Bisnis Online

Posted on

 

Sekarang lagi tren untuk membangun website dagangan, mulai dari yang menggunakan blog gratisan sampai beli domain namun kebanyakan orang masih belum bisa mempromosikan, sebenarnya bisnis online itu mudah kok yang penting kita punya barang yang akan dijual dan bisa memberikan harga yg bersaing. Menurut gw, membuka usaha secara online adalah cara yg jitu, apalagi jaman skarang orang2 banyak yg mobile, dikit2 main internet di hape atau BB nya. Apalagi sekarang harga internetan murah dibandingkan jaman-jaman komputer pentium 3.

Gw mau sharing aja buat teman-teman yang ingin menjalankan bisnis online, namun selebihnya gw minta maaf kalau ilmu yang gw bagi ternyata kurang, maklum ini gw dapet dari pengalaman gw sendiri aja dalam membangun bisnis online. Walaupun jadi karyawan kita harus berpikir cerdas dalam mengolah uang gaji kita agar bisa menjadi keuntungan besar, klo Cuma mentok manfaatin gaji kerja, niscaya ya segitu-gitu aja hasilnya. Kita kenalin dulu media-media yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis online.

Website
sudah barang tentu website adalah tempat untuk mencari sesuatu dan menghasilkan sesuatu. Klo kita membangun website bisnis didunia maya tak berbeda arti seperti kita membuat warung didunia nyata. Warung yang kita punya harus enak diliat, bersih dan bisa membuat orang penasaran hingga mampir ke warung kita, begitu juga dengan website. Sayangnya, harga website yg kita buat gak gratis, kita harus beli domain servernya dulu, harganya bersaing kok, ada yg murah ada pula yang mahal, sisanya tinggal kita atur template hingga tujuan kita membuat website tersebut. membuat bisnis online dengan website menurut gw lebih eksklusif (beginikah nulisnya?), apalagi kalau nama domainnya gampang kita ingat sehingga ketika kita promo nama web tersebut, orang-orang bisa langsung hapal dan mengunjungi web kita.

Blog
siapa yang tak mengenal blog, para penselancar internet pasti sering denger nama ini dan bahkan tak sedikit yang sudah mempunyai blog, bagi para penulis ini adalah hal wajib untuk media menulisnya. Blog juga bisa kita ubah isinya menjadi bisnis online, kita bisa mengisi tulisan2 blog kita dengan dagangan, apalagi blog itu bersifat gratis, hanya saja… embel-embel macam blogspot, wordpress, myjurnal, blogsome dan lain-lain sungguh mengganggu. Karena nama blog kita misal : bisnisku, akan menjadi bisnisku.blogspot.com. nah ini yang membuat orang-orang suka lupa nulis embel-embel server blog kita sehingga gak bakal bisa masuk-masuk deh. Selain itu, desain atau template blog tidak bisa kita setting bebas seperti kita membuat website, ya walaupun theme-theme yg disajikan banyak dan kita bisa milih.

Situs Jejaring sosial
jangan Cuma mainan fesbuk aja, kasih-kasih status dudul nan norak ya kalau buat lucu-lucuan sih gapapa tapi kalau Cuma mau pamerin kemesraan layaknya orang yg baru jatuh cinta lebih baik hentikan dan lakukan yg berguna. Situs jejaring sudah seperti gorengan, laris manis, tiap hari 1000 member baru terdaftar mulai dari twitter, Facebook, MySpace, NetLog sampai Adandu, oh iya Friendster juga ada (hehehehehe gw lupa pernah mainin ini). Situs jejaring ini gratis sob, kenapa gak kita lakukan buat promosi saja. Ketika kita lagi ada barang dagangan, silahkan kita promosikan di fesbuk atau twitter, mudah dan nyaman. Walaupun promo kita di situs jejaring ini sangat terbatas karena setiap ada status baru otomatis status kita bakal lenyap dari situs jejaringan akibat terhimpit status status lainnya. Ya daripada buat yang gak jelas mendingan dibuatkan yang bisa bermanfaat dan menghasilkan.

Chatting
ini adalah media terakhir kalau kita ingin mempunyai bisnis online, tetapi kita bakal seperti sales. Mula-mulanya kita chatting dengan orang yg kita kenal atau tidak, basa basi nanya hal yg menurut kita seru dan akhirnya “boom” kita nawarin barang. Sukur-sukur orang tersebut tidak langsung sign out dan ngecap kita berdagang (padahal sih iya). Ada rasa sakit hati gimanaaa gitu, lebih baik kita promosikan kepada orang yang kita kenal saja supaya orang tersebut mengerti akan tujuan kita.

Oke, setelah kita mengenal media-media online yang telah gw utarakan, sekarang ke bagian transaksi. Sebenarnya transaksi di dunia maya itu mudah kok, namun ada resiko-resiko yang kita harus terima, sama saja dengan berbisnis didunia nyata, pasti ada resikonya. Kalau kita pintar-pintar bertransaksi niscaya bakal aman-aman saja kok, selagi pembeli yang kita tahu adalah seseorang yg kita percaya, gak mencla-mencle maunya dan tidak mencurigakan. Berikut jenis-jenis transaksi dalam berbisnis Online :

C.O.D
singkatan dari Cash On Delivery, dimana barang yg dipesan pembeli akan dibayar ketika barang sudah sampai ke pembeli. Istilahnya kita nganterin tuh barang ke pembeli, abis itu dibayar deh. Resikonya adalah kalau kita udah capek-capek nganterin tuh barang ke pembeli, eh gak tahunya sang pembeli gak jadi beli dengan alasan barang yang kita jual gak cocok dihati, udah capek disengat matahari, bensin dan haus pula. Tips nya, kalau bisa antara pedagang dan pembeli harus sama-sama bertemu ditengah-tengah daerah, misal pedagang dibekasi dan pembeli di depok, ketemuannya di senayan saja, nah ditengah-tengah kan. Daripada kita ke depok, udah jauh, belum tentu barang nya jadi dia beli. Atau sang pembeli yang datang ke daerah kita, tidak perlu sampai kerumah kita, cukup kita bertemu ditempat mana gitu, biar transaksinya enak dan nyaman.

Transfer
biasanya pembeli mentrasferkan sejumlah uang sesuai harga barang kita ke rekening kita/pedagang, abis itu kita tinggal kirim paket barang ke alamat pembeli melalui jasa pengiriman seperti Tiki, FDX, DHL atau kargo. Transaksi ini mudah, karena pembeli hanya transfer duit saja dan tidak perlu capek-capek ketemuan atau menunggu si pedagang datang kerumah. Resikonya, barang yang kita kirim ternyata tidak nyampe-nyampe atau barang tidak sampai pada alamat tujuan akibat sang pembeli tidak mencantumkan alamat dengan benar. Hingga akhirnya kita cek cok sama pembeli, padahal bukan kita yang salah, bisa juga karena dari jasa pengiriman yang salah, resiko seperti barang rusak saat sampai dirumah pembeli sering terjadi, akibat keteledoran si jasa pengiriman, maka dari itu pilihlah jasa pengiriman yg benar-benar terpercaya. Jangan lupa bukti kita mengirim barang via jasa pengiriman jangan dibuang, simpan baik-baik buat bukti kita terhadap pembeli bila terjadi apa-apa.

Transaksi Online
biasanya di website ada fasilitas transaksi online, aplikasi ni mudah didapat dan di instal, tinggal bikin menu untuk transaksi dan beres. Calon pembeli tinggal masukin rekening dia plus pin untuk bertransaksi namunhal ini sangat-sangat riskan kejahatan hacker. Lebih baik jangan, kalau mau transaksi via ATM saja karena lebih aman, kalau gak mau via ATM, bisa juga via bank. Skali lagi, jangan pernah buang bukti transfer sampai barang tersebut benar-benar datang kerumah pembeli.

Okelah, sedikit sharing dari saya, semoga bisa membantu, kalaupun ada kekurangan ya dimaafkan lah. Sedikit tips, untuk promosi web atau blog kita, bisa dengan cara sambil kita ngirim email atau chatting kepada rekan atau sahabat kita, tidak perlu ada embel2 aneh cukup cantumin alamat web/blog kita saja niscaya orang tersebut akan penasaran dan membukanya. Lebih gila lagi, kita bikin stiker bertuliskan nama blog/web kita, nah tempelin ke mobil atau motor orang tapi jangan sampai orang lain tahu, jangan nempel di tembok ya karena merusak keindahan kota. Selamat berbisnis….

2 thoughts on “Bisnis Online

    topseykreetz said:
    9 Maret 2010 pukul 7:39 am
    randa said:
    23 Maret 2010 pukul 7:37 pm

    jadi minat dagang online…kira2 enaknya dagang apa ya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s