Cerita Singkat

Apakah ABG malu untuk berpuasa?

Bukan sekedar fitnah belaka, gw sering melihat para remaja ngamper siang-siang bulan puasa di tukang es kelapa dengan masih mengenakan seragam sekolah, gilee aje, panas-panas gini emang asik nongkrong di tempat es kelapa tapi ini bulan romadon. Ini pengalaman pribadi gw melihat tingkah anak-anak remaja sekarang yang malu kalau puasa.kebetulan temen gw kagak puasa dan ngajakin gw nongkrong di tempat yg gak jauh ada pedagang es kelapa, ehm… iman gw sedikit goyah ketika si abang es kelapa mulai mecahin itu kelapa buat, air kelapanya muncrat kemana-mana, ia garuk daging kelapanya kedalam termos dan menuangkan es batu sebesar kepala bayi.

Temen gw asik didalam warung es kelapa sedangkan gw berada diluar sambil membaca majalah otomotif, tak lama 3 cewek abg memakai seragam masuk ke warung es kelapa sambil memesan 3 buah kelapa, iseng-iseng mereka mengejak dan sedikit membuat gw geleng-geleng kelapa eh… kepala…

Abg 1 : “bang es kelapa 3”

Abg 2 : “ih lu gak puasa”

Abg 1 : “idih… panas-panas gini puasa, gila kali lu yee…”

Abg 3 : “ah bawel lu pada, nikmatin aja…”

Aneh juga, gw yakin dirumah tuh cewek ngaku puasa, tetapi diluar ia melepaskan dahaga menikmati sajian yg membatalkan puasa. Udara memang panas banget tetapi itu bukanlah menjadi sebuah alasan mereka tidak berpuasa, kalau gw bertanya ke mereka kenapa tidak puasa pasti jawabannya “lagi dapet om…”. mereka bertiga bisa kompak menstruasinya, jangan-jangan beli pembalutnya juga patungan, asal jangan dipake ganti-gantian aja. Temen gw akhirnya kelar nikmatin satu buah kelapa ijo bulat-bulat, maklum temen gw agamanya gak jelas, dibilang non muslim tapi jumat ke mesjid tapi dibilang muslim juga sering makan dan minum yg haram-haram. Biarin aja deh, sapa tahu dia dapet hidayahnya dari gw.

Ketika kita berdua lagi asik-asik ngobrol soal modif motor (kebetulan gw lagi modif motor sama temen gw ini), tiba-tiba lewat 2 remaja abg berseragam SMA tapi yang satunya pakai baju koko, kayaknya ni anak alim, atau memang lagi ada acara pesantren kilat. Ketiga abg tersebut teriak-teriak manggilin kedua pria bau kencur tersebut, tapi yang paling getol adalah abg 1 yang menurut gw dia merupakan setan penggoda paling sakti. Akhirnya 2 cowok baru kemaren sore tersebut mendekati abg 1 dan terjadilah pembicaraan yang menurut gw agak menyedihkan.

Abg 1      : “mau kemana lu (nyebutin nama)?”

Cowok 1 : “pulang lah, lu ngapain disini, bertiga kagak puasa lu yee?”

Abg1       : “ember…. yuk minum es kelapa…”

Cowok 1 : “ah kagak, gw puasa kalee….”

Abg 1      : “ah munafik lu, panas-panas gini puasa.. udah batalin aje, lagian ngapain sih”

Cowok 1 : “dosa tahu kagak puasa”

Abg1       : “gapapa kali, yuk minum es kelapa, enak kok, gw yg traktir deh”

Dan… runtuhlah keimanan cowok 1 dan ia masuk kedalam tukang es kelapa bersama si abg 1, sedangkan cowok 2 berbaju koko yg diam aja sudah duduk manis nyeruput es kelapa milik abg 2. mudahnya para lelaki baru baliq tersebut tergoda oleh rayuan wanita penyamun.

Temen gw tahu kalau diri gw merasa kecewa dengan fenomena ini, maka dari itu temen gw ngajak pindah ketempat yang tidak banyak godaannya. Berjalanlah kita berdua ke tempat bengkel asesoris motor, belanjain asesoris motor gw, daripada gw ikut masuk kedalam sumpek dan nyiumin ketek montir yg sedang bekerja, lebih baik gw diluar bengkel sambil liatin jalanan. Gak jauh dari gw berdiri, gw melihat duo pasang abg lagi asik berjalan, satu pasang normal kayaknya Cuma temen aja, tapi satu pasang lagi kayaknya pacaran karena gandengan tangan, oh god… siang-siang puasa gini gandengan tangan, apakah si cewek tunanetra?, atau si cowok yang minta dituntun karena pupil matanya mengecil?.

Gw jadi flasback menuju jaman-jaman gw SMA, dimana gw mengenakan seragam baju putih bertanda osis coklat dan celana gantung abu-abu (kalau gw bilang sih biru muda). Pada saat puasa tiba, banyak temen-temen gw gak berpuasa, apalagi yang berandalannya, malah pada mabok dipojok kelas sambil nyekek botol air mineral berisi miras. Waktu gw kuliah dulu banyak juga temen-temen gw yang ga puasa, pas bel istirahat malah jajan mie ayam, begonya lagi gw pake nemenin tuh orang lagi. Nasiib nasibbb…. ada apa dengan anak muda jaman sekarang ya?. apakah puasa itu memalukan, ah menurut gw tidak, malah orang yang berpuasa itu keren, karena bisa nahan nafsu serta menjaga sikap dan itu gak semua orang bisa lho tanpa diiringi dengan niat tulus untuk beribadah kepada Allah SWT.

Kalau akhir jaman seperti sekarang, anak-anak muda malah bangga kalau tidak puasa, malah digembar gemborkan kalau dia tidak puasa. Dateng ketemen-temennya sambil bergaya cool dia bilang “duh gw ga puasa ni cuy, makan yuk…”, yang ga puasa aja laper gimana yang puasa ya gan.. kalau yang bener-bener puasa, malah malu ditanyain temen-temennya puasa atau tidak, soalnya kalau ketauan puasa bakal dicengin, “ah sok alim lu” atau “ah… munafik lu, bentar lagi juga buka”, atau “tampang lu puasa beeuuhhh..” atau “yealah lu hari gini nyiksa diri”. Padahal kalau mereka mau merasakan orang-orang yg kurang beruntung, puasa itu adalah hal biasa, sedangkan dapet makan itu hal yang luar biasa. Banyak orang yang tidak beruntung menahan lapar, daripada lapar mereka sia-sia mendingan mereka berpuasa.

Lagian juga mereka para remaja apa tidak merasa sia-sia ya bangun sahur, makan bersama keluarga sambil ngucapin niat, tidur dan bangun udah niat gak pengen puasa. Atau benar-benar niat puasa tapi jadi batal karena bujuk rayuan ceweknya untuk bermesraan dan batalin puasa. Kebanyakan kaya gini lho, gw aja pernah liat cewek yg ngerengek-rengek buat cowoknya batalin puasa, biar bisa ditraktir makan. Bukan bermaksud menyudutkan siapa-siapa yang salah, toh… kalau emang niat lahir batin untuk menjalankan ibadah puasa. Godaan kaya apapun juga tidak akan gampang terpengaruh, akan terus menikmati ibadahnya walaupun agak berjalan pincang akibat menahan nafsu berlebih. Orang yang berpuasa kalau tidak mengikuti aturan main berpuasa juga sama saja bohong, hanya menahan haus dan lapar, dan itu saja yang ia dapat serta sebuah pahala yang sedikit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s