Safety Riding

Cara menghadapi lubang dijalan

Cara menghadapi lubang dijalan

 

            Banyak pengendara sepeda motor yang akhir-akhir ini dibuat gerah dengan banyaknya lubang dijalan, mulai dari yang dalemnya Cuma beberapa centi hingga yang sebesar kubangan kuda nil, hal ini membuat para pengendara motor merasa resah akan ban motor yang mereka miliki, selain itu mereka para bikers juga menjadi takut bila suatu saat nanti lubang-lubang tersebut adalah malaikat mautnya. Sudah banyak korban berjatuhan layaknya perang, setiap hari ada saja yang terjatuh akibat lubang di jalan, hujan yang terus mengguyur wilayah indonesia dan konstruksi jalan yang buruk menjadi pemicu mengapa lubang menjadi menganga. Berikut tips selamat dari lubang maut :

 

  1. menghindar

bila anda pengendara sepeda motor yang lihai, usahakan untuk menghindari lubang sebesar apapun namun jangan memaksa. Liat dulu spion motor anda, dan tengok kanan kiri dengan cepat untuk memastikan saat anda menghindar anda tidak menyenggol motor orang lain. Niatan menghindari lubang malah jadi petaka buat orang lain dan diri sendiri.

 

  1. libas saja

kalau merasa tidak ada ruang untuk menghindar dan ketepatan dalam menghitung gerak hinder, lebih baik di libas saja atau di lawan saja itu lubang namun usahakan jangan mengerem dengan rem depan karena bisa mengakibatkan motor anda terjungkal ke depan. Gunakan rem belakang saja, resikonya memang velg motor anda akan peyang tapi ada trik buat menghadapi lubang biar anda tak terjatuh, caranya ketika anda akan menghadapi lubang, posisi naik motor langsung berdiri dan jangan duduk, badan condong ke depan sedikit dan rileks. Ikuti contoh dari para pemain motor cross bagaimana mereka menghadapi rintangan sirkuit. Manfaat dari teknik ini adalah ketika anda melibas lubang yang dalam pantat anda tidak merasa sakit dan motor anda bisa dibilang lebih aman.

 

  1. pelan-pelan

kalau dijalanan banyak terdapat lubang dan jarak antar lubang berdekatan lebih baik anda berjalan di bawah 40km/jam untuk menghindari oleng pada kendaraan anda tapi jangan juga dibawah 10km/jam niscaya anda akan sulit mengendarai motor anda. Selalu jaga jarak dengan pengendara lain.

 

  1. lihat orang yang didepan

tips ini agak jahat, kerana memanfaat kan pengendara didepan anda, dengan cara seperti ini anda akan mengetauhi kalau ada lubang di depan anda. Motor didepan anda akan menghindar lebih dulu dan anda yang melihat akan langsung tahu kalau didepan ada rintangan namun lebih baik jaga jarak anda dengan kendaraan didepan anda agar tidak terjadi tubrukan atau senggolan yang berujung adu mulut dan akhirnya adu jotos.

 

  1. jalan ditengah

dilihat dari spesifik jalan, karakter lubang paling parah berada di pinggir-pinggir jalan entah dikanan atau dipinggir kiri. Air yang menggenang biasanya bermukim didaerah pinggir apalagi daerah yang ada separatornya. Sehingga dapat mudah merusak jalan raya. Untuk menghindarinya lebih baik anda berjalan di tengah jalan, jangan terlalu kepinggir bisa bahaya.

 

Cukup tips yang bisa saya berikan namun bila ada tambahan bisa di comment aja, mungkin ada yang kelupa tapi nanti kalau ingat saya update lagi. Safety first dan gunakan kendaraan anda dengan bijak.

Iklan

3 thoughts on “Cara menghadapi lubang dijalan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s