Safety Riding

Bikers and Dums

RIDING BIKE FOR DUMMIES

  1. Ingat tujuan berkendara.

Kalo udah inget tujuan berkendaraan, kita jadi harus mengambil keputusan dengan tepat, supaya bisa samapai ke tempat tujuan dengan selamat.

  1. Kenali jenis motor

Perlakukan motor dengan kapasitas mesin motor. Jangan asal geber dan ngebut. Karena umur motor juga tergantung gaya kita mengendarainya.

  1. Dalam keadaan sabar dan fit

Naik motor jangan ngantuk, dalam pengaruh drugs atau sedang sakit. Kalo tetep maksain, siap-siap aja mengalamin kecelakaan. Kalo terpaksa harus naik motor mendingan jadi penumpang.

  1. Kostum SAFETY

Yang wajib nempel di badan : helm, jaket, celana panjang, sepatu yang menutup ankle dan sarung tangan.

  1. Utamakan lajur kiri

Jalan di lajur kiri jalan. Kecuali jika akan menyusul atau menyalip. Jangan lupa balik lagi ke jalur kiri apabila telah menyusul atau menyalip.

  1. Jangan gampang terpancing

Harus ada kesadaran dalam diri bahwa seberapa hebatnya riding skill kita, pasti ada seseorang yang lebih cepat dan lebih paham teknik berkendaranya dari pada kita, jangan mudah emosi dalam berkendara apabila disalip motor lebih buas dari kita.

  1. Jaga jarak aman.

Jarak aman antara motor kita dan kendaraan lain di jalan enggak bisa di ukur oleh ukuran panjang x lebar = luas. Tapi untuk lebih memudahkan, jaraknya dihitung oleh waktu yang memungkinkan untuk menghindari dari hambatan di depan. Yaitu minimal dua detik. Bila ingin mengukur berilah jarak minimal 1,5 meter dari kendaraan lain agar mempunyai waktu untuk rem mendadak.

  1. Makin cepat makin perhitungan

Logikanya, motor itu makin cepat makin stabil jalannya, tapi bukan berarti kita harus nyantai. Justru pada saat motor berkeceptan tinggi. Perhitungan kita harus semakin tajam. Disinilah kosentrasi dan fisik yang fit sangat dibutuhkan. Ada tahapan dalam mengambil keputusan :

    1. search : mencari dan melihat potensi dan risiko di sekeliling kita.
    2. Evaluate : evaluasi kemungkinan resiko seperti kendaraan belok.
    3. Execute : mengambilo tindakan atau sebuah keputusan untuk menghindari resiko.
  1. Latihan rutin

Segala macam trik dan teknik mengemudi motor haruslah di kuasai seorang biker. Kalo belum bisa, hal yang paling memungkinkan adalah berlatih terus sampai lancar.

  1. Ketahui aturan-aturan lalu lintas

Patuhi aturan lalu lintas dan hormati sesama pengendara motor. Punya sim dan beberapa kelengkapan berkendara. Yang penting sadar akan skill kita dan jangan pernah memaksa.

  1. Waspada membelok dan memotong

75% kecelakaan motor melibatkan kendaraan lain. Perempatan adalah lokasi rawan kecelakaan. Makannya perlambat kecepatan motor apabila ingin memotong atau belok, lihat sekeliling barulah beraksi.

  1. Usahakan diliat orang

Usahakan terlihat oleh pengemudi lain. Terutama lewat kaca spion, nyalakan lampu head depan agar cahaya lampu bisa memantul oleh kaca spion pengendara lain dan gunakan pakaian yang agak menyolok.

  1. Beritahukan cara berkendara yang benar.

Biar makin banyak yang paham safety riding, tularkan berkendaraan aman yang kita ketahui berila tahu kepada teman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s