PROFILE SINGKAT DEDEMIT

Posted on

PROFILE SINGKAT DEDEMIT

Di Indonesia khususnya pulau jawa banyak jenis-jenis setan bermunculan, mulai dari pocong, kuntilanak, genderuwo sampai pemain baru seperti kolor ijo dan karangbuntung. Masing – masing memiliki ciri-ciri dan sifat yang berbeda ada yang ganas dan ada pula yang jinak, bahkan setan –setan legendaris seperti Palasik dan kolong wewek pun sangat ditakuti keberadaannya dibawah ini ada beberapa profile mereka dan asal muasal mereka muncul

Pocong
Ini merupakan hantu yang menurut gw paling gw takutin karena bentuk nya aneh, kayak bungkusan permen dan loncat-loncat bahkan tak jarang kalau lagi capek loncat dia bisa terbang ke samping mirip kepiting. Pocong muncul karena mitos orang dulu, katanya bila seseorang meninggal dan tali pocongnya tidak dilepas sesampainya diliang lahat maka jasad tersebut bakal bangkit dan mencari-cari orang agar bisa melepaskan ikatannya tersebut. Kalau salah seorang berhasil melepaskan ikatannya tersebut, si pocong bakal memenuhi 3 permintaan, mirip cerita aladin Cuma bedanya jinnya dikafanin dan Cuma bisa loncat-loncat. Rupa si pocong pun rupa-rupa macamnya, kalau yang baik bentuknya bagus putih bersih dan rajin facial tapi kalau yang jahat rupanya jelek minta ampun dan bisa buat orang kencing berlari sambil megangin kelaminnya.
Kelemahannya, pocong itu gak bisa meloncat-loncat di lumpur karena lumpur itu sangatlah lengket sehingga ia akan susah meloncat. Apabila mucim hujan ia agak malas kelaur karena kafannya bakal basah kuyup sehingga mengurangi kepedean dia. Kalau mau kelaur ia akan memilih jalan yang aman buat dilompat-lompatin jika tidak niscaya ia akan terjatuh dan membuat kegaduhan minta tolong untuk dibangunin.

Kuntilanak
Setan wanita yang paling ditakutin banyak orang, bentuknya selalu wanita yang memakai daster putih mirip nyonya-nyonya abis melahirkan. Rupanya seram tak jarang wajahnya di temani belatung, gw gak tahu kenapa bisa dibelatungin. Hidupnya dipohon-pohon waru atau pohon beringin, nangkring dan suka mengusilin orang yang suka lewat sendirian. Kuntilanak muncul waktu jaman belanda, konon ada seorang gadis yang bunuh diri karena akan dinikahkan paksa sama menir-menir belanda. Si gadis tersebut tidak terima dan akhirnya gentayangan serta beranak pinak hingga melahirkan kuntilanak berbagai versi. Suka nongol di malam jumat kliwon, nangkring dipohon-pohon, tapi dia paling suka sama orang jahat dan alau liat orang jahat suka cekikikan seram. Bahkan suara cekikikannya sempat dijadikan tren ringtone dan nsp tapi tak satu pun kuntilanak mendapatkan royalti dari setiap keuntungan dari penjualan ringtone maupun NSP.
Kelemahannya, kuntilanak paling malas tinggal di pohon yang berpaku, katanya sih pohon yang berpaku bisa membuat ia kena tetanus, ketika ia memancat trus tergores kulitnya karena paku maka paku tersebut membuat ia kena tetanus. Kalau musim hujan ia segan keluar karena membuat ia malas menampilkan wujudnya, kan gak lucu ketika ia nongol sembari memegang payung atau sedang pake jas hujan. Ati-ati buat yang mau nebang pohon, jangan main asal tebang ijiin dulu, ia gak mau disamakan dengan pedagang kaki lima, yang dagangannya main gusur sama satpol pp. Kalau ngamuk bahaya lho…..

Genderuwo
Pertama kali liat fotonya gw kira manusia biasa yang jarang ke barbershop atau tukang cukur, perawakannya gondrong, tinggi dan gagah warnanya pun hitam gelap tapi ada juga yang ijo. Yang warna ijo itu kakek moyang nya, namanya buto ijo, masih satu famili sama genderuwo, buto ijo lahir ketika jaman angling dharma dan saur sepuh brama kumbara. Asal muasal nya gak kurang gw tahu karena setan jenis ini agak susah terindentifikasi. Tinggalnya di pohon sama dengan si kuntilanak Cuma bedanya genderuwo paling suka tinggal ditempat kotor, jorok, bau dan gelap. Biasanya lebihs ering keliatan di pohon yang dibawahnya ada tong sampah, makanya jangan pernah buang sampah malam-malam. Genderuwo itu sebenarnya tidak mengganggu hanya saja ia lebih suka mempertahankan lokasinya dan tidak senang jika ada orang lain berada di dekat lokasinya kecuali bilang permisi. Dia bisa menyamar sebagai orang yang kita cintai dan kita kenal Cuma sayangnya ia tetap saja tidak bisa menutupi kelebatan bulunya, semirip-mirip ia menyerupai kenalan kita tapi tetap aja dia gak pake alas kaki dan bulunya lebat.
Kelemahannya, paling takut sama tukang cukur dan silet, ya tau sendiri lah. Genderuwo paling gak berani nongol dihadapan cewek cakep, ia minder dan jika pun ia menggunakan kaos distro dan celana levis jika ingin muncul maka ia akan merasa melanggar adat istiada kegenderuwoan. Bisa-bisa dihukum menyalahi kodrat.

Babi Ngepet
Kenapa namanya babi ngepet, dan kenapa bukan yang lain seperti jerapah ngepet, monyet ngepet atau yang paling ekstrim ikan paus ngepet. Babi ngepet adalah jenis setan yang berwujud binatang, muncul karena persugihan antara manusia dan siluman babi. Babi ngepet atau Bapet sudah ada sejak ratusan tahun Cuma sekarang keebradaannya kurang berada, sudah langka kalaupun ada itu juga Cuma ada di kampung-kampung terpencil. Banyak orang yang musrik malas menggunakan jasa bapet karena sudah tidak efisien dan kuno. Bapet bisa mencuri uang dari tiap rumah ke rumah dengan cara menggesekkan dinding tembok salah satu rumah orang kaya, di lehernya digantungin kantong hitam dan uang tersebut bakal muncul dikit demi sedikit dikantong tersebut. Ia termasuk setan tetapi dari jenis siluman, itupun manusia yang menciptakan bapet. Bentuknya ya babi, namanya juga babi ngepet dan gak mungkin mirip kulkas, bisa jadi kulkas ngepet donk. Babi ngepet di motori oleh dua orang, satu jadi babi dan satunya lagi jadi penjaga lilin biar si babi kalau ada apa-apa bisa terawasi. Cara memainkannya cukup mudah, satu orang jadi babi terus keliling komplek dan satunya lagi jagain lilin namun apabila api lilin tersebut bergoyang maka diwajibkan ditiup karena itu petanda bahaya.
Kelemahannya, babi ngepet tidak bisa belok, kalau lari Cuma bisa lurus saja, kalau pun ia belok itu pun ia harus ngerem atau merebah kayak pembalap MotoGP. Suaranya yang berisik membuat pengguna jasa persugihan saat ini malas menggunakannya karena gampang ketauan sama warga. Bapet gak bisa beroperasi di daerah Indonesia timur seperti papua dan ambon karena suku papua dan ambon sangat menyukai babi, alhasil bapet merupakan makanan paling enak dijadikan barbeque. Takut disantap orang sono. Gak bisa ngebedain duit asli atau mainan, terkadang duit yang bergambar wajah caleg pun ikut ke ambil bahkan uang lama pun seperti seratusan koin berlambang logo KB pun ikut ia ambil.

Tuyul
Tuyul merupakan sejenis hantu anak kecil yang lucu, hobinya bermain yuyu atau kepiting sawah yang kecil. Mukanya rata dan mirip anak-anak kecil berumur lima tahun. Kejahatan tuyul sudah terkenal bertahun-tahun, jahatnya sama dengan babi ngepet yaitu mencuri uang. Bedanya tuyul bisa beraktifitas tanpa terlihat orang lain sehingga aksinya bisa dibilang aman-aman saja. Tuyul sebenarnya adalah anak-anak jin yang masih balita, umur mereka ratusan tahun dan tidak berkembang tetap kecil. Sekarang tuyul sudah dijual belikan, mulai dari mahar (harga) senilai 200 juta hingga 800 juta tergantung kualitas yang ditawarkan, sesajennya bagi pemilik tuyul adalah nete kepada istri majikannya dan makan kotoran yang majikannya makan. Ternyata tuyul pun doyan toket, ehm…. beruntung dia gak minta lebih Cuma maunya nete doang, coba kalau dia minta bersetubuh sama istri majikannya, kalau istri majikannya cantik sih beruntung banget tuh tuyul tapi kalau istri majikannya mirip budi anduk ?, malang kali tuyul tersebut. Habitat tuyul adalah rawa-rawa sawah dan tempat-tempat yang hijau teperti perbukitan dan hutan tropis, terkadang bisa ditemukan di daerah kota seperti kolong jembatan.
Kelemahan tuyul adalah dia tidak bisa masuk kedalam rumah yang terdapat tulisan ayat suci Al-Qur’an, dan letaknya dekat masjid. Selain itu dia paling benci terhadap cermin, gak tahu alasannya apa mungkin dia malu terhadap mukanya yang tak secantik shinta dan seputih santi.

Kolor Ijo
Darimana asalnya setan kolor ijo masih belum jelas, kemungkinan besar kolor ijo bisa nongol karena hasil persugihan seseorang manusia yang mengadu nasib pada ilmu hitam sehingga ia mendapatkan syarat berupa menjadi kolor ijo. Kolor ijo, kenapa namanya kolor ijo, karena ia beraksi sambil telanjang dan hanya dibalut oleh kolor berwarna ijo, maksudnya jelas, ingin berkampanye soal global warming makanya kolor nya ijo yag mengartikan bahwa ia termasuk anggota dari Go Green. Niat yang baik. Kolor ijo juga pandai bersembunyi bila ketahuan orang, tinggal nungging diantara semak-semak hijau maka dia bakal aman karena orang lain mengira kolor ijo itu tanaman. Kejahatannya sudah terkenal yaitu memperkosa wanita-wanita yang cantik, yang lebih parahnya dia tidak mau bertanggung jawab, siapa pula yang mau dapet tanggung jawab si kolor ijo. Bagi wanita tak cantik menjadi kelebihan rasa aman tersendiri karena jauh dari resiko bakal di pake sama kolor ijo.
Kelemahan kolor ijo, dia paling takut sama banci yang wujudnya wanita, dia pun kurang pandai membedakan mana wanita asli dan mana wanita oplosan. Selain itu paling takut sama anak-anak karena kenakalan anak kecil dapat membuat dia dipermalukan semisal kolornya ditarik-tarik. Paling benci mantri sunat, bila terlihat dihadapan mantri sunat maka sang mantri sudah pasti bakal menyunat pusaka si kolor ijo, selain itu dia benci sama wanita yang sedang haid atau datang bulan. Bisa-bisa dia kehilangan moodnya jika tahu wanita yang akan diperkosanya sedang dalam masa haid.

Oke segitu dulu profile-profile para lelembut, nanti bakal kita bahas lagi soal aneka jin dan setan dalam PROFILE SINGKAT DEDEMIT sesion 2, yang pasti bakal membuat bulu ketek anda merinding. Mohon tidak membacanya terlalu serius karena tulisan ini tidak bakal muncul menjadi pertanyaan di ujian PNS nanti.

5 thoughts on “PROFILE SINGKAT DEDEMIT

    Kirun said:
    28 September 2010 pukul 4:23 am

    Gokil abiz..

    tante nani ratu pesugian tuyul.buto ijo said:
    21 November 2011 pukul 8:31 pm

    aneh.lucu woy kalian kemari kalo pengn tw pesugian w py byk

    Angahifa said:
    5 Oktober 2013 pukul 3:58 pm

    Keren abis. Menambah wawasan. Tp serem!!

    jengkol said:
    14 April 2015 pukul 12:46 pm

    Ceuk saha..? Hanya allah swt yg maha tahu perkara gaib

    agus said:
    23 Juni 2016 pukul 4:32 am

    true story😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s