Roda Empat

Mobil Baru versus Mobil Lama


Sudah berminggu-minggu gw merasa heran dengan beberapa mobil baru macam camry, accord, lexus, BMW, Audi dan beberapa sedan mewah lainnya yang memiliki CC besar diatas 2500. gw heran kenapa kalau ditol bawaannya pada pelan-pelan sekali, bahkan tak jarang hanya berada di jalur satu padahal keadaan jalan cukup asik buat memacu kendaraan. Sedangkan mobil-mobil lama semacam mitsubishi keluaran lama, baleno 2004 kebawah, Timor, dan beberapa sedan 80an pasti memacu kendaraannya lebih dari 100kpj sambil berakselerasi dengan mantab.

Kebetulan lagi main ke beskem timorer sambil oprek-oprek mesin si buluk, gw langsung membuat sebuah bahasan seperti itu dan ternyata pemikiran gw sama dengan para sodara pertimoran lainnya. kenapa mobil baru tahun sekarang memiliki CC besar namun tidak digunakan secara maksimal atau memang merasa takut untuk digunakan pada kecepatan tinggi. Ada beberapa pendapat jika mobil-mobil tersebut tidak ingin baret-baret atau kecelakaan karena  takut mobilnya jadi barang rongsok, pemikiran seperti itu sebenarnya salah kok, toh mobil2 baru sudah tercover oleh asuransi kendaraan yang secara otomatis dibayar setiap bulannya bersama cicilan mobil.

Jangan juga melihat mobil sport macam buggati, ferrari atau lamborgini, gw sendiri pernah melihat mobil-mobil kelas benua eropa dan italia memaju kendaraannya secepat kilat terutama di daerah gading dan tol cipularang, hati-hati kalau berada ditol yang sering sepi dan memiliki track lurus, sering-sering liat spion kanan dan belakang. Back to topic, mobil-mobil lama dibawah tahun 2000 sering banget dipakai ngebut dijalan apalagi tipe-tipe mobil Mitsubishi, baik lancer, eterna ataupun Evo, beuh… belum ada yang ngalahin sih, tapi klo main irit-iritan bensin ya bolehlah diadu hehehehe. Padahal kalau kecelakaan juga sama-sama masalah, sayang juga kan mobil kesayangan jadi ringsek.

Rata-rata mobil sedan keluaran baru apalagi ber cc diatas 2500 memiliki keamanan berkendara paling mumpuni, rem cakram ABS di ke empat roda, kaki-kaki/shocbreaker bagus dan beberapa fitur keamanan didalam interior namun dipakainya pelan-pelan saja. Dari beberapa teman berpendapat, hanya satu yang masuk akal, pendapat paling mantap buat gw disampaikan oleh akang uchen selaku pemilik beskem saung di wilayah bogor, kebetulan akang ini seorang ahli kendaraan roda empat, sampai hapal tipe-tipe mesin. Gw pun berhasil menghapal jawaban dia atas pertanyaan gw selama ini, berikut penjelasan dari akang uchen.

Mobil Baru
Sebenarnya sih bukan alasan takut memacu kendaraan secara maksimal di jalan tol, tapi mobil sedan mewah sekarang lebih kearah elegan dan tampilan wah, keliatan banget dari bentuk mobil tersebut, berbeda dengan mobil yang khusus untuk kecepatan tinggi, dari bentuk body mobil memang khusus untuk kecepatan tinggi. Kalo macam camry, accord dan lainnya sih memang buat kemewahan dan keeleganan. Selain itu, mesin sekarang gak bagus buat terus-terusan dibawa kecepatan tinggi, karena beberapa part mesin sudah dikurangi dalam kualitas bahan, misalnya pemakaian part-part besi atau logam, itu semua sudah dicampur bahan lain biar pemakain bahan besi tidak 100%. CC besar yang digunakan mobil tersebut untuk memacu kendaraan ketika memang dibutuhkan, apalagi sekarang mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang versi matic, kendaraan matic gak cocok buat dipacu maksimal karena bikin mesin cepet kemakan usia. Biaya perawatan untuk turun mesin juga lebih mahal karena disesuaikan part mobil yang baru juga, maka dari itu pemilik mobil baru lebih berhati-hati menggunakan mobilnya.

Mobil Lama
Biarpun CC nya dibawah 2500 namun jangan diremehkan, mobil-mobil lama lah yang cocok buat diajak akselerasi tinggi. Insinyur jaman dulu berlomba-lomba menciptakan mesin handal buat mencabik-cabik aspal jalanan, apalagi di jepang sana waktu tahun 90an kendaraan rata-rata sudah mantab untuk dibawa kecepatan tinggi. Part-part yang dipakai masih terbilang bagus, makanya awet hehehehe… apalagi mobil lama biasanya harga partnya murah namun ada juga sih yang masih tergolong part mahal. Daya tahan mesin mobil lama memang sangat bagus karena memang dibuat untuk akselerasi tangguh, bentuk body dan rangka khusus untuk kecepatan tinggi. Makanya orang-orang yang penggemar balapan dijalan lebih senang beli mobil bekas dibandingkan mobil baru karena mobil baru kurang cocok dipake buat balapan, gak bisa dioprek-oprek banget.

Begitu kurang lebihnya penjelasan dari si akang, sebenarnya ada banyak pendapat yang lebih baik dari sang ahlinya, sayangnya gak ada satupun orang-orang di saung yang bekerja di pabrik mobil hehehehe. Walaupun masih kurang jawabannya, gw menyakini kalau mobil baru keluaran sekarang memang difokuskan untuk kenyamanan, elegan, irit dan memberikan keamanan yang lebih sehingga harganya mahal namun kurang enak buat dipacu secara ekstrim. Gw berpikir, sayang juga ya mobil memiliki cc sebanyak 3000an tapi dipake dibawah 80kpj, sia-sia donk duitnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s