Puasa… apakah hanya menjadi orang baik sebulan?

Posted on

Tidak terasa gw udah puasa lagi, Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan gw menikmati bulan Ramadhan. Puasa buat yang sudah terbiasa menjalani tidaklah berat, bahkan menjadi hal yang tidak luar biasa. Kalau buat gw sendiri, menahan haus dan lapar itu juga udah biasa karena gw sendiri orangnya suka menunda-nunda makan dan minum maka jangan heran tubuh gw kering kerontang tapi tetap sehat dan bugar. Kalau di bulan puasa pasti ada suasana yang berbeda, warung-warung cukup banyak yang tutup dan ketika sore hari menjelang buka puasa, banyak pedagang panganan berbuka puasa seperti aneka kolak, es buah dan sayur matang langsung memenuhi pinggiran jalan.

Belum lagi pedagang kembang api atau petasan yang tidak jera menjajakan dagangannya dengan cara sembunyi-sembunyi, padahal sudah sering kena razia, namun ibarat karat pada besi, akan terus ada dan ada lagi walaupun sudah dihilangkan kecuali pabriknya dibumi hanguskan. Mall-mall jadi lebih padat pada jam-jam mau menjelang berbuka puasa dan masjid-masjid yang biasanya sepi akan jama’ah kini kian ramai pada bulan-bulan puasa tetapi situasi seperti ini tidak akan bertahan sampai akhir ramadhan. Seperti halnya solat tarawih, pada awal-awal tarawih para jama’ah terburu-buru berangkat ke masjid untuk memperebutkan tempat untuk sholat namun ketika tarawih memasuki pada malam ke 20 sampai malam ke 30, para jama’ah tidak perlu terburu-buru karena sudah tidak dipadati para pencari pahala di bulan puasa, bahkan terbilang sepi akan saft nya.

Orang-orang berlomba berbuat kebaikan, rajin beramal dan membaca ayat suci Al-Qur’an bahkan ada juga yang menjadi dermawan dadakan dengan sering-sering mengadakan buka bersama secara gratis. Fenomena ini hanya ada dibulan puasa, setelah itu lenyap seperti tidak pernah terjadi apa-apa. Gw sendiri pernah membaca sebuah postingan disebuah forum terbesar didunia, postingan forum tersebut berisikan tentang keanehan umat Islam, mengapa umat islam menjadi seperti munafik, ketika bulan ramadhan mereka menjadi seseorang yang menjelma seperti malaikat, terus menerus berbuat baik namun ketika bulan ramadhan usai, mereka kembali menjelma seperti iblis dengan melakukan maksiat serta hal-hal yang merugikan buat diri mereka sendiri. Ternyata banyak member dari forum tersebut marah-marah serta mencak-mencak si pemilik postingan itu, gw sebenarnya juga marah namun apa yang dia katakan itu benar dan gw juga berpikir seperti itu, apalagi dia juga membahas para pelaku razia maksiat yang hanya bekerja pada bulan puasa sedangkan ketika diluar bulan puasa, mereka para perazia tertidur hingga puasa tahun depan.

Pantas saja, guru ngaji gw pernah berandai-andai jikalau bulan-bulan biasa seperti bulan puasa, niscaya kehidupan ini bakal tentram. Tapi kalau menurut gw jika setiap bulan adalah bulan puasa, niscaya orang-orang banyak yg sakit diabetes karena sering mengkonsumsi gula. Memang kenyataannya seperti itu, gw sendiri tidak menampik kalau gw merasa berat hidup diluar bulan puasa, gw jadi lebih mudah marah, gampang tergoda oleh duniawi dan secara sadar gak sadar melakukan banyak dosa. Susahkah sifat-sifat kita dibulan puasa dibawa ke bulan-bulan lainnya?. sebenarnya gampang, tapi godaannya yang memang susah ya, ehm… bagaimanapun setiap manusia menginginkan hasil yang terbaik tetapi kalau setiap manusia tidak bisa berkerja sama dalam berbuat kebaikan, dipastikan hal tersebut sulit. Ibarat benda seperti gear dan rantai, kalau gearnya bagus maka rantainya juga akan bagus tapi kalau gearnya saja sudah jelek, pasti suatu saat rantai tersebut akan putus.

2 thoughts on “Puasa… apakah hanya menjadi orang baik sebulan?

    bintangzohra said:
    11 Agustus 2010 pukul 2:30 am

    selamat berpuasa

    wewhycool said:
    23 Agustus 2010 pukul 8:38 am

    gambarnya kayak pernah liat…
    dimana ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s