Cerita Singkat

BERANGKAT MUDIK

berangkat mudik bro....

Dalam jadwal tahunan ini tidak ada jadwal buat mudik, yang ada abis lebaran banyakin tidur hahaha, udah lama gak tidur panjang, namun apa mau dikata, jadwal mudik dadakan dikeluarkan seorang bokap dirumah. Ia langsung mengeluarkan surat keputusan untuk menjalankan perjalanan mudik abis solat ied, keputusan itu pas dikeluarkan ketika takbir disore hari dikumandangkan, layaknya peringatan perang sejak dini. Jadwal halal bihalal gw jadi kacau balau, harus skejul ulang rencana kedepan. Kali ini sudah dijadwalkan mudik dari hari minggu sampai Rabu, dengan rute singgah Bekasi – Gombong – Pureorejo – Jogja – Bekasi.

Habis solat ied gw langsung mampir ke anak-anak karang taruna komplek gw buat salam-salaman dan cepika cepiki hufff….., abis itu ngibrit kerumah, masukin barang kemobil dan siapin mobil agar siap sedia diperjalanan namun jadwal berangkat pukul 8 harus ditunda karena harus menunggu mertua abang gw datang buat silaturahmi. Akhirnya jam 10 berangkat menuju kampung halaman, yang ikut Cuma gw sama bokap gw doank, berdua saja cukup namun ada tambahan tetangga yang ikut sampai cirebon karena ada berita duka cita mendadak disana, ya wis… aku tak jadi selonjoran.

tol baru nih di jateng

Diperjalanan tidak ada yang menarik, hanya orang-orang mudik naik motor dengan bawaan yang gak safety, mirip tukang kapuk yang pake sepeda, fyuuhh…. gila-gila, mendingan naik umum aja daripada motor ditutupin barang bawaannya gitu. Perjalanan lancar, gak ada macet berarti dan gak ada banci yang ngamen dari mobil ke mobil, apalagi gw mencoba tol baru tapi gw lupa daerah mana, nongol-nongol itu brebes, lumayan tuh tol masih bagus walaupun belum ada marka dan bayar 3500 sampai habis. pas makan siang, kita jajal makan makanan padang dipantura yang katanya murah meriah eh taunya mahal meriah, rasa lauk gule ayam sama sayur nangka gak beda jauh, asin-asin.

restoran padang yg katanya murah tapi mahal

Tuh menu gak ada murah-murahnya, padahal motto direstoran ini adalah “terkenal karena murahnya” tuh motto dibuat tahun kapan, kok jadi mahal banget, makan berdua saja udah kayak makan berempat padahal gw Cuma makan sama ayam bakar satu potong plus cincang, kok hampir 40rebu ya, gilaaaa…..

Makan malamnya kita nyari-nyari restoran yang okeh, atau yang belum pernah dimakan sama kita-kita. Pas masuk daerah banyumas, ada beberapa warung mie dengan tulisan mie nyemek, ati-ati nyebutin namanya bisa salah nyebut jadi…. uhui… karena penasaran gw makan disana, padahal gw pengen makan dipringsewu, penasaran banget sama ni restoran. Terkenal sepanjang jawa dengan makanannya yang enak dan lumayan murah katanya. Mie nyemek, gw kira mie apaan, eh tahunya Cuma mie rebus dengan ciri khas mie nya lebar kaya kwetiau plus telur orek yg gede-gede banget. Rasanya sama dengan mie rebus yg nyokap masak, ah gak ada bedanya. Gw kira mie kaya mie aceh, atau mie ramen dengan kuah kari. Ehm…. cukup rame dikunjungi, mungkin mereka gak tahu klo nyokap gw bikin mienya enak dari ini….

hotel 80ribu/malam

Karena kita berangkatnya rada siangan, jam 9 malam baru sampai kebumen, walah perjalanan masih 2 jam lagi menuju purworejo, mata sudah ngantuk berat melihat siapa diri gw saja sudah susah minta ampun. Akhirnya diputuskan mencari penginepan, satu persatu hotel diudak, semua sudah full, gak ada tempat buat kita-kita ini, pasrah dengan hotel terakhir, dan Alhamdulillah dapet dengan harga sewa 70ribu/malam, bukan hotel esek-esek macam melati melainkan hotel kecil dengan fasilitas lumayan, masih baru lagi. Kasur baru, kipas angin baru plus kamar yg masih rada-rada bau cat hahahaha karena baru.

hotel murah dan bagus

Sebenarnya harga sewa kamar gak segitu, makanya gw rada curiga kok murah banget, eh tahunya kamar tersebut sebenarnya gak disewakan, udah ada yg boking namun karena muka kita sudah bengap butuh tidur maka pihak hotel dengan rasa iba memberikan satu malam untuk kita dengan tarif setengahnya saja. Kitapun langsung tidur lelap, groook….. groookkk………

Pagi-pagi sekali melanjutkan perjalanan ke purworejo, jam 6 udah teng go, sembari makan serabi kita berangkat melanjutkan perjalanan yang mirip dua orang kriminal ini. Jam 8 pagi sampai juga di kampung, Purworejo, kecamatan Banyu urip, desa sumber sari, dusun sumberan. Disini sejuk, kanan kiri hamparan sawah yang luas bukan main tapi sayang lagi kering. Setelah salam-salaman sama nenek, om, pakde, bude, pa’lek, bu’lek, plus nyekar ke makam abang gw, langsung tidur siang deh ngantuk abies…. kangen juga sama Almarhum abang gw, udah setahun ga nengokin makamnya, dalam mimpi dia pengen banget dikunjungin sama gw dan nyokap tapi nyokap gak bisa ikut mudik karena sedang datang bulan dan bawaannya stress liat macet.

halaman rumah nenek di poerdjo
kebun kelinci

Selama disana gw Cuma keliling2 kerumah sodara, agak capek juga sih tapi gw senang karena bisa kenal sodara-sodara gw kaya apa bentuknya. Dikampung nenek gw ada kandang kelinci lho, isinya badak hahaha, ya kelinci donk, banyak banget deh, ada kali 30an, ada yang masih orok, bayi, remaja hingga pasutri. Selain itu acara narsis di desa tak bisa terelakkan, sebenarnya gw mau foto-foto ditengah sawah eh belum nyampe tengah sawah ada anjing yang menatap lapar…. seakan ingin memperkosaku.

narsis dihutan bambu

Ah gak jadi, balik lagi deh kerumah nenek, takut…. pas main dihutan bambu kuning gw rada kena bisikan-bisikan aneh, gimana gak kena bisikan gw main dihutan bambu belakang rumah nenek gw pas mau magrib ya wajar, ah pulang saja daripada gw diculik genderuwo.

Malam hari kerjaannya online, untung sinyal disini udah bagus, ga kaya dulu yang sinyalnya lilahi ta’ala. Gw bisa update status fesbuk, baca blog di adandu dan main surat di netlog. Maklum televisi udah dijajah sama om gw yang hobi nonton acara daerah, gak ada komputer Cuma ada akuarium. Klo ada gitar, pasti gw udah nyiptain lagu yang sangat banyak, mulai bergenre rock, pop, metal, imo hingga gambang kromong.

ini kakek angkat gw...

Hari selasa gw ke gombong, seharusnya pas berangkat ke gombongnya biar sekalian lewat namun udah malam gak enak kerumah kakek angkat gw malam-malam. Kangen tak terbendung ingin bertemu kakek angkat gw, dia yang memberikan nama gw, waktu lahir niat bener nungguin gw nongol ke dunia yg fana. Sayang, alamatnya gak jelas, alhasil nyasarpun tak terelakkan, dari jam 2 siang berangkat, nyampe gombong jam 5, mirip perjalanan mau pulang, lama banget. Disana isinya sapi melulu, serasa di india, udah gitu penuh pasir pantai karena 1km lagi ada pantay yg indah lebih dari ancol indahnya. Mantaplah. Sayang, gw Cuma ½ jam berada disana karena harus pulang ke purworejo lagi, ditunggu sodara yang dari lampung.

Sebelum sampe kampung lagi, kita makan sop buntut di alun-alun purworedjo, udah 3x makan sop buntut, tenaga gw sangat maksimal buat kegiatan yang berkeringat hahahhaha. Lagi enak-enak menikmati malam di purworedjo, gw dapat kabar buruk, di jogja penginapan full, tinggal hotel berkelas melati saja, ah sial….. diputuskan gak jadi ke jogja, kalao pun bolak-balik memakan waktu banyak, macet dan terhimpit oleh perasaan bete. Lain kali saja kesananya, sekalian main ke candi borobudur……:(

makam abang gw

Mau tak mau besok rabu udah harus pulang ke bekasi, mengingat acara kumpul-kumpul teman lama dihari kamis udah disonding. Hari jumat mau nyebarin pesanan teman-teman dari kampung, buat yg gak dibagi mohon maaf banget ya cuy, lagian gak minta sih, coba minta ya dikasih donk…..