Catatan Kecil, My Word

Jangan Memberikan Uang Sisa kepada Orang Tua

Apa kepuasan yang bisa kita rasakan saat sudah bisa mendapatkan penghasilan tersendiri dari bekerja atau berbisnis? membeli barang-barang yang kita inginkan, jalan-jalan keluar negeri ketempat impian atau menikmati kenakalan yang belum pernah kita rasakan saat uang saku masih minta sama orang tua?. Jika hal demikian terasa lebih bahagia berarti kita belum mendapatkan ketenangan dari apa yang kita dapat, terus-terusan mencari kebahagiaan agar hati kita tenang. Jaman pertama kali gw mendapatkan pekerjaan hingga 3 tahun gw bekerja, gw belum memberikan apa-apa terhadap orang tua karena gw berfikir orang tua masih memiliki penghasilan (masih bekerja belum pensiun) namun ada sesuatu hal yang gw rasakan belum terpuaskan. Gw sering membeli barang-barang yang gw inginkan atau jalan-jalan dari penghasilan namun masih belum terpuaskan hingga akhirnya gw iseng-iseng membaca sebuah artikel ceramah disebuah masjid didaerah kawasan industri.

Sebuah artikel ceramah yang bisa membuat gw berubah dan membuat hidup gw lebih tenang dari sebelumnya. Ternyata selama ini gw belum memberikan sebagian rejeki gw kepada orang tua walaupun sebenarnya orang tua tidak meminta akan tetapi ini sebuah langkah timbal balik gw kepada orang tua yang telah bersusah payah membesarkan gw selama ini. Memang, walaupun kita memberikan gunung emas kepada orang tua, segala kebaikan serta pengorbanan mereka belum bisa diukur sama, masih kurang dan tidak bisa terbalas dengan apapun. Orang tua gw akhirnya pensiun dan menetap dikampung halamannya untuk melanjutkan kehidupan dimasa pensiun dengan cara berkebun dan berternak. Niat gw untuk selalu membagikan gaji gw kepada orang tua sedikit bingung kira-kira harus seberapa besar agar orang tua bisa juga ikut bahagia. Gw sempat bertanya kepada ustad tentang hal ini dan dia memberikan jawaban terbaik yang sampai sekarang gw ingat, dia memberikan jawaban “berapapun sekiranya cukup untuk kebutuhan orang tua namun tidak perlu berlebihan dengan mengurangi kebutuhan sehari-hari kamu dan jangan lupa, jangan memberikan orang tua dari rejeki sisa yang artinya kamu memberikan uang kepada orang tua ketika ada uang sisa. tidak ada uang sisa yang akan mencukupi kebutuhan orang tua karena setan akan selalu berusaha membuat kamu tidak bisa menyisakan uang untuk orang tua. Sedekah kepada orang tua sebagai bukti kita masih berbakti kepada orang tua merupakan sebuah pahala besar dan bisa membuat rejeki kita berkah, apalagi orang tua akan turut mendoakan kamu”.

Continue reading “Jangan Memberikan Uang Sisa kepada Orang Tua”

Iklan
Hotel Review

Pandanaran Hotel Prawirotaman Jogja

Hotel murah bukan berarti pelayanan hingga kamarnya buruk,minimal kita merasa nyaman dan kebersihan dari hotel tersebut. Waktu gw ke Jogja menjalankan misi Short Holiday, gw memilih menginap di hotel Pandanaran yang terletak didaerah Gang 1 Prawirotaman Jogjakarta. Gw memesan hotel ini untuk semalam dengan harfa 345ribu/murah dan disini kamar yang termurah ada dikisaran 285ribu tapi itu khusus memesan kamar lewat Traveloka, bukan promo aplikasi ya tapi sangat membantu dengan adanya Traveloka.

DSC_0278-1074x720

Jika kalian membawa kendaraan pribadi seperti mobil mungkin agak kurang suka dengan jalurnya yang cukup ngepas buat dua mobil apalagi jika parkiran hotelnya penuh. Lokasinya gw suka karena banyak cafe serta tempat jajan ala ala resto di Bali walaupun gw ga jajan disitu. info dari supir travel yang mengantarkan gw, jika daerah prawirotaman memang dikenal dengan daerah bule, banyak wisatawan asing singgah kesini dan termasuk daerah bebas alkohol, sangat mudah membeli sebotol bir disini karena dari ujung ke ujung gang kita akan mudah ketemu sama bule tapi bedanya disini bule nya masih sopan bajunya, jangan menyamakan dengan bule di bali. Selain itu rata-rata mereka membawa keluarganya untuk berlibur di Jogjakarta. Yang pasti disini ga ada sekelompok tukang becak yang rewel dan maksa untuk ikut kita, mungkin karena mereka lebih suka dapat pelanggan bule daripada lokal.

Continue reading “Pandanaran Hotel Prawirotaman Jogja”

Jalan-jalan

Candi Prambanan Yang Sudah Terawat

IMG20180425072222

Sebagai tempat destinasi wisata di kota Jogjakarta, candi Prambanan merupakan yang sering dikunjungi wisatawan. Tempat wisata yang berbatasan langsung dengan pinggiran kota Solo Jawa Tengah ini, menyimpan banyak sejarah serta keindahannya tersendiri. Sudah banyak artikel menjelaskan tentang komplek candi Prambanan, dari mulai sejarahnya sampai sesuatu hal lainnya. Pas gw kemaren short holiday ke Jogja, gw menyempatkan diri untuk singgah di candi Prambanan. Gw merupakan salah satu pengunjung yang pagi-pagi sekali sudah ada di Prambanan, pas banget gerbang pintu masuknya dibuka. justru untuk menikmati Prambanan, lebih enak pagi-pagi seperti ini disaat matahari belum bersinar terik.

IMG20180425072504
mereka berdua normal kok

Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp 40.000,- dan parkir kendaraan Rp 10.000 (sekali masuk). Terakhir gw kesini pada tahun 2014 dan tahun 2018 ini terlihat banyak perubahan dari perawatannya sudah lebih baik, taman-tamannya tertata rapih banyak hijau-hijaunya namun tetap dibelakang candi roro jonggrangnya masih berantakan oleh pugaran yang belum selesai-selesai. Panggung event yang biasa untuk acara Prambanan Jazz juga sudah dibuat lebih bagus, belum pernah lihat sih tapi pengen juga melihat musisi-musisi jazz atau wayang orang di panggung Prambanan.

IMG20180425075545
hijau asri, cocok buat jalan-jalan sambil gombalin cewek

Jujur gw lebih suka suasana di candi Prambanan daripada Borobudur karena pedagang-pedagang di Borobudur lebih spartan, nempelin pengunjung sampai bisa terayu untuk membelinya apalagi pas jalan keluar kita dipaksa muter-muterin lapak pedagang, memang itu hak mereka menawarkan dagangan tapi kalau kita sudah bilang enggak mau namun mereka masih tetap memaksa untuk kita membelinya, bikin risih. Candi Prambanan cukup rekomen buat kamu wisata di kota Jogja, hah…. nulis apalagi ya, di blog ini udah 3 artikel menulis candi prambanan….. udah ah…

Jalan-jalan

Panjat Dinding Gunung Api Purba Gunung Kidul

Mendengar kata gunung akan langsung terbayang bukit kembar, yaelah ini sih pikiran ngeres aja. Gunung merupakan sebuah daerah tinggi yang isinya terdapat lahar, ada benernya juga tapi sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, begitu bunyinya dari penjelasan dari mbah Google.

Gw mendapatkan tawaran oleh Pak supir travel untuk menikmati keindahan Gunung Api purba didaerah Gunung Kidul, informasinya adalah gunung ini merupakan sebuah destinasi favorit pengunjung selain malioboro dan kawan-kawannya. Dia menambahkan, kalau gw berhasil memanjat hingga atas gunung maka akan terlihat beraneka keindahan dari kota Jogjakarta, ini lebih indah dari bukit Hutan Pinus yang sempat gw jelajahi, bahkan kita bisa melihat aktivitas bandara Adi Sucipto. Wah… menarik sekali, Cuma dia selalu meyakinkan gw soal fisik yang harus sedang dalam kondisi bagus. Hmm…. Apakah ini penjelajahan gunung api seperti merapi atau merbabu yang bisa memakan waktu berjam-jam? Ternyata enggak, menurutnya jika kita dalam kondisi prima dan semangat luar biasa, puncak gunung bisa di daki hanya dalam waktu 2 jam saja, tentunya sudah termasuk istirahat di pos satu.

IMG20180426133328[1]

 

Gw sangat antusias sekali karena gw merupakan tipe traveller yang menyukai secret place, dimana kita harus berjalan jauh, memanjat dan lelah untuk menuju lokasi tersebut, semua lelah akan terbayar dengan keindahannya. Perjalanan dari kota Jogja ke Gunung api purba lumayan cukup jauh, sekitar 1-2 jam, dengan perjalanan mendaki disetiap perjalanananya (maaf kalimatnya agak aneh karena lagi bingung buat merangkai kalimat). Sesampainya dilokasi wisata, jangan heran jika melihat ada perbedaan tarif sesuai jamnya, misalnya pada pagi hari tarifnya agak lebih mahal, sedangkan siang hari lebih murah dan sore hari sama dengan tariff di pagi hari. Kenapa lebih murah siang? Karena jarang ada orang yang manjat gunung siang hari, disini lebih banyak kedatangan wisatawan pada pagi hari dan sore hari.

Continue reading “Panjat Dinding Gunung Api Purba Gunung Kidul”

Jalan-jalan

Wisata Hutan Pinus Mangunan

IMG20180426120622

Berwisata ditempat-tempat sejarah atau museum mungkin sudah terlalu sering buat gw, rasanya ingin menjelajahi tempat selain tempat bersejarah yang mungkin akan gw masukin kedalam daftar jalan-jalan “ShortHoliday to Jogja” nantinya. Setelah melihat-lihat beberapa info dari instagram, ada sebuah tempat asik dan ringan buat menikmati pesona alam daerah Jogjakarta, cocok banget buat gw yang  lagi ingin menikmati liburan singkat. Sempat berbincang dengan bapak supir travel yang mengantarkan gw keliling wisata jogja, jika ada sebuah tempat hutan wisata yang sedang ngehits akhir-akhir ini. Hmmm… tertarik juga untuk gw berkunjung kesana. Seperti apa sih serunya mendaki hutan pinus yang lagi hitz dimata para instragrammer.

Dari kota Jogja (Prawirotaman) menuju hutan pinus Mangunan hanya memakan waktu satu jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata 60-80kilometer perjam. Perjalanan memang menuju bukit tinggi didaerah Gunung Kidul, dengan kondisi jalan sangat pas untuk 2 kendaraan sehingga kita harus hati-hati banget untuk melewati jalur ini, jangan sampai meleng apalagi ngebut-ngebutan karena akan banyak jurang  dan kendaraan truk yang bisa kita temukan saat melewati jalan ini, tetap fokus dan jangan teringat mantan. Disini gak ada petunjuk arah yang mentereng (ngejreng) sebagai Patokan lokasi hutan wisata itu berada, jika kamu berasal dari arah kota Jogja, posisi hutannya ada di sebelah kanan sehingga mata harus siaga ketika sudah melewati gerbang “Selamat datang di Gunung Kidul” kurang lebih seperti itu bunyinya.

IMG20180426120234

Sesampainya di lokasi wisata, kita diharuskan membayar tiket masuk yang murah meriah, Cuma 2500/orang dan 5000 untuk bayar parkir mobil. Murah abis kan, gak bakal bikin kantong kosong kecuali kita kesana bawa duitnya ngepas. Untuk menikmati pesona hutan Pinus Mangunan, kita diharuskan berjalan mendaki menuju atas, tapi tenang guys, gak bakal merasa capek kok karena dari tempat pembelian karcis hingga menuju puncak hutan pinusnya tidak terlalu jauh, gak ada sekilo kok. Ratusan pohon-pohon pinus menjulang tinggi sudah siap menyambut kita dan disini gak Cuma tersedia pemandangan pohon tinggi saja tapi ada beberapa titik asik buat kalian penggemar foto untuk bernarsis ria dengan kualitas alam hutan pinus yang indah disini.

Continue reading “Wisata Hutan Pinus Mangunan”

Kuliner

Sate tiga tusuk

Kalau yang namanya jalan-jalan pastinya belum lengkap jika tanpa mencoba kuliner yang ada disekitar tempat kita jalan-jalan, jangan samakan dengan kfc atau mcd sebagai tempat kuliner karena memang dua merk fast food ini selalu ada dimanapun kalian berada. Kebetulan gw lagi short holiday ke Jogjakarta, hmmm… Short holiday itu apa sih mas? Tenang nanti gw bakal sharing hobi gw yang suka travelling sebentaran dan cocok banget buat para pekerja yang dikasih jatah liburnya minimalis alis pelit.

Setelah penjelajahan gw di candi Borobudur, ada keinginan buat kulineran daerah sekitar karena perut gw udah pengen banget di isi sesuatu yang nendang, apakah sop kaki sapi atau nyobain gulai kaki kuda? Ah yang normal normal aja. Gw suka sama olahan kambing, kenapa gw memilih kambing? Karena gw butuh sesuatu yang cepat mengembalikan stamina. Pengennya sih sate klatak pak pong tapi berhubung lokasinya jauh, sang supir merekomendasikan tempat makan sate yang tidak jauh dari Borobudur dan sudah jadi langganan dia kalau bawa tamu. Lokasinya di Jl. Mayor kusen mendut dekat jembatan blondo. Disini banyak tukang sate dan gulai kambing, tinggal pilih mau yang mana karena konon rasanya ga beda jauh guys.

Gw duduk kelaparan disebuah warung sate yang gw lupa nama warungnya, cuma disini yang warung satenya hijau dan dia masaknya persis didepan warung dengan menggunakan kayu bakar. Kayaknya sih enak karena lumayan banyak juga yang makan. Mas mas yang daritadi ngeliat gw akhirnya memberanikan diri mendekat, mungkin dia agak sungkan deketin gw karena kaos spiderman ketat yang gw pakai. Disangkanya dunia lagi dalam serangan anak buah Thanos dan gw sebagai spiderman kelaparan yang butuh asupan gizi. “mau pesan apa mas? ” dengan senyum dia bertanya, “sate kambing sama tongseng mas, oh iya satenya seporsi berapa tusuk? “, lalu dengan tegas dan lugasnya dia menjawab “seporsi isi 3 tusuk mas” dan gw dengan mantab langsung pesan “3 porsi sate sama tongseng satu”, dia berlalu sambil membawa catetan pesanan gw. Ah gila aja gw cuma makan 3 tusuk sate, mana kenyang.

Continue reading “Sate tiga tusuk”

Cerita Singkat

Reuni SMPN 12 Bekasi Angkatan 2003

Mendengar kata reuni, dalam pikiran gw adalah berkumpulnya orang-orang yang sudah lama gak keliatan dan akan terlihat mengalami perubahan. Gw orang yang paling semangat kalau disuruh datang ke acara reuni karena gw bakal melihat perubahan baik dari segi fisik maupun sifatnya. Misalnya, waktu SMP pakainya miniset, pasti pas ketemu di reunian udah besar….. ya …. itu… badannya… hahahaa… gw merupakan alumni SMP 12 Bekasi angkatan 2003 (sebenarnya gw udah lupa tahun lulusnya kapan, berkat undangan reuni gw jadi inget). Sebuah sekolah menengah pertama yang sangat memorable, jujur sih, gw bukan cowok yang terkenal di sekolah bahkan waktu gw daftar reuni, panitianya gak kenal gw, “ini topik yang mana?, satu sekolah ya?” padahal panitia pendaftarannya adalah teman satu kelas 3 dan gw inget banget dia duduknya berada diseberang samping kiri bangku gw, dia lupa mungkin.

Kenapa gw gak begitu dikenal, karena gw cowok yang males nongkrong sama anak-anak lainnya. lebih suka main kerumah temen atau sekedar ngobrol dibangku kelas bersama para cewek-cewek yang hobinya curhat sama gw. fakta banget nih, gw dari SMP udah jadi baskom curhatan temen-temen, hingga sekarang masih jadi penampung kesedihan manusia di bumi ini. Kesibukan gw cuma main tamiya, counter strike sama ngeband yang jarang banget kongkow sama teman beda kelas, wajar kalau banyak yang gak kenal gw tapi gw yang malah banyak mengenal mereka. Cewek-cewek di sekolah gw ini gak begitu banyak yang keceh, bisa dihitung pakai jari siapa saja bidadari kelasnya. Selama gw duduk dibangku SMP, gw memiliki mantan diluar sekolah sebanyak 2 wanita dan 1 wanita teman sekelas waktu SMP. Untuk musuh, gw cuma punya satu musuh di SMP dan dia berjenis kelamin wanita. kalau jenisnya pejantan, kemungkinan masih bisa saling memaafkan, kalau udah betina seperti ini agak susah dan dia mungkin sampai sekarang masih dendam.

WhatsApp Image 2018-04-03 at 7.51.58 AM

Acara yang bertajuk Reuni Zaman Now ini merupakan sebuah reuni pertama kali angkatan 2003 saling bertemu secara resmi. kalau gak resminya sih ada beberapa yang sering ketemuan kumpul disebuah kafe dibilangan galaxi yang ownernya merupakan alumni angkatan 2003 juga (gw gak tahu siapa dia). Acara Reuni Zaman Now tersebut diadakan pada tanggal 1 April 2018 bertepatan dengan april mop. Gw hampir saja gak bisa hadir diacara ini, alasannya karena sabtu nya gw harus pergi ke Bandung pagi-pagi, malamnya sudah harus dibekasi nonton Sound Fest dan menginap di hotel tempat acara itu berlangsung, minggu paginya sudah harus dikantor buat ngadain acara paskah. dari kantor jam 9:30 dan Alhamdulillahnya sampai diacara reuni pada pukul 10:45, itupun dengan keringet terkena imbasnya matahari menyengat serta sedikit macetnya jalur kalimalang. Sampai di halaman parkir motor sekolah, gw dengan sedikit gugup menuju lokasi venue acara. Matahari saat itu cukup menyengat, tapi tak cukup menghentikan langkahku untuk bertemu kawan-kawan lama.

Teman pertama yang gw temui diacara ini adalah Nuri, anak cewek yang pernah jadi teman sekelas waktu kelas 1 dan tahun 2007 pernah ngejadiin gw drummer di bandnya dan manggung bareng sebanyak 2x. yang gw agak linglung saat melihat dia adalah, fisiknya berubah yang tadinya item (agak item) kulitnya, kini agak putihan dan badan semok penuh dagingnya berkurang lebih kurusan dan sudah berjilbab. Beruntungnya dia masih inget gw walaupun sempat loading mau nyebutin nama gw agak lama. Selanjutnya ada boy yang sudah berdiri didekat venue menyapa teman-teman yang baru datang, dia langsung berkata “eh… ini siapa ya, gw kenal nih, tapi gw lupa nama lo” setelah gw sebut nama gw, dia langsung teringat dengan sosok teman main gw waktu smp. di Venue, ada beberapa yang memang gw kenal tapi gw menyambangi teman terbaik gw waktu SMP yaitu Franky, dari SD gw sudah temenan sama dia dan akrabnya malah waktu SMP. sering juga ngajakin ketemu bareng sama dia dan yang lainnya, reuni kecil-kecilan lah, setiap tahun dari tahun 2005, 2006,2007 hingga terakhir ketemuan di tahun 2011.

Continue reading “Reuni SMPN 12 Bekasi Angkatan 2003”