My Word

Latihan band yang mantap

TIPS BIAR NGEBAND ASIK

gw sering liat anak band kalau distudio bingung mau main apa, udah gitu gak jelas aliran mereka kemana. kadang ada yg main sendiri dan ada juga yang main tapi gak tahun kunci lagunya. biar sewa studio gak sia-sia dan ada hasilnya lebih baik ikuti tips berikut ini :

1. siapkan list lagu yang akan dimainkan, bisa 10 lagu bahkan 1000 lagu, itu kalaupin mainnya kuat dan sewa studionya seharian.

2. samakan keahlian, skill tiap pemain berbeda, bagi personil yg skill nya bagus bisa melatih pelan-pelan kepada personil lain yg skill nya kurang bagus. pelan-pelan mainkan musik yg ribet.

3. samakan aliran, jangan sampai gitarnya alirannya pop, drumnya rock sedangkan bassisnya dangdut. gak nyambung. sesuaikan lagu dan visi setiap bandnya.

4. jangan menghardik, bila ada personil yang kurang baik mainnya lebih baik jangan dihina apalagi dibentak, cukup kasih tahu secara halus saja, biar terbuka dan sama-sama enak.

5. kulik dirumah, sebelum masuk studio latian lebih baik ngulik dulu dirumah secara akustik agar sesampainya main distudio tidak ada lagi yang masih coba-coba melod atau mukulnya ga bener.

6. kumpul distudio sejam sebelum main, dengan begitu kita bisa mendengarkan band lain tampil sembari menunggu waktu main, gak ada lagi personil yg telat dan nunggu-nungguan.

7. improvisasi performance, distudio bukan berarti kita gak bisa jingkrak-jingkrak justru dengan berjingkrak para personil pun bisa semangat latihannya. jangan terlalu berlebihan.

8. siapkan uang lebih, siapa tahu senar atau stik sewaan alat musik anda rusak, jadi ga ada kejadian nitipin KTP atau ngutang.

9. matikan handphone, gak enak kan lagi asik-asik performance tiba-tiba ada telp masuk trus menjawab ketika asik main. ganggu waktu dan latihan brurr.

10. bayar secara adil, sewanya jangan lupa dibayar, paling bagus adalah secara adil dan merata. tidak ada yg lebih bayarnya atau yg kurang. kadang band bubar bisa disebabkan patungan sewa studio yg gak merata.

cukup tips paten dari saya, kalau ada tambahan ya tambahkan saja sendiri jangan sungkan-sungkan, kalau ada sumur diladang bolehlah sumur itu buat mandi petani. semangati jalur musik Indonesia, be the best be talent

Iklan

5 thoughts on “Latihan band yang mantap”

  1. Over all tips nya ok, tp kalo tiap personel harus nyamain aliran. Kayaknya gw kurang setuju tuch. Justru dlm sebuah band tiap personel punya warna sendiri2, tapi nantinya tetep ada benang merah yg jelas ttg jenis musik apa yg akan dimainkan. Contohnya ketika Gigi digawangi dua personel gitaris handal Budjana n Baron, padahal mereka beda bgt. Budjana ngejazz, Baron ngerock abis, tp lagu “Janji” asyik2 aja tuch didengerin. Contoh yg laen jg banyak.

    Intinya, mainkan sesuai gaya kita sendiri jgn menjadi org lain. Tapi bukan berarti egois dan terus dominan. Khan gak enak juga didengerin mentang2 misal gw bassist terus pengen paling menonjol, pas latian volume gw paling kenceng, trus dikit2 ada kesempatan gw isi improvisasi ato gw mainin semua teknik gw pada sebuah lagu, khan jd gak enak didenger. Sesuaikan aja porsi kita masing2. Mendengarkan permainan musisi lain banyak2 dan jadikan referensi bukan menjiplak permainannya.

    “Gak ada salah dan benar dalam bermusik yang ada hanyalah enak dan gak enak buat didengar”. So, play ur color play ur style, be urself….

    Sigit “Ramdhan”
    Pengagum : Thomas “GIGI” Ramdhan, Jaco Pastiorus, Victor Wooten, Flea “RHCP”.
    Pengen punya : Musicman Stinger.

    1. he..he… makasih bro atas masukannya, bukan ga berarti g boleh beda aliran. saya cuma berpikir scara anak band biasa. wah anda penggemar gigi, hari minggu besok gigi bakal konser di mekarsari

  2. Wah gw di Kalimantan, jd kayaknya gak bisa nonton twuch. Thx infonya. Tp kemaren abis beli biografi “GIGI”. Satu kata “MANTAP”.
    Gw jg maen2 band biasa ajah. Msh bnyk belajar. Tp khan kalo dr awal doktrinnya kalo misal gw bassist trus main lagunya UNGU trus mainnya gw harus kayak Maki, terus main PADI harus jd Rindra, main The Beatle hrs jd Paul Mc Cartney, ato main Nirvana hrs jd Chris Novoselic, etc…. khan jd gak berkarakter. Karena dlm sebuah band, karakter itu sangat penting, tinggal tiap2 personel hrs bisa saling jaga ego, dan bisa sinkron n bersinergi satusama laen.

    1. wow, kalimantan, gw kira mah di jkt, boleh jg tuh buku, klo ada duit gw ikutan beli deh. pendapat lo bagus kok, thanks bgt. gw jg punya band, jujur sih ga semua satu aliran, ada jazz, ada rock, ada punk. kbetulan lagi bangun warna band sendiri dgn menyamakan visi dalam bermusik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s