Mall Bekasi ku dulu dan kini

Posted on

Bekasi, sekarang bekasi udah menjadi kota metropolitan, dimana-mana gedung bertingkat mulai menjamuri sudut-sudut kota. Sekarang Bekasi punya segitiga emas dimana daerah tersebut banyak terdapat mal mal yang begitu megah dan selalu ramai tak kenal sepi pengunjung. Kebetulan saya penduduk lama di Bekasi, pokoknya lama banget deh, dan menjadi saksi atas pembangunan kota Bekasi khususnya Pekayon.

Kalau anda pernah mampir ke bekasi pasti dimanjakan dengan mall mall yang berdiri gagah dengan pelataran luas sehingga membuat kita ingin berkunjung belanja dan menikmati segalanya. Bekasi dulu dan sekarang memang beda, dulu kita nyari apa-apa susah harus ke Jakarta tetapi sekarang mau cari barang yang di Jakarta tidak ada pun Bekasi memilikinya. Sekarang sudah maju ya, namun banyak yang belum tahu kemajuan Bekasi itu adalah sebuah kemirisan penghuni Bekasi.

 

mega mall bekasi (giant)
mega mall bekasi (giant)

Mega Mall Bekasi atau biasa orang nyebutnya Giant adalah tempat belanja terbesar di Bekasi dalam taraf kelas Hypermarket. Semua kebutuhan produk rumah tangga ada di sini, hiburan dan semuanya ada. Awalnya Giant adalah sebuah tanah kosong yang luas banget, biasa buat anak-anak pengairan bermain bola, karena luasnya minta ampun. Perlahan-lahan tergusur dan kini berganti dengan bangunan megah bernama Mega Mall Bekasi.

 

Bekasi Square
Bekasi Square

Bekasi Square, masih terbilang baru, konsep mall yang tidak beda dengan mall mall lainnya hanya saja bangunan Bekasi Square berbeda, lebih ke arah eropa style. Cukup besar juga, dan sering buat konser-konser dan acara band di tivi. Masih teringat oleh saya, Bekasi Square adalah bekas lahan pemukiman liar, kalau gak salah tempat protistusi dan juga sebuah taman patriot, selain itu menjadi tempat penitipan motor para warga Bekasi. Sekarang udah gak ada, yang tersisa hanya sbuah bangunan khas classic Bekasi Square. Pembangunannya sempat menjadi isu politik, sengeketa tanah dan ajang protes warga yang merasa hak tanahnya diambil.

 

Metmol, Metropolitan Mall, MM
Metmol, Metropolitan Mall, MM

Metropolitan Mall, saya biasa nyebutnya MM, dulunya adalah sebuah tanah dengan rerumputan subuh dan daerah lapak-lapak pedagang. Dulunya taman juga tapi taman dadakan, biasa buat para penduduk Bekasi melihat sunset, ada pemukimannya juga tapi itu bersifat ilegal. Sekarang sudah menjadi MM dan hotel Horizon yang bergandengan sebelah dengan MM.

 

Bekasi Cyber Park (BCP)
Bekasi Cyber Park (BCP)

Bekasi Cyber Park, dulunya bukan BCP, melainkan Hero Supermarket. Saya ingat waktu opening pertama kali, ada badut gas si mc donald berdiri di atas gedung, dulunya satu-satunya restoran MC. D di Bekasi, seiring jaman dan waktu hero pun bangkrut dan tersisa hanya MC.D dan kini dibangun lagi BCP. Dulunya sebuah tanah pemukiman, banyak supir-supir angkot tinggal disini, akhirnya dibeli oleh pembangun dan menjadikan Hero supermarket dan kini menjadi Bekasi Cyber Park, pusat elektronik se Bekasi, mau gadget apa aja ada.

 

Ramayana (Plaza Bekasi)  nama aslinya plaza Bekasi tapi orang lebih mengenalnya Ramayana, saya salut sama Mall ini karena sudah 3 kali bangkrut. Sekarang menjadi Ace Hardware, pusat produk Ace terlengkap. Banyak yang protes soal pembangunannya karena berada di daerah sawah yang tak lain adalah untuk pengairan, namun uang memenangkan segalanya. Dulunya sering banget ngundang artis, namun saat ini untuk mengundang pengunjung saja susah karena letaknya tidak strategis, diantara jalur cepat menuju tol, kalau mau keluar parkiran rada susah karena harus berjibaku mobil ngebut atau motor.

 

goro, udah bangkrut dan mati
goro, udah bangkrut dan mati

Goro, berada persis didaerah pekayon tidak jauh dari perempatan pekayon, dulu ini adalah tempat satu-satunya perkulakan terbesar se bekasi, akibat kerusuhan mei 1998 bangunan ini kini tinggal kenangan. Bangkrut, banyak penjarahan terjadi, sekarang menjadi kelam, kadang buat tempat maksiat karena banyak ruang-ruang yang tidak dihuni dan siapapun bisa masuk ke wilayah Goro. Sering dipake buat anak-anak Skate dan Bmx untuk latihan. Dulunya pangkalan pasir dan lapangan.

 

Mall Pekayon (Naga), awalnya bernama Ramanda, Mall ini adalah mall terkecil yang pernah saya datangi, dekat dengan tempat tinggal saya. Ini lebih miris lagi, dulunya adalah kuburan cina, padat pula. Setelah berhasil digusur, berdirilah ramanda, pusat supermarket di Pekayon, namun lama-lama bangkrut, isu-isu mistis pun beredar, sering pegawai sana kesurupan dan melihat hal-hal aneh, pas masa reformasi mereka gulung tikar dan dihuni pedagang kaki lima namun itupun tak lama dan akhirnya dibangun lagi menjadi Mall Pekayon yang isinya supermarket naga.

Banyak lho pembangunan bekasi yang hampir berkembang, didaerah segitiga emas saja sudah disiapkan pembangunan dua apartemen seharga 800jutaan. Tetapi ada juga yang gagal dibangun, seperti didaerah bekas pemotongan hewan, dan blue Mall yang tidak jadi-jadi, bahkan Carefour kalimas saja sudah hampir bangkrut. Pembangunan bekasi memang belum merata tetapi cukup baik daripada tahun lalu, sayang Bekasi tidak memberikan fasilitas taman kota yang baik seperti Jakarta, sehingga masyarakat mengeluhkan tempat-tempat hiburan di Bekasi yang sering dikomersilkan.

15 thoughts on “Mall Bekasi ku dulu dan kini

    Rie said:
    6 Oktober 2009 pukul 2:52 pm

    mu komen soal mall giant bekasi,,,

    iya bener bgt dulu itu tanah kosong, tempat aku bermain sama temen2…aku dulu sering nyebut daerah itu jalan baru,,,
    jadi inget pengairan lama…tempat aku dulu tinggal…hehe

      thetawvic responded:
      7 Oktober 2009 pukul 1:17 am

      wah aseli bekasi ya, bener banget, sekarang udah jarang tanah kosong seluas lahan giant dulu…

    mokamad saefullah said:
    20 Juli 2010 pukul 7:23 am

    apa bner mal bekasi square itu bangkrut.??
    kenapa gan.?
    ceritain dnk apa penyebab nya dan gmn sekarang gambaran nya dulu ama sekarang.?

      Tawvic responded:
      20 Juli 2010 pukul 7:30 am

      gak kok gan… bekasi square masih tetap berdiri kokoh, didaerah bekasi memang ada beberapa mall yg bangkrut, plaza bekasi (ramayana tol barat) merupakan salah satunya. mall tersebut bangkrut karena dari segi jalan tidak enak karena berada di jalur putar dan tidak ada konsep yg bagus buat menarik pengunjung. kalau BCP dulunya Hero, Hero bangkrut karena kalah bersaing dengan giant dan MM. lalu ada Goro yg bangkrut seperti yg saya ceritakan diatas.
      rata-rata penyebabnya adalah kalah persaingan diantara mal-mal di di segitiga emas bekasi….

    Remon Sada Rio said:
    10 Maret 2011 pukul 8:35 am

    Gw dulu sering maen ke METROPOLITAN MALL Bekasi th 1997.Waktu itu gw lagi ikut program pra magang ke Jepang,pendidikanya di CEVEST Bekasi.Hampir tiap hari minggu,gw makan kentucky,yang terletak dilantai atas bareng si honey gw..yang waktu itu masih jadi pacar,maklum..secara laki2 musti pinter nyenengin calon istri yang bakal gw tinggal jauh selama 3 th dinegeri Sakura sono.CEVEST kayaknya terletak dikantor Depnaker Bekasi(sekedar info gan)

      Tawvic responded:
      10 Maret 2011 pukul 8:39 am

      oh cevest, skarang deket GOR kok, persis dibelakang GOR bekasi, waktu kuliah sering lewat situ soalnya pulang kuliah malam, dan dibelakang gor suka ada cewek2 main di pasar malam gor, mayan bikin telat pulang krumah terus hehehe

    nurfitriani said:
    7 Mei 2015 pukul 1:07 pm

    ada yang tau dulu pernah ada duta plaza dikalimalang?

      Tawvic responded:
      9 Mei 2015 pukul 3:09 pm

      wah saya tahu tuh, malah pernah nikmatin jalan beli barang di Agung shop

        arief said:
        17 Agustus 2016 pukul 11:28 pm

        Min, bikin artikel tentang duta plaza dong

        Tawvic responded:
        24 Agustus 2016 pukul 10:01 am

        siap, tapi agak lupa duta plaza itu yang mana ya

    jack said:
    13 Agustus 2015 pukul 10:47 am

    wkwkwk itu dulu nya rawa tuh yg metro mall

      Tawvic responded:
      18 Agustus 2015 pukul 9:52 am

      nah betul banget tuh hehehehe

    Dimas said:
    13 Juni 2016 pukul 4:28 pm

    Wah asli Pekayon ya… Gw juga tinggal di Pekayon sejak tahun 2000. Dulu tinggal di Rawamangun lalu pindah Pekayon. Nyokap udh ke Pekayon sejak tahun 90an awal dan denger critanya dulu perumahan tempat gw tinggal yaitu PPI masih banyak bgt sawah dan rawa2… Skarang mah boro2…

      Tawvic responded:
      14 Juni 2016 pukul 1:01 am

      wah di PPI daerah tempat main gw tuh, karena temen-temen SD SMP disana semua. kalau hujan bisa banjir di PPI belakangnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s