga kita bisa ngobrol2 sambil tukeran 3gp via bluetooth. mereka kebagian satu persatu permen kelinci dari gw, tanpa panjang pikir, permen tersebut kita lahap namun irwan masih sibuk dengan jemarinya dan permen tersebut.

gw : “lu ngapain wan, dimakan lah permennya, malah dipritilin gitu”
irwan : “bungkusnya lengket, ni permen dah berapa tahun di kantong lu mpe bungkusnya lengket”
asep : “lah itu bungkusnya dah lu buang ke bawah meja”
irwan : “bungkus beningnya nih yg lengket, bungkus luarnya sih gampang gw buka”

gw : “ngapain lu buka, langsung makan aja, itu bukan pembungkus tapi jeli”
irwan : “jelly mata lu soak, jelas2 kertas, lu kira gw kambing makanin kertas”
gw : “dibilangin plotokan, gw sama asep aja langsung makan, lagian norak amat lu makan permen kelinci jellynya mpe lu kupasin”
irwan : “lu berdua kan kambing, mpe kertas aja dimakan”

akhirnya gw sama asep ninggalin irwan yang masih sibuk dengan permennya dan akhirnya dibuang begitu saja karena kesal tidak dapat menghilangkan jelly yang ada pada permen kelinci. ya saya mengerti kalau anak ini trauma melihat kambing yang asik makan kertas.

HUJAN
Lagi heboh2nya hujan angin, sepulang kerja gw mampir di tempat minum kopi favorit bareng 3 teman kuliah dulu. lagi ngobrolin tentang cuaca yang saat ini tidak menentu sambil ngopi cappucino kesukaan gw. salah satu temen gw cewek nyeletuk, sebut saja namanya bunga.

bunga : “Jakarta gimana gak banjir tiap hari hujan ya, lama2 dunia ini penuh air”
gw : “penuh air gimana?, jkt banjir kan karena pengairannya kurang bagus”
bunga : “ah sok tau lu fik, lama2 dunia penuh air karena sering hujan terus tenggelam deh pulau2”
gw : “klo kutub utara mencair sih gw percaya”
bunga : “ya lo bayangin aja, tiap hari bumi disiram hujan, kan lama2 air numpuk”

Indra : “numpuk bijimane?, air hujan mah asalnya dari laut, berkat penguapan akibat panas matahari, lalu tersimpan di awan sehingga timbullah hujan ketika awan sudah tidak menampung air tersebut”

bunga : “kaga gitu kaleee, hujan ya hujan, masa dari air laut. hujan dari langit, makanya banyak negara banjir karena sering kena hujan”
gw : “waktu SMA lu jurusannya apa sih?, IPA apa IPS”
bunga : “IPA donk”
gw : “Indra aja yg STM ngerti bagaimana terbentuknya ujan”
bunga : “ah dia sih ngarang tuh, yg bener hujan dari langit, klo dari laut asin donk”

bunga tetap bersikeras dengan ilmu pengetahuannya yg ia dapat, gw jadi meragukan guru SMA nya dulu, jangan-jangan sang guru tersebut suka banget dengan cerita-cerita dongeng seperti timun mas, momotaro ataupun doraemon.

Bukan mau menghina atau apa, tapi terkadang kebodohan seseorang itu dipertahankan untuk sebuah identitas. gak seharusnya orang yang kuliah kedokteran bisa membedah urat malu, dan tidak selamanya orang mekanik otomotif bisa membuat mesin mobil sebagai parutan kelapa. pengetahuan orang berbeda beda dan kita pun harus menyikapinya dengan terbuka atas perbedaan pendapat walaupun rasanya gondok pengen mukul orang tersebut pake buku.

Tinggalkan Balasan

