No Paper, Use Canebo

Posted on

            avatar512305_1

      Kanebo, bagi setiap ibu rumah tangga pasti belum paham betul apa itu kanebo, tetapi bagi tukang cuci steam motor sampai para tukang cuci mobil kenal betul dengan benda satu ini. Kanebo, sejenis kain lap yang sangat menyerap air dan ampuh buat membersihkan bagian yang basah. Bahannya yang lembut dan mudah kering membuat kanebo menjadi idola kaum adam, terutama pecinta otomotif. Tiada hari menyuci tanpa kanebo, karena antara sabun dan kanebo sangat terkait sehingga tak mampu terpisahkan.

            Akhir-akhir ini saya sadar penggunaan tisu kertas dapat mempengaruhi kerusakan lingkungan. Pada senin kemarin ketika saya mau mengelap ingus di kamar mandi, saya sempat merenung tentang kertas tisu yang sudah ternodai oleh ingus saya. Bayangkan jika dalam sehari saya ingusan hingga 500x dan otomatis saya harus membuang tisu sebanyak 500 lembar. Berapa kayu yang terbuang hanya untuk membersihkan ingus saya. Saya teringat akan kanebo yang tergeletak ironis dibelakang rumah saya, saya ambil dan segera saya ingin putuskan untuk membuat gerakan “No Paper, Use Canebo”. Mungkin dengan menggunakan kanebo, hutan-hutan didunia kembali berdiri tegap.

            Why must canebo?. Kanebo didesain secara khusus untuk memberikan penyerapan yang maksimum sehingga cairan akan cepat kering dan apabila sudah lembab kanebonya, kita bisa memerasnya dengan mudah dan langsung kering. Mudah dan praktis, bahkan kanebo lebih mudah dibersihkan dibandingkan sapu tangan. Saya berpikir, kanebo bukan saja untuk kendaraan tercinta kita saja tetapi juga bisa buat manusia. Fungsi selain untuk mengeringkan motor adalah untuk mengelap keringat, dimana ketika kita berada dibus kota atau berada dijalan, pastinya matahari siang membuat kita gerah dan tubuh kita berkeringat, daripada buang-buang tisu maka gunakan saja kanebo, mudah dan praktis, cukup satu kanebo maka keringat sebanyak apapun akan hilang seketika. Sebagai handuk juga bisa, saya ingin sekali produsen kanebo membuat kanebo berukuran handuk orang dewasa, daya serapnya cepat  dan mampu kering dengan dijemur sebentar saja dibawah terik mentari. Lebih hebatnya lagi, bila handuk kanebo terlihat kebesaran bisa kita potong dan dijadikan kanebo untuk lap yang lain.

            Bila setiap orang mempunyai kanebo, saya yakin kertas untuk tisu atau lap muka akan segera hilang dari peredarannya sehingga dunia kita bakal lebih hijau daripada sebelumnya. Di tempat perkuliahan saja, penggunaan kertas sudah dilarang, ada beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki laptop dan tugas-tugas yang mereka kerjakan diwajibkan dikumpulkan melalui e-mail dosennya masing-masing. Kenapa kita tidak mencoba kanebo sebagai lap kita yang modern. Ayo kita laksanakan gerakan “No Paper, Use Canebo” sekarang juga.

 

 

contoh kanebonya
contoh kanebonya

PS: Kanebo yang saya maksud bukan merk kosmetik dari italia ya, emang eike apaann?

One thought on “No Paper, Use Canebo

    Teddy said:
    3 April 2009 pukul 8:28 am

    good idea but you must campagne this idea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s