Rahasia Matinya mesin di Rel Kereta

Posted on

ini contoh kereta apinya
ini contoh kereta apinya

Banyak yang belum pada tahu tentang ini ya. para pengendara sepeda motor atau mobil terkadang dibingungkan kejadian kendaraan mereka tiba-tiba mati mesin ketika melintasi rel kereta api. bahkan hal ini juga merupakan alasan banyak seringnya terjadi tabrakan antara kereta dan kendaraan bermotor di perlintasan pintu rel kereta api. sebenarnya apa sih penyebab utamanya mobil atau motor kita tiba-tiba mati mesin.
did u know?. i know u did?. rel kereta, jalur untuk kereta berjalan ini terbuat dari besi yang bisa menghantarkan listrik, mungkin banyak yang tidak menyangka kalau rel kereta dapat menimbulkan listrik statis. kok bisa ya?. gampang saja kawan mikirnya, gak perlu sampai muterin otak, nanti pusing. listrik statis itu terbentuk karena gesekan antara rel dengan roda kereta yang juga terbuat dari besi, karena gesekan tersebut, perlahan tapi pasti menimbulkan arus listrik yang cukup membuat mesin kendaraan mati. getaran listrik tersebut muncul pada radiasi 1-3 kilometer sekitar kereta. bila mesin kendaraan anda mati ketika melintasi rel kereta berarti kereta sedang meluncur ke arah anda sekitar 2-3 km dari hadapan anda.
kenapa bisa listrik tersebut mematikan kendaraan kita?. mesin itu memiliki kekuatan listrik juga, alhasil kekuatan listrik tersebut bisa pecah bila tiba-tiba ada aliran listrik statis dari luar. bagian tubuh kita tidak ada yang merasakan listrik statis tersebut, ketika hujan/basah pun listrik tersebut tidak menimbulkan sengatan yang berbahaya. saya kurang paham tentang detail listrik statis yang mematikan mesin kendaraan.
cara mencegahnya bagaimana?
pertanyaan bagus kawan, caranya dengan memecah aliran listrik tersebut dengan suara. how ?. easy boy, cukup tekan klakson kendaraan anda sekencangnya sambil menghidupkan kembali kendaraan anda, atau bunyikan radio, mp3, dvd atau yang mengeluarkan bunyi kencang, tapi jangan mencoba dengan bunyian kentut dari anda sendiri, niscaya tidak akan menimbulkan efek apapun kecuali bau. dengan membunyikan sesuatu maka anda telah terbebas dari aliran listrik statis tersebut. cukup sekian tips dari saya, semoga berguna bagi nusa dan banga…

7 thoughts on “Rahasia Matinya mesin di Rel Kereta

    almas said:
    21 Mei 2009 pukul 2:10 am

    blog-Nya lumayan keren abizz coba tambahin tips-tips yang lainnya pasti lebih baguzz and lbh kreatif gitu loch

      thetawvic responded:
      21 Mei 2009 pukul 1:43 pm

      thanks, baca terus blog ane… biar makin memajukan bangsa

    bayu irfan pratama said:
    5 Oktober 2009 pukul 9:58 am

    wah kok bisa kayak gini

    NAUFAL j said:
    22 Januari 2010 pukul 11:41 am

    wah hebat tuh tips-tipsnya jadi tambah pengetahuan deh….
    thanks yach…..

      thetawvic responded:
      23 Januari 2010 pukul 5:19 am

      yuk marie, sama-sama….. mampir terus ya dimari

    rizky said:
    9 April 2010 pukul 2:13 am

    bagus tipsnya, tapi kalo ga salah kereta juga mengalirkan listrik ke rel agar rel menjadi magnet, sehingga rel dengan roda melekat lebih kencang

    widi monica'ndacutezz said:
    18 April 2010 pukul 6:49 am

    kakak……. bikin blognya yg laint akh… nda kan bukan tukang rel kreta jdi bikin yg laint ea… haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s