Month: September 2009

PULANG MUDIK

Posted on

Pukul 6 pagi gw udah meninggalkan kampung nenek, harus hari ini sampai di Bekasi karena jadwal padat abis. Mobil pun ngebut, ditancap abis gas poll, avanza silver dengan banyak stiker aneh tersebut melahap jalanan yang cukup sepi dipagi ini. Plat-plat B jakarta masih mewarnai jalanan jawa tengah, apalagi sepeda motor, lebih banyakan plat B nya daripada Plat AA, AD, maupun AB.

 

ni pringsewu...
ni pringsewu...

Gw mampir dulu di restoran pringsewu, dari kemaren penasaran banget ada apa dengan restoran ini, ornamen dan bentuk restonya bagus banget udah gitu ramai pula. Gw beli oleh-oleh buat temen, niatnya mau beli banyak, eh pas liat dompet, jreeeng…… gak cukup, buat makan siang sama bensin doank. Ya sudah gw beli yang buat minta oleh-oleh aja deh, buat yang gak minta gak gw kasih karena duit gw gak cukup. Daripada gw gak makan dan gak patungan bensin ma bokap, bisa-bisa sampe bekasi gw di cengin sama bokap.

ni dia borong oleh2nya, dikit kan....
ni dia borong oleh2nya, dikit kan....

Setelah beli oleh-oleh dipringsewu kita melanjutkan perjalanan, gw gak lewat pantura karena menghindar macet yang tak terelakkan di hari itu. Mau tak mau lewat selatan, keluar bandung, pasti asik bisa liat yang geulis-geulis…

 Baru deh pas makan siang, hasrat penasran makan di pringsewu terbayarkan, makan di daerah cilacap, rupanya ni restoran tersebar kemana-mana juga. Sistemnya prasmanan langsung bayar, banyak menu tinggal dipilih mau yang mana, keliatannya lezat-lezat. Gw ngambil sop buntut, lagi-lagi sop buntut ya kenapa makan sop buntut terus sih gw. Untuk minumnya gw ngambil es durian (susu coklat dingin + es batu + durian non biji) rasanya mantap, simple tapi membayar kangen gw akan durian, durennya pulen, tinggal sedot aja langsung masuk mulut. Biar gak seret gw mesen tehbotol, minuman yang dibenci bokap gw karena banyak racun ha..ha…., semua itu bertotal 49rebu, waw cukup mahal ya!! Gw baru tahu harga es durian yang simple itu 16.500 rupiah, sob buntutnya jangan ditanya berapa duit, sekitar 20ribuan. Bokap gw beli satu ekor gurame bakar, penuh kecap plus ikannya rada amies, gak banget…. gw gak suka kecap…!!

Foto0263

Setelah kenyang kita lanjut lagi pulang ke bekasi, jalanan pangandaran ciamis memang sangat menantang, berkelok-kelok dan banyak bus-bus dengan kecepatan tinggi, belum lagi motor yang main lewat tikungan gak ada dosa, ngeri deh… tapi jalanannya bagus, alus, aspalnya pun baru. Pas malam tiba, rasa dag dig dug gak terelakkan, kita belum nyampe bandung masih daerah nagreg padalarang, jalurnya mengerikan, gak ada lampu jalan, gak ada tanda jalan plus jalannya sempit berkelok curam, belum lagi lampu-lampu tembak dari kendaraan lawan yang bisa membuat mata buta sementara, perih dan juga rada rabun.

Dengan terus berdzikir agar sampe dirumah dengan selamat, akhirnya sampai juga di tol cipularang, pas lewatin bandung gw gak bisa sempet mikir aneh-aneh, yang ada dipikiran pengen pulang hahahaha, agak trauma waktu kecelakaan dipuncak setelah pulang kemping, gara-gara yudi yang bawa mobilnya sambil sms-an, nabrak mobil deh. Di tol kita istirahat di rest area, makan soto sapi yang sebenarnya enak Cuma karena kita duduknya deket tumpukan sampah tukang es klapa jadinya bau busuk kelapa rada kecium diantara wanginya soto sadang.

Sejam lagi sampai di Bekasi, perhitungan gw rada meleset, rupanya di Tol karawang rada macet, belum lagi banyak mobil yang jalannya udah aneh, mungkin pada ngantuk semua jadi ya ada yang zig zag dan ada yang pelan dikanan. Udah jam ½ 11 malam kendaran masih melintasi tol cikarang dan pukul 11 malam Alhamdulillah sampai dirumah dengan selamat. Ngantuk sangadh tapi harus bongkar muatan dalem mobil biar gak terjadi bau bau yang aneh. Jam 12 malam baru deh bisa tidur, bangun-bangun jam 8, huaaahhhh ngantuk abies kawan….. mudik tahun ini, lancar, aman dan cukup nyaman.

BERANGKAT MUDIK

Posted on

berangkat mudik bro....
berangkat mudik bro....

Dalam jadwal tahunan ini tidak ada jadwal buat mudik, yang ada abis lebaran banyakin tidur hahaha, udah lama gak tidur panjang, namun apa mau dikata, jadwal mudik dadakan dikeluarkan seorang bokap dirumah. Ia langsung mengeluarkan surat keputusan untuk menjalankan perjalanan mudik abis solat ied, keputusan itu pas dikeluarkan ketika takbir disore hari dikumandangkan, layaknya peringatan perang sejak dini. Jadwal halal bihalal gw jadi kacau balau, harus skejul ulang rencana kedepan. Kali ini sudah dijadwalkan mudik dari hari minggu sampai Rabu, dengan rute singgah Bekasi – Gombong – Pureorejo – Jogja – Bekasi.

Habis solat ied gw langsung mampir ke anak-anak karang taruna komplek gw buat salam-salaman dan cepika cepiki hufff….., abis itu ngibrit kerumah, masukin barang kemobil dan siapin mobil agar siap sedia diperjalanan namun jadwal berangkat pukul 8 harus ditunda karena harus menunggu mertua abang gw datang buat silaturahmi. Akhirnya jam 10 berangkat menuju kampung halaman, yang ikut Cuma gw sama bokap gw doank, berdua saja cukup namun ada tambahan tetangga yang ikut sampai cirebon karena ada berita duka cita mendadak disana, ya wis… aku tak jadi selonjoran.

tol baru nih di jateng
tol baru nih di jateng

Diperjalanan tidak ada yang menarik, hanya orang-orang mudik naik motor dengan bawaan yang gak safety, mirip tukang kapuk yang pake sepeda, fyuuhh…. gila-gila, mendingan naik umum aja daripada motor ditutupin barang bawaannya gitu. Perjalanan lancar, gak ada macet berarti dan gak ada banci yang ngamen dari mobil ke mobil, apalagi gw mencoba tol baru tapi gw lupa daerah mana, nongol-nongol itu brebes, lumayan tuh tol masih bagus walaupun belum ada marka dan bayar 3500 sampai habis. pas makan siang, kita jajal makan makanan padang dipantura yang katanya murah meriah eh taunya mahal meriah, rasa lauk gule ayam sama sayur nangka gak beda jauh, asin-asin.

restoran padang yg katanya murah tapi mahal
restoran padang yg katanya murah tapi mahal

Tuh menu gak ada murah-murahnya, padahal motto direstoran ini adalah “terkenal karena murahnya” tuh motto dibuat tahun kapan, kok jadi mahal banget, makan berdua saja udah kayak makan berempat padahal gw Cuma makan sama ayam bakar satu potong plus cincang, kok hampir 40rebu ya, gilaaaa…..

Makan malamnya kita nyari-nyari restoran yang okeh, atau yang belum pernah dimakan sama kita-kita. Pas masuk daerah banyumas, ada beberapa warung mie dengan tulisan mie nyemek, ati-ati nyebutin namanya bisa salah nyebut jadi…. uhui… karena penasaran gw makan disana, padahal gw pengen makan dipringsewu, penasaran banget sama ni restoran. Terkenal sepanjang jawa dengan makanannya yang enak dan lumayan murah katanya. Mie nyemek, gw kira mie apaan, eh tahunya Cuma mie rebus dengan ciri khas mie nya lebar kaya kwetiau plus telur orek yg gede-gede banget. Rasanya sama dengan mie rebus yg nyokap masak, ah gak ada bedanya. Gw kira mie kaya mie aceh, atau mie ramen dengan kuah kari. Ehm…. cukup rame dikunjungi, mungkin mereka gak tahu klo nyokap gw bikin mienya enak dari ini….

hotel 80ribu/malam
hotel 80ribu/malam

Karena kita berangkatnya rada siangan, jam 9 malam baru sampai kebumen, walah perjalanan masih 2 jam lagi menuju purworejo, mata sudah ngantuk berat melihat siapa diri gw saja sudah susah minta ampun. Akhirnya diputuskan mencari penginepan, satu persatu hotel diudak, semua sudah full, gak ada tempat buat kita-kita ini, pasrah dengan hotel terakhir, dan Alhamdulillah dapet dengan harga sewa 70ribu/malam, bukan hotel esek-esek macam melati melainkan hotel kecil dengan fasilitas lumayan, masih baru lagi. Kasur baru, kipas angin baru plus kamar yg masih rada-rada bau cat hahahaha karena baru.

hotel murah dan bagus
hotel murah dan bagus

Sebenarnya harga sewa kamar gak segitu, makanya gw rada curiga kok murah banget, eh tahunya kamar tersebut sebenarnya gak disewakan, udah ada yg boking namun karena muka kita sudah bengap butuh tidur maka pihak hotel dengan rasa iba memberikan satu malam untuk kita dengan tarif setengahnya saja. Kitapun langsung tidur lelap, groook….. groookkk………

Pagi-pagi sekali melanjutkan perjalanan ke purworejo, jam 6 udah teng go, sembari makan serabi kita berangkat melanjutkan perjalanan yang mirip dua orang kriminal ini. Jam 8 pagi sampai juga di kampung, Purworejo, kecamatan Banyu urip, desa sumber sari, dusun sumberan. Disini sejuk, kanan kiri hamparan sawah yang luas bukan main tapi sayang lagi kering. Setelah salam-salaman sama nenek, om, pakde, bude, pa’lek, bu’lek, plus nyekar ke makam abang gw, langsung tidur siang deh ngantuk abies…. kangen juga sama Almarhum abang gw, udah setahun ga nengokin makamnya, dalam mimpi dia pengen banget dikunjungin sama gw dan nyokap tapi nyokap gak bisa ikut mudik karena sedang datang bulan dan bawaannya stress liat macet.

halaman rumah nenek di poerdjo
halaman rumah nenek di poerdjo
kebun kelinci
kebun kelinci

Selama disana gw Cuma keliling2 kerumah sodara, agak capek juga sih tapi gw senang karena bisa kenal sodara-sodara gw kaya apa bentuknya. Dikampung nenek gw ada kandang kelinci lho, isinya badak hahaha, ya kelinci donk, banyak banget deh, ada kali 30an, ada yang masih orok, bayi, remaja hingga pasutri. Selain itu acara narsis di desa tak bisa terelakkan, sebenarnya gw mau foto-foto ditengah sawah eh belum nyampe tengah sawah ada anjing yang menatap lapar…. seakan ingin memperkosaku.

narsis dihutan bambu
narsis dihutan bambu

Ah gak jadi, balik lagi deh kerumah nenek, takut…. pas main dihutan bambu kuning gw rada kena bisikan-bisikan aneh, gimana gak kena bisikan gw main dihutan bambu belakang rumah nenek gw pas mau magrib ya wajar, ah pulang saja daripada gw diculik genderuwo.

Malam hari kerjaannya online, untung sinyal disini udah bagus, ga kaya dulu yang sinyalnya lilahi ta’ala. Gw bisa update status fesbuk, baca blog di adandu dan main surat di netlog. Maklum televisi udah dijajah sama om gw yang hobi nonton acara daerah, gak ada komputer Cuma ada akuarium. Klo ada gitar, pasti gw udah nyiptain lagu yang sangat banyak, mulai bergenre rock, pop, metal, imo hingga gambang kromong.

ini kakek angkat gw...
ini kakek angkat gw...

Hari selasa gw ke gombong, seharusnya pas berangkat ke gombongnya biar sekalian lewat namun udah malam gak enak kerumah kakek angkat gw malam-malam. Kangen tak terbendung ingin bertemu kakek angkat gw, dia yang memberikan nama gw, waktu lahir niat bener nungguin gw nongol ke dunia yg fana. Sayang, alamatnya gak jelas, alhasil nyasarpun tak terelakkan, dari jam 2 siang berangkat, nyampe gombong jam 5, mirip perjalanan mau pulang, lama banget. Disana isinya sapi melulu, serasa di india, udah gitu penuh pasir pantai karena 1km lagi ada pantay yg indah lebih dari ancol indahnya. Mantaplah. Sayang, gw Cuma ½ jam berada disana karena harus pulang ke purworejo lagi, ditunggu sodara yang dari lampung.

Sebelum sampe kampung lagi, kita makan sop buntut di alun-alun purworedjo, udah 3x makan sop buntut, tenaga gw sangat maksimal buat kegiatan yang berkeringat hahahhaha. Lagi enak-enak menikmati malam di purworedjo, gw dapat kabar buruk, di jogja penginapan full, tinggal hotel berkelas melati saja, ah sial….. diputuskan gak jadi ke jogja, kalao pun bolak-balik memakan waktu banyak, macet dan terhimpit oleh perasaan bete. Lain kali saja kesananya, sekalian main ke candi borobudur……:(

makam abang gw
makam abang gw

Mau tak mau besok rabu udah harus pulang ke bekasi, mengingat acara kumpul-kumpul teman lama dihari kamis udah disonding. Hari jumat mau nyebarin pesanan teman-teman dari kampung, buat yg gak dibagi mohon maaf banget ya cuy, lagian gak minta sih, coba minta ya dikasih donk…..

lagi nyekar dikuburan...
lagi nyekar dikuburan...

Lebaran di bulan penuh makna

Posted on

Tidak terasa dan terasa tidak, lebaran untuk kesekian kalinya kembali dirayakan setelah menempuh puasa menahan segala nafsu sebulan penuh, rasanya sangat senang namun sedih, karena kepikiran dibulan pensucian ini apakah kita akan bertemu lagi. Lebaran itu identik dengan opor ayam , gw sendiri gak suka apa yg namanya opor ayam, rasanya aneh, lebih baik gw makan sambal goreng paya muda, ini lebih mantap. Lebaran kali ini gw gak mudik karena suatu hal, dari dana hingga waktu yang tidak memungkinkan gw buat mudik bareng keluarga, kalau mudik sendiri sih masih bisa, Cuma rada males berjibaku dengan pemudik lain dipantura.

Lebaran kali ini buat gw berbeda, terutama gw udah menjadi karyawan tetap disebuah perusahaan otomatis banyak angpao yg perlu gw bagikan kepada rekan-rekan sebagai rasa syukur gw atas terkabulnya doanya. Thanks to Allah. Gw sekarang bisa beli baju lebaran sendiri dari uang gaji gw, padahal yg gw beli Cuma dua celana panjang dan gw baru sadar kalau celana yg gw beli warna dan modelnya sama, duh ngapain juga gw beli dua benda yg sama?. Baju dan kaos Alhamdulillah dapet hibah dari abang dan kakak ipar gw, kalau dari bokap mah sisa oleh-oleh dagadu dari jogja waktu bokap gw dinas ke jogja hahahhaha. Rencana mau beli kue lebaran, pengen beli kastengel karena gw suka banget kue keju ini, tapi sayang temen gw udah gak ngejual ni kue, padahal dia udah mastiin fresh from oven. Ya sudah nanti beli sama nyokap saja di toko kue Rose, biar rada mahal tapi enak.

Rencana libur lebaran mau kebandung, jalan-jalan aja sih tapi waktunya rada mepet, buat silahturahmi ke teman, guru, tetangga hingga sodara saja membutuhkan waktu 5 hari berkeliling. Dihitung-hitung pengeluaran gw di lebaran kali ini sangat amat boros, kalau diitung udah makan gaji gw satu setengah bulan tapi gak apa, gw senang kok, ada rasa puas dalam perasaan batin, toh gak buat yg aneh-aneh, palingan buat makan direstoran aja sama nonton. Lebaran kali ini gw bakal berhenti posting selama seminggu, karena sibuk nyiapin hari lebaran dan halal bihalal. Buat para pembaca yang kangen akan tulisan gw diharapkan sabar ya, lagian postingan lama gw aja jarang ada yg baca tuh.

Atas nama Tawvic dan para sahabat mengucapkan minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Maafin gw atas segala postingan yang tidak mengenakan, dan para komen-komen yang isinya virus maaf banget gak di setujuin sama gw heheheehe, dan buat para hacker yang pernah acak-acak blog gw selamat lebaran ya, jangan lagi-lagi donk, gw cape benerinnya. Semoga lebaran tahun ini memberikan makna mendalam terhadap apa yang udah kalian tempuh, buat para pembaca setia, yosi, mariam, yani, bayu, winda dan ninagenta thanks banget yak, dukung terus yap……………..

“SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 HIJRIYAH”

Stop Arogan?, tau apa kalian?

Posted on Updated on

Gw ngalamin kejadian gak enak, asem lebih asem dari ketek gw. Hampir sering sih kaya gitu asal gw lagi bawa motor bebek tanpa embel-embel club motor. Lagi enak-enak jalan tiba-tiba gw pengen dilibas dengan rombongan anak motor, gW ga tahu diperempatan ada rombongan motor melaju kencang, gw tahu mereka siapa, apa nama klub mereka, dan merek motornya apa. Saat itu pula, gw digeber abis-abisan pada melototin gw bak jagoan, setan lu…., udah tahu pertigaan yang bertikung ngapain juga ngebut-ngebut dan ga perlu lah geber motor dengan suara knalpot busuk plus mata ngajak ribut, emang kalian siapa?

Pernah juga ketika gw bawa mobil, jalanan memang sangat pas-pasan walaupun bisa disalip motor namun agak pas-pasan. Gw lagi jalan dan gw kalau naik mobil juga pelan dan artinya gw berada di kiri lajur. Dari kejauhan ada rombongan motor, dia nyuruh gw minggir karena mereka mau lewat, gw berusaha buat ngasih mereka lewat tapi mo gimana jalanan sempit bos, tahu sendiri kalimalang kaya apa, klo kekiri gw terus lama-lama gw makan halaman rumah orang donk, mereka klakson terus dan akhirnya gw minggir ke kiri di jalan yg gak enak, lalu mereka lewat sembari menatap tajam ke arah gw plus ngegeber knalpot, untung spion gw ga diapa-apain, lu kira jalanan punya bapak lu, lagian kalau mereka mau sabar didepan sana jalan udah melebar dan bisa lewat tanpa harus memaksa hak orang. Minta dengan sopan bukan minta kaya satpol PP….

Inilah menjadi alasan gw lebih suka turing sendiri dari pada rame-rame, bila kapten roadnya beringas mau tidak mau kita harus beringas. Gw gak mau disumpahin orang-orang, apalagi yg nyumpahin nenek-nenek bisa kualat gw.  Ketika bersama rombongan kenapa mesti menjadi raja jalanan sampai mecahin spion, emangnya lu yang beli tuh spion?. Gw ga suka cara-cara seperti itu, kalaupun ingin lewat cukup klakson dua kali lalu berikan isyarat dengan tangan, ketuk pelan mobilnya bila tidak dikasih lewat tidak perlu gebrak-gebrak sampai mecahin spion. Dijalanan kita sama-sama bayar pajak kok, gak ada yg tahu siapa yang bayarnya paling gede, semua sama tidak ada bedanya.

Kenapa jika sesama anak klub motor kalian bisa sopan ketika mau menyalip, tetapi giliran bukan anak klub, kalian seenaknya gagah-gagahan dijalan dan tak jarang sampai memukul helm orang lain, tidak ada rasa kasihannya….. tidak ingin disebut geng motor tapi kelakuan tidak ada bedanya, sebesar apapun motor kalian, dimata Tuhan kalian sama, bagaimana kalau motor kalian diambil oleh Tuhan?, menangis lah kalian, cupu, ga bakal berani lagi pecahin spion orang ataupun geber-geber dijalan. Inget, jangan mau diperbudak harta, mau jadi apa kalian di akhirat.

Hormatilah pengguna jalan lain, gw gak pernah mecahin spion orang, kalaupun emang pengguna jalan lain membahayakan gw dan lainnya gw cukup menegur dan gebrak kendaraan mereka sambil berikan nasihat. Kita perlu mewaspadai apa yg kita ucapkan, jangan omong doang, klo gak mau arogan ya mesti sopan, jalanan milik bersama bro, gimana kalau yang brothers tegur ternyata orang tua kalian?

Club Motor Apa Gangster ?

Posted on

Fenomena club motor memang sedang menjamurnya, dari club motor dengan tipe bebek, batangan, sport hingga campuran menjadi daftar panjang nama-nama club motor di Indonesia. Ada yang bersifat hanya hobie sampai yang serius. Kebanyakan mereka mengusung tema Brotherhood yang artinya persaudaraan atau bersaudara, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui artinya dan hanya omong doang. Nyatanya dijalanan pun kata brotherhood sudah tertutup oleh kata arogan.

Gw sendiri adalah anak motor oleh salah satu club motor terbesar di tanah air, selama tiga tahun menikmati dunia club motor ada satu titik gelap yang gw pelajarin. Kebanyakan dari club motor tidak berbeda jauh dengan gangster ataupun geng motor. Para pemimpin club motor menjunjung tinggi apa yg namanya persaudaraan tapi nyatanya mereka mempunyai permusuhan antara klub ini dengan klub itu, mirip gangster. Sebenarnya gw amat sangat kecewa dengan club-club motor yang ada ditanah air, hanya karena motor mereka jadi musuh dan karena hanya seorang pemimpin yang membenci sebuah klub lain, para anggotanya menjadi ikut-ikutan membenci padahal detil kebencian tersebut mereka saja tidak tahu sama sekali. Istilahnya ketua mengajak anak buahnya untuk membenci dan tak lain menjadikan kebencian itu pemutus persaudaraan.

Gw sendiri tidak pernah mau membenci klub motor manapun, buat apa gw membenci saudara gw sendiri, satu bangsa gw sendiri dan satu bahasa gw sendiri. Tidak jarang dijalanan terjadi bentrok antar klub motor yang akhirnya dibawa-bawa ke induk komunitas tersebut, miris gw dengernya. Selama ini banyak orang yang membenci salah satu klub dengan alasan yang bermacam-macam tetapi gw tidak mau ikut-ikutan, toh buat apa gw mencari musuh karena didunia ini kita hidup sekali, menikmati perdamaian saja susah buat apa memperkeruh suasana yang saat ini sudah keruh. Memang apa salah nya sih kita berteman dengan klub lain tanpa harus memandang merk motor ataupun golongan, apa mereka tidak berfikir kalau ada trouble dijalan siapakah yang bakal menolong nanti, sesama klub? Atau klub lain?

Seharusnya setiap pemimpin klub motor memiliki persaudaraan yang erat terhadap semua makhluk, tidak cepat membenci dan tidak mempengaruhi anggota lain untuk membenci. Setiap manusia memiliki hak untuk membuat sebuah organisasi dan kewajiban kita adalah mengawasi organisasi tersebut agar tidak melenceng dari kebenaran, adapun jika organisasi tersebut memberikan sisi negatifnya maka kita harus menegur dengan halus tidak perlu secara kasar. Masing-masing punya agama, punya Tuhan dan mempunyai kitab suci sebagai bimbingan hidup, kalian bukan orang primitif yang tidak mengenal persaudaraan. Agama Islam mengharamkan hambanya yang diperbudak oleh kenikmatan dunia, hal ini disamakan dengan klub motor yang diperbudak motor.

Kita mungkin sangat mencintai apa yang kita punya tetapi tidak perlu lah sampai diperbudak, gara-gara motor hubungan silahturahmi antar umat manusia terputus, apakah tidak ada rasa malu?, yang tolol itu siapa?. Kalau mereka tetap seperti itu, apa bedanya dengan gangster yang seharusnya diberantas dari muka bumi ini?

Tips mudik menggunakan sepeda motorMudik

Posted on Updated on

MUDIK-SBY-leadsudah menjadi bagian fenomena naluri warga Indonesia khususnya para penghuni pulau jawa. Rasa rindu dan kangen terhadap sanak saudara ditinggal rantauan memang tidak bisa terbendung. Tidak ada salahnya bila seseorang melakukan kegiatan mudik, didukung libur panjang dan uang THR dari kantor menjadikan mudik lebih terasa wajib ketimbang pulang kampung dihari biasa. Tahun ini diperkirakan jumlah pemudik dengan sepeda motor masih cukup tinggi, namun kewaspadaan dan pengetahuan safety riding pemudik masih lemah sehingga banyak kecelakaan yang terjadi di hari min lebaran atau setelah lebaran. Berikut tips-tips mudik dengan sepeda motor, Insya Allah bila mengikuti tips ini para pemudik aman dan selamat sampai tujuan. 

1. Periksa Kendaraan
Pemeriksaan kendaraan tidak hanya dari segi penampilan saja, coba cek spion, sein, lampu, hingga rem serta gas kendaraan. Usahakan motor dalam keadaan siap untuk pergi jauh, ganti oli dengan yang baru ketika akan mudik dan jangan lupa periksa kembang ban, apabila sudah tipis mohon segera diganti. Rem motor pun perlu dijaga agar selalu dalam kondisi pakem, apabila gear atau rantai sudah haus lebih baik diganti segera. Air aki pun jangan sampai lupa, isi ulang dengan benar agar kelistrikan motor tidak terganggu.

2. Buang Asesoris yg tidak berguna
Untuk para modifiker, motor standar itu adalah aib, namun bila motor yang telah dimodif penuh asesoris dan akan digunakan untuk mudik diharapkan untuk melepaskannya. Seperti mp3 player, lampu-lampu diluar standar pabrikan dan klakson-klakson yang berlebihan. Pelat-pelat besi yang ditempel sebagai hiasan pada bagian motor bila perlu dilepas agar tidak mengganggu handling. Kita harus menjaga kelistrikan sepeda motor harus fit, tidak terjadi konsleting listrik. Motor standar pabrikan lebih baik dipakai jauh karena sudah diperhitungkan oleh insinyur pabrikan motor untuk dipakai dalam perjalanan jauh.

 3. Bawa Beban Seperlunya
Tidak perlu memaksa mengikat barang dikanan kiri atas depan belakang, yang nantinya hanya mengganggu kestabilan motor, motor tidak sama dengan mobil. Bawalah barang penting seperlunya, bila ingin membawa oleh-oleh, lebih baik dibeli ketika akan sampai di tujuan. Banyak pemudik kecelakaan akibat beban berlebih. Bila perlu pasang box yang memang khusus untuk sepeda motor daripada memasang dengan tali dan tidak rapih, sewaktu-waktu bisa lepas dijalan dan membahayakan pengendara lainnya. Usahakan tidak membawa boncengan lebih dari satu, motor anda bukan mobil keluarga, lebih baik naik angkutan umum daripada memaksa untuk mudik dengan penumpang lebih dari dua.

4. Safety Gear
Gunakan sepatu yang tebal agar kaki anda aman dari injakan sepeda motor pemudik lainnya, sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari sengatan matahari dan kotoran. Helm yang berstandar keselamatan motor, jangan helm catok, minimal Half Face dengan sertifikasi SNI. Untuk boncenger juga perlu helm yang baik bukan helm catok. Jaket tebal dan pelindung dada bila perlu.

 5. Kunci-kunci Pas
Bawalah selalu kunci-kunci pas untuk motor anda, siapa tahu terjadi trouble yang menuntut anda harus membenahi kerusakan tersebut. Kalau anda mengerti penyakit motor usahakan tidak terlalu mengandalkan bengkel, takutnya nanti malah timbul masalah baru dimotor anda. Apabila terjadi gangguan pada motor anda, segeralah menepi dan cari tempat yang aman agar tidak terjadi kejadian perampasan sepeda motor. Bawalah kunci-kunci standar untuk membuka kopling, busi, gas, mur-mur body dan untuk mengencangkan rantai.

6. Bawa Cadangan Spare Part
Untuk mengantisipasi bahaya, lebih baik anda membawa cadangan spare part yang penting saja seperti kabel kopling, kabel gas, lampu depan dan busi. Tidak perlu membawa piston atau crank case cadangan. Jangan lupa juga membawa kunci pasangannya agar bisa terpasang dengan mudah. Bawa juga pelumas rantai dan pembersih busi agar motor anda selalu fit siap hadapi jalur mudik yang panjang.

7. Surat-surat lengkap
SIM, KTP, STNK Perlu dibawa, kalau mau silahkan membuat surat jalan dari kapolres setempat. Jangan lupa beritahu orang-orang terdekat bila anda akan berpergian mudik, selain itu selalu berikan kabar informasi selama anda berada dalam perjalanan.

 8. Stock Makanan, obat-obatan dan minuman
Membawa minuman untuk perjalanan anda sangat penting, belilah disupermarket yang terpercaya, bawa secukupnya dan belilah air mineral yang banyak agar anda tidak dehidrasi. Snack-snack seperti roti juga perlu dibawa agar perut anda tidak kosong selama perjalanan. Apabila anda mengalami sakit, segera beristirahat sambil minum obat yang dibawa, jangan pernah mau diberikan obat oleh orang yg tak dikenal. Sedia selalu obat masuk angin, pengendara motor sangat rentan masuk angin apabila perut kosong.

 9. Istirahat
Tiap 1 jam sekali anda perlu istirahat minimal 15 menit, turun dari motor dan olahraga kecil agar otot-otot anda tidak kaku dan mengalami nyeri. Apabila anda sangat letih, silahkan istirahat di masjid, pos polisi atau pom bensin yang ramai. Jangan terburu-buru ingin sampai, yang penting anda selamat sampai tujuan. Jangan biarkan motor anda terus berjalan selama berjam-jam karena kendaraan anda pun butuh istirahat agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

 10. Selalu berada dikeramaian
Bila anda bertemu dengan rombongan pemudik, usahakan untuk bergabung dengan mereka, namun jangan sampai kehadiran anda menganggu perjalanan. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa aman diperjalanan, kalaupun ada trouble ada yang membantu anda. Saling berbagi kepada mereka selama perjalanan dan tetap waspada oleh orang sekitar agar anda selamat sampai tujuan dan kembali dengan aman.

 

SELAMAT MUDIK, JANGAN LUPA BERDOA YA…

Mall Bekasi ku dulu dan kini

Posted on

Bekasi, sekarang bekasi udah menjadi kota metropolitan, dimana-mana gedung bertingkat mulai menjamuri sudut-sudut kota. Sekarang Bekasi punya segitiga emas dimana daerah tersebut banyak terdapat mal mal yang begitu megah dan selalu ramai tak kenal sepi pengunjung. Kebetulan saya penduduk lama di Bekasi, pokoknya lama banget deh, dan menjadi saksi atas pembangunan kota Bekasi khususnya Pekayon.

Kalau anda pernah mampir ke bekasi pasti dimanjakan dengan mall mall yang berdiri gagah dengan pelataran luas sehingga membuat kita ingin berkunjung belanja dan menikmati segalanya. Bekasi dulu dan sekarang memang beda, dulu kita nyari apa-apa susah harus ke Jakarta tetapi sekarang mau cari barang yang di Jakarta tidak ada pun Bekasi memilikinya. Sekarang sudah maju ya, namun banyak yang belum tahu kemajuan Bekasi itu adalah sebuah kemirisan penghuni Bekasi.

 

mega mall bekasi (giant)
mega mall bekasi (giant)

Mega Mall Bekasi atau biasa orang nyebutnya Giant adalah tempat belanja terbesar di Bekasi dalam taraf kelas Hypermarket. Semua kebutuhan produk rumah tangga ada di sini, hiburan dan semuanya ada. Awalnya Giant adalah sebuah tanah kosong yang luas banget, biasa buat anak-anak pengairan bermain bola, karena luasnya minta ampun. Perlahan-lahan tergusur dan kini berganti dengan bangunan megah bernama Mega Mall Bekasi.

 

Bekasi Square
Bekasi Square

Bekasi Square, masih terbilang baru, konsep mall yang tidak beda dengan mall mall lainnya hanya saja bangunan Bekasi Square berbeda, lebih ke arah eropa style. Cukup besar juga, dan sering buat konser-konser dan acara band di tivi. Masih teringat oleh saya, Bekasi Square adalah bekas lahan pemukiman liar, kalau gak salah tempat protistusi dan juga sebuah taman patriot, selain itu menjadi tempat penitipan motor para warga Bekasi. Sekarang udah gak ada, yang tersisa hanya sbuah bangunan khas classic Bekasi Square. Pembangunannya sempat menjadi isu politik, sengeketa tanah dan ajang protes warga yang merasa hak tanahnya diambil.

 

Metmol, Metropolitan Mall, MM
Metmol, Metropolitan Mall, MM

Metropolitan Mall, saya biasa nyebutnya MM, dulunya adalah sebuah tanah dengan rerumputan subuh dan daerah lapak-lapak pedagang. Dulunya taman juga tapi taman dadakan, biasa buat para penduduk Bekasi melihat sunset, ada pemukimannya juga tapi itu bersifat ilegal. Sekarang sudah menjadi MM dan hotel Horizon yang bergandengan sebelah dengan MM.

 

Bekasi Cyber Park (BCP)
Bekasi Cyber Park (BCP)

Bekasi Cyber Park, dulunya bukan BCP, melainkan Hero Supermarket. Saya ingat waktu opening pertama kali, ada badut gas si mc donald berdiri di atas gedung, dulunya satu-satunya restoran MC. D di Bekasi, seiring jaman dan waktu hero pun bangkrut dan tersisa hanya MC.D dan kini dibangun lagi BCP. Dulunya sebuah tanah pemukiman, banyak supir-supir angkot tinggal disini, akhirnya dibeli oleh pembangun dan menjadikan Hero supermarket dan kini menjadi Bekasi Cyber Park, pusat elektronik se Bekasi, mau gadget apa aja ada.

 

Ramayana (Plaza Bekasi)  nama aslinya plaza Bekasi tapi orang lebih mengenalnya Ramayana, saya salut sama Mall ini karena sudah 3 kali bangkrut. Sekarang menjadi Ace Hardware, pusat produk Ace terlengkap. Banyak yang protes soal pembangunannya karena berada di daerah sawah yang tak lain adalah untuk pengairan, namun uang memenangkan segalanya. Dulunya sering banget ngundang artis, namun saat ini untuk mengundang pengunjung saja susah karena letaknya tidak strategis, diantara jalur cepat menuju tol, kalau mau keluar parkiran rada susah karena harus berjibaku mobil ngebut atau motor.

 

goro, udah bangkrut dan mati
goro, udah bangkrut dan mati

Goro, berada persis didaerah pekayon tidak jauh dari perempatan pekayon, dulu ini adalah tempat satu-satunya perkulakan terbesar se bekasi, akibat kerusuhan mei 1998 bangunan ini kini tinggal kenangan. Bangkrut, banyak penjarahan terjadi, sekarang menjadi kelam, kadang buat tempat maksiat karena banyak ruang-ruang yang tidak dihuni dan siapapun bisa masuk ke wilayah Goro. Sering dipake buat anak-anak Skate dan Bmx untuk latihan. Dulunya pangkalan pasir dan lapangan.

 

Mall Pekayon (Naga), awalnya bernama Ramanda, Mall ini adalah mall terkecil yang pernah saya datangi, dekat dengan tempat tinggal saya. Ini lebih miris lagi, dulunya adalah kuburan cina, padat pula. Setelah berhasil digusur, berdirilah ramanda, pusat supermarket di Pekayon, namun lama-lama bangkrut, isu-isu mistis pun beredar, sering pegawai sana kesurupan dan melihat hal-hal aneh, pas masa reformasi mereka gulung tikar dan dihuni pedagang kaki lima namun itupun tak lama dan akhirnya dibangun lagi menjadi Mall Pekayon yang isinya supermarket naga.

Banyak lho pembangunan bekasi yang hampir berkembang, didaerah segitiga emas saja sudah disiapkan pembangunan dua apartemen seharga 800jutaan. Tetapi ada juga yang gagal dibangun, seperti didaerah bekas pemotongan hewan, dan blue Mall yang tidak jadi-jadi, bahkan Carefour kalimas saja sudah hampir bangkrut. Pembangunan bekasi memang belum merata tetapi cukup baik daripada tahun lalu, sayang Bekasi tidak memberikan fasilitas taman kota yang baik seperti Jakarta, sehingga masyarakat mengeluhkan tempat-tempat hiburan di Bekasi yang sering dikomersilkan.