My Word

Facebook bisa jadi merugikan

Kayaknya fesbuk udah jadi kebutuhan primer didunia maya selain membuka email, bahkan email udah jarang dibuka karena lebih sering kirim surat via fesbuk. Sampai gw liat ada iklan kursus cara bermain fesbuk, lucu juga, fesbuk aja ampe ada kursusnya, mungkin biar dapet gelar king of facebook. 85% manusia usia produktif di Indonesia mempunyai akun fesbuk, dan sisanya tidak atau belum mengenal fesbuk bahkan ada yang tidak mau kenal fesbuk. Bermain fesbuk juga ada rugi serta untungnya, sangat disayangkan kalau fesbukkan Cuma membawa mudharat atau hal yg sias-sia saja. Apa aja sih ruginya fesbuk :

1. Pamer kekayaan
Banyak fesbukker yg sering memasang status memamerkan kekayaan, baru beli mobil atau blackberry baru, terkesan hanya dia yang punya, ini ga ada manfaatnya banget, justru malah menimbulkan kesombongan. Lebih baik apa yg kita punya jangan pernah di umbar, cukup disimpan saja biar orang yg tahu dengan sendirinya.

2. Menyuarakan Aib
Disakiti teman, dijelekkin sahabat sampai benci orang tua di suarakan via fesbuk. Niatnya mau curhat, tapi semua orang bakal membacanya dengan tidak sengaja. Akhirnya kejelekan keluarga menjadi terbaca. apa tidak malu kalau sampai temen2 kita tahu, justru bisa menjadi senjata makan tuan.

3. Menjelekkan Kawan dan menjadi lawan
Kalau lagi benci sama seseorang langsung dihina hina via fesbuk, kenapa tidak didepan orangnya saja. Justru lebih terlihat gentle dan pemberani. Apa lagi kalau sampai memakai kata-kata kotor dan cacian, kalau orang itu tahu, dia bisa saja lapor ke pihak berwajib dengan dakwaan mencemarkan nama baik, so hati-hati lah menghina kawan dan lawan.

4. Berdoa di Fesbuk
Memang terdengarnya sangat baik menulis doa distatus tetapi terkesan riya dan pamer doa, klo berdoa untuk kebaikan semua sih tidak apa2 tapi kalau untuk kepentingan diri sendiri lebih baik dalam hati saja, jgn sampai doa kita diketahui org lain, cukup dalam hati saja.

5. Mengumbar kemersraan
Sebenarnya sih tidak salah kalau kita ingin menampilkan diri betapa harmonisnya hubungan kita dengan pasangan, tetapi alangkah baiknya di sms saja, tidak perlu perhatiannya di tulis di fesbuk, aneh rasanya, dan dilihat orang jadi lebay, malah terkesan baru kenal yg namanya pacaran. Apa tidak malu kalau diejek orang lain ketika menuliskan status yg berbau perhatian kepada pasangan.?

Sebenarnya masih banyak kerugian yg kita dapat dalam fesbuk, terkadang membuat kita jengkel sendiri melihat mereka yg menulis status yg tidak penting atau terkesan pamer, namun inilah dunia maya, semua bebas berkata namun kita mesti tahu aturan, jangan sampai menyesal karena fesbuk.

Iklan

7 thoughts on “Facebook bisa jadi merugikan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s