Mistis

Antara Klakson dan Mitos

Antara Klakson dan Mitos

Banyak diantara pengendara kendaraan bermotor yang dibuat bingung oleh kendaraan bermotor yang lain. Entah di terowongan, di penyebrangan rel kereta api ataupun di tikungan ada beberapa pengendara yang menyalakan klakson sekenceng-kencengnya. Ada apa sih ?. dari kepercayaan orang tua yang turun temurun sih ketika melewati tikungan, terowongan atau rel kereta kita wajib klakson. Mau tahu alas an nya kenapa, yuk kita cari tahu di warteg?

1. Bunyikan Klakson 3x di terowongan

Ketika booming film-film horror dibioskop secara tidak sengaja booming juga kelakuan manusia terhadap dunia mistis, banyak mitos bertebaran seiring menjamurnya film horror. Waktu film terowongan Casablanca di putar, para pengendara motor di bisikan cerita mistis tentang setan kuntilanak merah yang suka lewat di terowongan Casablanca. Alhasil beberapa pengendara sepeda motor ataupun mobil selalu membunyikan klakson dengan kepercayaan bahwa makhluk halus suka lewat begitu saja tanpa permisi sehingga apabila ada bikers yang ogah bunyikan klkason mengalami kecelakaan, kata dari orang banyak sih akibat kecelakaan di terowongan itu diakibatkan tabrakan antara manusia dan kuntilanak. Nah lo…. Kasihan amat tuh demit lagi nyebrang ketabrak.

Mungkin kepercayaan masyarakat itu bisa dijadikan pembicaraan ringan tapi tidak perlu percaya seutuhnya tentang mitos makhluk halus menyebrang. Kita akan bicara secara logika, makhluk halus itu kan tidak nampak dan sudah pasti bisa menembus kemanapun ia berada, buat apa dia susah-susah nyebrang, tinggal terbang aja kan bisa tanpa harus repot-repot jalan kaki ke seberang. namun Mengapa terjadi kecelakaan bila tidak membunyikan kelakson ?, gini mas bro, terowongan itu gelap dan pencahayaannya kurang menjamin mata kita sigap kalau ada objek kencang berada dibelakang kita, untuk mencegah terjadinya tubrukan yang tidak diinginkan maka beberapa pengendara bermotor menyalakan lampu utama dan membunyikan klakson ketika melewati terowongan. Dengan begitu pengendara di depan yang telah melewati terowongan lebih awal bisa awas ketika mendengar klakson dari belakang. Jika menemukan kendaraan bermotor terjatuh sendirian di terowongan, itu tandanya dia lagi apes aja dan gak ada sangkut pautnya dengan kuntilanak merah tetapi memang sih dimanapun kita akan melewati tempat yang gelap mesti permisi karena kita ini tidak hidup sendirian.

2. Bunyikan klakson sepanjang melewati Rel kereta

Pasti pernah dan sering mendengar kendaraan tiba-tiba mati ketika menginjak rel kereta, entah disengaja atau gak disengaja mesin bakal mati dengan sendirinya. Kalau kata orang, kejadian demikian itu akibat dari ulah makhluk halus yang sedang mencari teman untuk menunggu rel kereta, caranya dengan membuat mesin kendaraan itu mati dan ketabrakan deh sama kereta,(bahasanya katro ah…). Setan atau penunggu rel kereta sering kesepian dan selalu mengajak manusia untuk mati ditempat untuk menjadi teman si setan itu. Percaya gak percaya ada beberapa kasus kecelakaan motor ditabrak kereta disebabkan mesin kendaraan bermotor mati ketika menerobos palang perlintasan yang sedang berbunyi ting nong ting nong sehingga tidak ada waktu untuk menghindari ciuman maut sang kereta. Kejadian seperti ini sering banget terjadi dipelosok kota-kota besar apalagi di tempat perlintasan rel kereta yang tanpa palang peringatan.

Secara logika, makhluk halus tidaklah pelaku yang mematikan mesin kendaraan ketika kendaraan itu melintas (kasihan setan dijadikan korban salah tanggap). Menurut peneliti dari benua eropa, tidak tahu namanya siapa yang pasti dia adalah peneliti traffic accident atau pengamat kecelakaan lalu lintas. Ia menemukan bahwa tiap-tiap rel kereta itu mengandung listrik yang dapat mematikan system kelistrikan kendaraan secara sementara atau selama motor tersebut menempel di rel kereta. Listrik yang dihasilkan rel kereta itu tidak sebesar listrik PLN kok, hanya dapat mematikan mesin saja. Lebih mengejutkan lagi, listrik ini timbul ketika kereta berada pada jarak dua kilometer dari perlintasan atau penyebrangan rel kereta. Cara efektif untuk menghindari mati nya mesin kendaraan ya Cuma dengan cara membunyikan klakson sepanjang lintasan rel tersebut. Karena dengan membunyikan klakson, getaran listrik yang dihasilkan kereta akan terpecah oleh suara klakson yang mempunyai frekuensi suara melengking sehingga motor tidak mati. Namun dibandingkan dengancara itu, lebih efektif lagi jika palang perlintasan rel kereta sudah berbunyi lebih baik kita diam sejenak untuk membiarkan kereta lewat dan jangan nyelonong memaksakan diri untuk menerobos, alhasil kereta yang tak permisi pun akan mencium mesra kendaraan anda dan rasanya aduh…. Berkeping-keping deh…

3. Bunyikan klakson di tiap tikungan

Menurut kementrian safety riding (emangnya ada) jika melewati tikungan tajam maupun tumpul wajib membunyikan klakson sebelum melintasinya. Alasannya pasti udah tahu lah, demi keselamatan bersama jika tiba-tiba ada kendaraan dari arah lawan melintas dengan kencang. Namun menurut warga yang umumnya masih berpegang teguh pada mitos setan numpang, percaya kalau setan suka iseng nangkring dikendaraan kita kalau tidak membunyikan klakson sehingga pengendara kaget oleh ulahnya dan terjatuh lalu tertabrak kendaraan lain. Ada juga yang bilang kalau di tikungan suka ada makhluk halus yang sengaja nongol untuk menakut nakutin pengendara motor kalau ada pengendara motor yang tidak permisi atau membunyikan klakson.

Itu semua pendapat masing-masing dari kepercayaan kita saja tetapi yang pastinya, klakson perlu dibunyikan ketika melewati tikungan agar pengendara lain yang kebetulan melintas dijalur lawan atau dijalur yang sama bisa tahu dengan kehadiran kita. Logikanya pasti udah bisa ditebak deh, masa masih bingung juga sih. Kalau bingung ya pegangan biar gak jatuh…. He…he… …eh….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s