Catatan Kecil, Komputer

Friendster… Nasib mu kini…..

Masih ingat friendster?, mungkin teman-teman yang sering menggunakan jaringan internet baik dirumah maupun diwarnet bahkan numpang online di kantor atau kampus pasti pernah melihat situs jaringan sosial bernama Friendster. Gw juga punya lho, kemaren malam coba-coba mengingat website apa yang dulu sering gw buka bahkan bela-belain ke warnet, akhirnya gw sadar kalau salah satu website yang gw buka adalah Friendster. Mencoba eksis kembali ke tempat itu, ternyata tampilannya sudah berubah banget dan tidak lagi didominasi warna biru melainkan sekarang berubah menjadi dominasi warna hijau muda. Mungkin pemilik friendster ingin mengkampanyekan Go Green, atau memang mereka sadari kalau warna hijau itu menyehatkan mata.

Format dari Friendster juga sudah berubah banget, lebih mirip facebook karena bisa update status dan teman-teman yang lainnya bisa berkomentar layaknya FB, namun yang membedakan adalah kita masih bisa kirim komentar di dinding profil teman kita dan tidak terpublish di halaman umum seperti kita menulis dinding di fesbuk orang lain. Seru juga sih melihat format terbaru dari Friendster, namun sayang para pengunjungnya sudah mulai sepi dan beralih ke fesbuk. Sepertinya friendster kalah telak, padahal FS (Friendster) sempat booming ditahun 2005 hingga 2008, saking boomingnya warnet-warnet sempat menuliskan kata Friendster di dinding dan pintu masuk warnet sebagai ajang promosi.

Gw ingat waktu jaman-jaman gw kuliah di kampus biru, sambil belajar kita sambil FS-an, kayaknya kalau sehari gak buka FS rasanya seperti memakai celana dalam yang sudah berbulan-bulan tidak diganti. Dosen lenggang, maka muridpun tenang bermain FS tanpa tegang. Kalau kita chatting dengan MIRC pasti lawan chatting kita sering nanyain FS kita “hi, FS qmu Apa?” dengan begitu kita bisa melihat wajah si lawan chatting kita ya terkadang lebih sering bohongin kita ketika menampilkan profile di FS lewat MIRC yang ternyata itu punya orang lain. Kalau kita sedang berkenalan dengan teman baru juga kita sering ditanya FS kita apa, andai tidak punya FS rasanya kita seperti manusia yang bertahun-tahun tinggal di Hutan bahkan orang IT tidak bakal dikenal sebagai orang IT kalau tidak mempunyai FS. Satu kelebihan FS adalah kita bisa merubah tampilan profile kita dengan beberapa bahasa web serta php, dengan begitu sedikit-sedikit atau sadar dan tidak sadar para pengguna FS jadi mengenal yang namanya bahasa pemograman website.

Gw sendiri sudah beberapa kali bereksplorasi menggunakan coding-coding php dari FS untuk merubah tampilan, lambat laun gw jadi memahami dengan pemograman serta koding-koding bahasa website. Sungguh sangat positif kan, andai saja FB mempunyai fitur seperti itu ya memang sih FB bisa merubah tatanan halaman profil kita tetapi caranya tidak mudah seperti FS. Gw jadi teringat waktu dosen php marah-marah sama gw ketika gw ketahuan buka FS untuk balesin komentar, ternyata si dosen juga punya tuh friendster dan mau gak mau gw harus add friends si dosen biar gak di omelin lagi. Belum lagi temen sebangku gw yang bernama kosim sangat keranjingan buka FS sampai bela-belain nyari nomor IP yang kagak kepake karena IP addressnya dia diblock oleh server kampus akibat ketahuan sering buka FS.

FS sebenarnya sudah bangkrut namun dibeli oleh salah seorang pengusaha disingapura, ehm itu berita sih menyebutkan seperti itu, mohon maaf kalau salah. Akibat dari pembelian tersebut, tampilan FS jadi berubah drastis dan siap menyaingi FB namun sayangnya orang-orang sudah tidak tertarik untuk melongok FS. Terbukti dengan sepinya pengunjung yang mengunjungi web ini bahkan gw akan dicap jadul kalau masih memberikan alamat FS gw ke orang-orang padahal FS itu tidak ada sangkut pautnya dengan zaman. Sekarang saja yang main MIRC masih banyak kok, padahal itu kan zadul… malah terkenal dengan aplikasi yang sering mengirimkan virus via online. Biarpun FS sudah sepi pengunjung tetapi masih eksis dan tetap asik dimainkan kok, mungkin kalau FB benar-benar akan menjadi situs yang berbayar, ya siap-siap saja FS kebanjiran pengunjung lagi seperti dahulu kala. Kalaupun FB gratis selamanya, siap-siap akan ada tandingan baru yang lebih fenomenal dari FB….

Tinggalkan Balasan

