Komputer

Merawat mata didepan computer

Merawat mata didepan computer
Mata merupakan indera kita paling vital lebih vital dari organ vital kita yang itu, bahkan ada istilah jikalau tiada ada mata, cahaya secerah apapun tak akan bisa dirasakan hingga ke lubuk hati. Ah… itu sih istilah dari saya saja. Banyak pengguna computer yang acuh terhadap matanya sendiri, banyak yang mengkaitkan jika seorang hamba manusia yang menggunakan kacamata berarti dia orang pinter dalam computer, loh tukang las karbit saja pakai kacamata, kacamata hitam sih bukan kacamata baca. Saya tidak akan membahas betapa kacamata bisa merubah dunia tapi saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat mata dan menghindari penggunaan kacamata.
Tips ini ditunjukan buat para pekerja yang seharinya didepan computer, karena tanpa disadari 8 dari 10 orang pengguna computer, matanya dalam masalah. Entah itu silinder atau pun ke rabun. Saya akan memberikan tips mudah dan bisa dilakukan di kantor tanpa harus membuka pakaian anda, cukup setengah jam saja untuk memberikan kemanjaan terhadap mata anda agar mata anda tetap segar hingga ajal menjemput, duh seereeemmmnya.

1. Hindari pemakaian obat tetes mata berlebih
Kita boleh saja menggunakan obat tetes mata, ada pengalaman saya waktu berada dikantor saya yang lama, bos saya dulu sering menggunakan obat tetes mata tiap dua jam sekali. Katanya sih suka gak nyaman sama matanya kalau gak dilumasi dengan obat tetes mata. Gw selidiki manfaat tetes mata, tahunya obat tetes mata Cuma berfungsi sebagai penghilang mata merah dan memberikan efek sejuk terhadap mata. Efek sampingnya sangat berbahaya, bila dipakai sering maka dapat menimbulkan rabun dekat hingga membuat mata kita karatak, katarak maksud saya. Efek bahaya dari keseringan menggunakan obat tetes mata adalah kurangnya uang jajan kita karena seminggu bisa menghabiskan satu botol obat tetes mata. Konon, pada jaman saya smp, obat tetes mata disalah gunakan sebagai obat sange dan obat tidur. Caranya dengan mencampuri nya dengan minum, korban yang meminumnya bisa sange dan mengantuk.

2. Melihat yang hijau dan segar
Ternyata mata juga suka dengan yang hijau-hijau lho, mungkin bila dikantor anda memiliki halaman rumput atau taman yang hijau bisa gunakan waktu sekitar sepuluh menit untuk melihat taman sembari merelaks kan pikiran anda. Apabila dikantor anda tidak terdapat taman atau sesuatu yang segar bisa segera kepasar atau supermarket terdekat dan kunjungi bagian buah dan sayur maka anda akan menemukan hal yang segar, kalau punya duit lebih dan waktu lebih bisa main ke kampus terdekat mencari yang segar dan sekaligus mencoba yang segar. Untuk saran terakhir tidak saya sarankan karena mata bukannya segar melainkan seluruh tubuh menjadi lelah. Efek warna hijau dapat membuat mata menjadi netral sehingga otot mata menjadi merenggang dan membuat mata kita segar.

3. Mendinginkan mata
Maksud kalimat diatas bukan mengeluarkan bola mata anda lalu dimasukkan ke kulkas tetapi ada cara khusus untuk membuat mata anda sejuk. Ambil air yang cukup dingin tetapi bukan air es, celupkan air tersebut dengan ujung kedua telapak tangan anda, lalu tempelkan ujung telapak tangan anda yang basah ke kelopak mata anda, perlu diingatkan agar anda memejamkan mata dan kepala anda merunduk. Kalau mau lebih asik lagi, bisa sambil menempelkan jidat di meja, jangan buat pikiran anda menjadi berat, tenangkan pikiran anda. Saran saya anda cukupkan melakukan hal ini sepuluh menit saja karena bila lebih dari sepuluh menit niscaya anda akan ke bablasan hingga berjam-jam dan bangun-bangun ketika jam kerja telah usai. Jangan lakukan hal ini ketika anda mennyetir mobil.
4. Banyak konsumsi vitamin
Agar semakin terjaga, seharusnya mata kita diberikan asupan gizi yang cukup, perbanyaklah makan-makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, Apel hingga sayuran cerah seperti bayam atau daun selada. Selain itu, diapotik terdapat vitamin untuk mata, cukup minum dua kali sehari agar mata anda bisa mendapatkan asupan gizi, jika mata kita disayang maka penglihatan kita pun makin tajam. Hindari makan-makanan yang membuat diri kita mengantuk karena bila mengantuk mata pun akan semakin lelah dan cepat perih.

5. Jangan memaksa
Bila mata anda sudah berair dan terasa kering lebih baik hentikan segera pekerjaan anda dan jangan lah memaksa karena pernah kejadian pada tetangga saya, matanya menjadi menciut karena terlalu dipaksa melihat padahal matanya telah berair bahkan penglihatannya sudah hampir buta. Istirahatlah selama setengah jam, usahakan selama istirahat anda memejamkan mata sehingga otak dan mata anda bisa rileks. Dengarkan music-musik yang tenang sehingga anda terbawa dalam suasana yang harmonis pada pasangan anda. Mulai tidak serius nih. Perlu anda ketahui jika mata manusia membutuhkan istirahat minimal 5 jam untuk memulihkan tenaganya, satu hal yang perlu dicatat adalah jangan pernah menatap sinar yang menyilaukan lebih dari 30 detik karena dapat memutuskan jaringan retina dalam bola mata anda.

Cukup info dari saya dan semoga bermanfaat bagi khalayak banyak, berikan hal yang terbaik bagi Negara dan jagalah segalanya yang menurut anda berharga.

“keep your eyes from Pornography”

Iklan

4 thoughts on “Merawat mata didepan computer”

    1. thanks miss beauty, you was see my blog
      jika tips nya berguna buat kamu itu merupakan kebanggan tersendiri buat saya….
      jangan bosan membaca ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s