Tips mudik menggunakan sepeda motorMudik

Posted on Updated on

MUDIK-SBY-leadsudah menjadi bagian fenomena naluri warga Indonesia khususnya para penghuni pulau jawa. Rasa rindu dan kangen terhadap sanak saudara ditinggal rantauan memang tidak bisa terbendung. Tidak ada salahnya bila seseorang melakukan kegiatan mudik, didukung libur panjang dan uang THR dari kantor menjadikan mudik lebih terasa wajib ketimbang pulang kampung dihari biasa. Tahun ini diperkirakan jumlah pemudik dengan sepeda motor masih cukup tinggi, namun kewaspadaan dan pengetahuan safety riding pemudik masih lemah sehingga banyak kecelakaan yang terjadi di hari min lebaran atau setelah lebaran. Berikut tips-tips mudik dengan sepeda motor, Insya Allah bila mengikuti tips ini para pemudik aman dan selamat sampai tujuan. 

1. Periksa Kendaraan
Pemeriksaan kendaraan tidak hanya dari segi penampilan saja, coba cek spion, sein, lampu, hingga rem serta gas kendaraan. Usahakan motor dalam keadaan siap untuk pergi jauh, ganti oli dengan yang baru ketika akan mudik dan jangan lupa periksa kembang ban, apabila sudah tipis mohon segera diganti. Rem motor pun perlu dijaga agar selalu dalam kondisi pakem, apabila gear atau rantai sudah haus lebih baik diganti segera. Air aki pun jangan sampai lupa, isi ulang dengan benar agar kelistrikan motor tidak terganggu.

2. Buang Asesoris yg tidak berguna
Untuk para modifiker, motor standar itu adalah aib, namun bila motor yang telah dimodif penuh asesoris dan akan digunakan untuk mudik diharapkan untuk melepaskannya. Seperti mp3 player, lampu-lampu diluar standar pabrikan dan klakson-klakson yang berlebihan. Pelat-pelat besi yang ditempel sebagai hiasan pada bagian motor bila perlu dilepas agar tidak mengganggu handling. Kita harus menjaga kelistrikan sepeda motor harus fit, tidak terjadi konsleting listrik. Motor standar pabrikan lebih baik dipakai jauh karena sudah diperhitungkan oleh insinyur pabrikan motor untuk dipakai dalam perjalanan jauh.

 3. Bawa Beban Seperlunya
Tidak perlu memaksa mengikat barang dikanan kiri atas depan belakang, yang nantinya hanya mengganggu kestabilan motor, motor tidak sama dengan mobil. Bawalah barang penting seperlunya, bila ingin membawa oleh-oleh, lebih baik dibeli ketika akan sampai di tujuan. Banyak pemudik kecelakaan akibat beban berlebih. Bila perlu pasang box yang memang khusus untuk sepeda motor daripada memasang dengan tali dan tidak rapih, sewaktu-waktu bisa lepas dijalan dan membahayakan pengendara lainnya. Usahakan tidak membawa boncengan lebih dari satu, motor anda bukan mobil keluarga, lebih baik naik angkutan umum daripada memaksa untuk mudik dengan penumpang lebih dari dua.

4. Safety Gear
Gunakan sepatu yang tebal agar kaki anda aman dari injakan sepeda motor pemudik lainnya, sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari sengatan matahari dan kotoran. Helm yang berstandar keselamatan motor, jangan helm catok, minimal Half Face dengan sertifikasi SNI. Untuk boncenger juga perlu helm yang baik bukan helm catok. Jaket tebal dan pelindung dada bila perlu.

 5. Kunci-kunci Pas
Bawalah selalu kunci-kunci pas untuk motor anda, siapa tahu terjadi trouble yang menuntut anda harus membenahi kerusakan tersebut. Kalau anda mengerti penyakit motor usahakan tidak terlalu mengandalkan bengkel, takutnya nanti malah timbul masalah baru dimotor anda. Apabila terjadi gangguan pada motor anda, segeralah menepi dan cari tempat yang aman agar tidak terjadi kejadian perampasan sepeda motor. Bawalah kunci-kunci standar untuk membuka kopling, busi, gas, mur-mur body dan untuk mengencangkan rantai.

6. Bawa Cadangan Spare Part
Untuk mengantisipasi bahaya, lebih baik anda membawa cadangan spare part yang penting saja seperti kabel kopling, kabel gas, lampu depan dan busi. Tidak perlu membawa piston atau crank case cadangan. Jangan lupa juga membawa kunci pasangannya agar bisa terpasang dengan mudah. Bawa juga pelumas rantai dan pembersih busi agar motor anda selalu fit siap hadapi jalur mudik yang panjang.

7. Surat-surat lengkap
SIM, KTP, STNK Perlu dibawa, kalau mau silahkan membuat surat jalan dari kapolres setempat. Jangan lupa beritahu orang-orang terdekat bila anda akan berpergian mudik, selain itu selalu berikan kabar informasi selama anda berada dalam perjalanan.

 8. Stock Makanan, obat-obatan dan minuman
Membawa minuman untuk perjalanan anda sangat penting, belilah disupermarket yang terpercaya, bawa secukupnya dan belilah air mineral yang banyak agar anda tidak dehidrasi. Snack-snack seperti roti juga perlu dibawa agar perut anda tidak kosong selama perjalanan. Apabila anda mengalami sakit, segera beristirahat sambil minum obat yang dibawa, jangan pernah mau diberikan obat oleh orang yg tak dikenal. Sedia selalu obat masuk angin, pengendara motor sangat rentan masuk angin apabila perut kosong.

 9. Istirahat
Tiap 1 jam sekali anda perlu istirahat minimal 15 menit, turun dari motor dan olahraga kecil agar otot-otot anda tidak kaku dan mengalami nyeri. Apabila anda sangat letih, silahkan istirahat di masjid, pos polisi atau pom bensin yang ramai. Jangan terburu-buru ingin sampai, yang penting anda selamat sampai tujuan. Jangan biarkan motor anda terus berjalan selama berjam-jam karena kendaraan anda pun butuh istirahat agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

 10. Selalu berada dikeramaian
Bila anda bertemu dengan rombongan pemudik, usahakan untuk bergabung dengan mereka, namun jangan sampai kehadiran anda menganggu perjalanan. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa aman diperjalanan, kalaupun ada trouble ada yang membantu anda. Saling berbagi kepada mereka selama perjalanan dan tetap waspada oleh orang sekitar agar anda selamat sampai tujuan dan kembali dengan aman.

 

SELAMAT MUDIK, JANGAN LUPA BERDOA YA…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s